Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab dan Jawabannya

Mengucapkan kalimat sapaan merupakan salah satu hal yang memiliki berbagai kebaikan untuk diri sendiri maupun orang lain. Kata salam juga beragam, salah satunya adalah mengucapkan selamat pagi. Kata selamat pagi bisa diucapkan dalam beberapa bahasa, seperti selamat pagi bahasa Arab.

Seperti halnya bahasa lain, kata selamat pagi dalam bahasa Arab juga dapat diiringi oleh beberapa kata lainnya. Artikel ini akan membahas lebih tentang kalimat sapaan selamat pagi secara lengkap, baik dari contoh penggunaan kata hingga hikmah dari pengucapan kata selamat pagi tersebut

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab: Shobahul Khoir

Memberi salam wajib hukumnya terutama pada orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua. Hal itu juga sesuai dengan yang dikatakan oleh Rasulullah mengenai pengucapan salam yang baik terutama pada orang yang lebih tua.

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: [قَالَ] رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِيُسَلِّمْ اَلصَّغِيرُ عَلَى اَلْكَبِيرِ, وَالْمَارُّ عَلَى اَلْقَاعِدِ, وَالْقَلِيلُ عَلَى اَلْكَثِيرِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.”

(Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 3231, 3234, dari jalur ‘Atha’ bin Yasar; no. 6232; Muslim, no. 2160 dari jalur Tsabit bin Al-Ahnaf, bekas bukda ‘Abdurrahman bin Zaid, ketiga jalur ini dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam]

Mengucapkan salam seperti selamat pagi dapat diucapkan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda atau anak-anak. Hal tersebut berguna agar anak-anak terbiasa untuk mengucapkan salam dan diajarkan untuk menjawab salam dari orang tua.

Meskipun tidak terbebani dalam keharusan menjawab salam dari orang tua. Hal tersebut dikarenakan setiap anak-anak belum dikenakan sanksi hukum syariat. Tetapi tetap disunnahkan untuk menjawab setiap salam yang diberikan.

ucapan selamat pagi bahasa arab

Salah satu kata bahasa Arab tentang selamat pagi yang paling populer adalah dengan mengatakan hal berikut.

صَبَاحُ الْخَيْر

Dalam huruf latin dibaca shobahul Khoir

Yang memiliki arti selamat pagi.

Kata shobahul khoir merupakan salah satu kata yang tidak jauh berbeda dari ucapan selamat pagi biasanya yang sering digunakan untuk menyapa orang lain pada saat pagi hari. Jadi ucapan selamat pagi ini biasanya diucapkan oleh seseorang yang bertemu pada pagi hari

Kata shobahul khoir terdiri dari dua kata yang memiliki arti selamat pagi. Kata pagi diambil dari kata Shobah, sedangkan kata Khoir atau kata al-khoir adalah kata yang berