Ucapan Selamat Malam Bahasa Arab dan Jawabannya

Mengucapkan salam merupakan salah satu hal yang membuktikan baik tidaknya sifat seseorang. Kata salam juga beragam, salah satunya adalah selamat malam. Selamat malam dapat diucapkan dalam beberapa bahasa, selamat malam Bahasa Arab juga menjadi salah satunya.

Selamat malam menjadi kata yang harus diucapkan. Karena biasanya kata salam tersebut dijadikan kalimat pembuka dalam sebuah percakapan. Artikel ini akan membahas tentang beberapa hal mengenai pengucapan salam khususnya selamat malam dalam bahasa Arab dan cara pengucapannya.

Bahasa Arab Selamat Malam, Masaaul Khoir

Bahasa Arab Selamat Malam, Masaaul Khoir

Kata salam dapat diucapkan dalam beberapa bahasa, tergantung dengan bahasa yang digunakan sehari hari. Kata salam juga bisa menggunakan bahasa lain untuk menyapa orang yang berasal dari negara lain. Salah satunya adalah penggunaan bahasa Arab.

Penggunaan kata salam selamat malam bahasa Arab juga sering digunakan pada perkumpulan atau forum ajaran agama islam. Salam dapat diucapkan seseorang untuk beberapa hal, seperti di bawah ini:

  • Memberikan salam pada orang yang pertama kali bertemu baik di jalan maupun di dalam ruangan.
  • Memberi salam pada orang lain saat orang tersebut dalam posisi duduk, sedangkan posisi diri sendiri dalam keadaan berdiri.
  • Mengucapkan salam pada saat berkunjung di rumah orang lain sebelum masuk rumah orang tersebut.
  • Salam juga bisa diucapkan saat berada di dalam sebuah forum baik dalam skala kecil ataupun besar. Kata kata salam seperti selamat malam dapat menjadi kata sapaan untuk membuka acara.
  • Memberikan salam pada orang yang tengah berjalan di samping kita saat kita sedang menaiki sepeda motor.

Pengucapan kata salam tersebut wajib dilakukan agar seseorang lebih merasa dihormati dan merasa lebih diperhatikan. Selain itu juga memberikan salam dapat menjadi salah satu tempat untuk mencari pahala terutama dilakukan dengan perasaan ikhlas.

Nabi Muhammad SAW juga memberikan beberapa sabda agar mengucapkan salam pada seseorang terutama pada orang orang yang lebih tua dan orang orang yang sedang duduk ketika kita sedang berdiri.

Berikut hadist yang menuliskan sabda Nabi Muhammad SAW tersebut.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: [قَالَ] رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِيُسَلِّمْ اَلصَّغِيرُ عَلَى اَلْكَبِيرِ, وَالْمَارُّ عَلَى اَلْقَاعِدِ, وَالْقَلِيلُ عَلَى اَلْكَثِيرِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Hadist tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.”

(Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 3231, 3234, dari jalur ‘Atha’ bin Yasar; no. 6232; Muslim, no. 2160 dari jalur Tsabit bin Al-Ahnaf, bekas bukda ‘Abdurrahman bin Zaid, ketiga jalur ini dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam]

Sedangkan kata masaaul khoir memiliki arti sebagai selamat sore. Kata ini bisa digunakan untuk mengucapkan salam saat waktu malam hari juga, akan tetapi lebih dikhususkan untuk diucapkan pada sore hari.

bahasa arab selamat malam

Berikut tulisan Arab dari masaaul khoir:

مساءالخير

Dalam tulisan latin dapat dibaca “masaaul khoir” yang berarti selamat sore.

Baca: Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab

Cara Menjawab/Jawaban “Selamat Malam Kembali”

1. Masaaul Un Nuur

Masaaul Un Nuur

Dalam menjawab kata sapaan tersebut, terdapat kata salam lain yang bisa digunakan. Seseorang dapat mengucapkan kata masaa un nuur. Berikut tulisan Arab dari kata masaa un nuur ini.

مساء النور

Dalam tulisan latin dapat dibaca “Masaa un nuur”

Yang berarti selamat sore juga.

2. Sa’iidah Mubaarakah

Sa’iidah Mubaarakah

Untuk menjawab kata salam tersebut, seseorang dapat mengucapkan kata yang berbeda, yaitu kata. Dalam bahasa Arab, kalimat ini ditulis sebagai berikut.

سعيدة مباركة

Dalam tulisan latin dibaca “sa’iidah mubaarakah” yang memiliki arti “selamat malam juga”.

Baca: Kaifa Haluka Artinya

Contoh Percakapan Ucapan Selamat Malam

Berikut ini merupakan salah satu bentuk dari percakapan singkat dari kosakata selamat malam atau dalam bahasa Arab masaaul khoir. Kosakata dibawah ini akan ditujukan untuk laki laki dan perempuan. Contoh ucapan singkat ini bisa digunakan untuk kegiatan sehari hari.

1. Percakapan dengan Laki Laki

Berikut ini contoh kalimat salam selamat sore atau selamat malam Bahasa Arab yang bisa diucapkan jika menyapa satu orang laki laki dan diucapkan oleh laki laki juga. Contoh ini bisa dipraktekkan untuk percakapan sehari hari setelah mempelajarinya lebih merinci.

Percakapan ini dilakukan oleh perseorangan.

Selamat sore Pak = مَسَاء الْخَيْرِ يَا سَيِّديْ

Apa kabarnya Anda Pak (untuk laki laki) = كَيْف حَالُكَ

Saya oke, terima kasih = بِخَيْر شُكْرًا

2. Percakapan dengan Wanita

Berikut ini contoh kalimat yang bisa diucapkan jika menyapa satu orang perempuan yang juga disampaikan seorang perempuan. Contoh ini bisa dipraktekkan untuk percakapan sehari hari setelah mempelajarinya lebih merinci. Percakapan ini dilakukan oleh perseorangan.

Selamat sore ibu = مَسَاء الْخَيْرِيَا سَيِّدَتِيْ

Apa kabarnya Anda bu? (untuk perempuan) = كَيْف حَالُكِ ؟

Sangat baik = حَسَن جِدًّا

Baca: Bahasa Arab Kendaraan

Bahasa Arab Lainnya Tentang Ucapan Selamat Malam

1. Lailatun sa’iidah

Lailatun sa'iidah

dengan penulisan bahasa Arab seperti berikut.

لَيْلَةٌ سَعِيْدَة

Dalam tulisan latin berbunyi “Lailatun sa’iidah”

Yang berarti Selamat malam

Secara etimologi, kata lailatun sa’iidah ini terdiri dari dua kata yaitu kata “lailatun” yang berarti malam, dan kata “sa’iidah” yang memiliki arti bahagia. Sedangkan dalam penggabungan kalimat tersebut dapat berarti malam bahagia, sedangkan dalam bahasa Indonesia dapat berarti selamat malam.

2. Laylatuka sa’iidah

Laylatuka sa’iidah

Kata ini bisa digunakan untuk mengucapkan selamat malam pada saat ingin pergi tidur. Kata Laylatuka sa’iidah ini memiliki tulisan Arab sebagai berikut.

ليلتك سعيدة

Dalam tulisan latin dapat dibaca “Laylatuka sa’iidah”

Yang berarti “Selamat Malam”

Baca: Kata Mutiara Islami Bahasa Arab

Hikmah dan Manfaat Mengucapkan Selamat Malam

Hikmah dan Manfaat Mengucapkan Selamat Malam

Ucapan salam seperti selamat malam bahasa Arab sekilas terlihat hanya sebuah pengucapan saja, karena apabila ditelaah lebih jauh lagi, pengucapan salam tersebut memiliki berbagai hikmah serta manfaat yang menyertainya.

Berikut beberapa hikmah dan manfaat yang bisa diambil dari kata selamat malam.

1. Membuat Suasana Menjadi Lebih Harmonis

Salah satu manfaat serta hikmah yang bisa diambil dalam mengucapkan kata salam tersebut adalah dapat membuat suasana menjadi lebih harmonis, terutama saat diucapkan pada keluarga ataupun teman. Karena ucapan tersebut dapat menunjukkan sikap yang perhatian serta kepedulian terhadap orang lain.

2. Membuat Suasana Menjadi Lebih Demokratis

Mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan pada lingkungan kantor akan menciptakan suasana yang lebih demokratis. Karena orang yang menyapa terlihat lebih menghargai orang yang disapa, sehingga orang tersebut akan merasa diakui keberadaannya.

Mengucapkan salam ini harus dilakukan oleh seluruh orang yang ada dalam sebuah perusahaan tersebut. Agar memunculkan kesamarataan dalam bersosialisasi.

3. Mempererat Tali Silahturami

Mengucapkan salam tersebut dapat menjadi sebuah perantara seseorang dalam menjalin tali silahturami yang lebih erat. Karena setelah memberikan sapaan akan membuka topik pembicaraan lain dan akan membuka silaturahmi dan akan lebih mengenal satu sama lain.

4. Mendapatkan Pahala Sunnah

Ketika seseorang mengucapkan salam dengan tulus dan benar, akan mendapatkan pahala Sunnah serta menambahkan kelakuan baik. Syekh Abdul Qadir Jailani mengatakan bahwa memberi salam untuk memulai adalah hal yang Sunnah, dan ketika menjawabnya akan lebih istimewah lagi.

5. Mendapatkan Rahmat Dari Allah SWT

Mengucapkan salam akan memberikan seseorang rahmat dan kemuliaan yang berasal dari Allah SWT. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang bersabda

Sebelum mengucapkan salam selamat malam bahasa Arab, diwajibkan untuk mengucapkan kata assalamualaikum terlebih dahulu. Agar salam yang telah diucapkan mengandung doa untuk orang yang diucapkan serta memberikan berkah yang lebih banyak.

Tinggalkan komentar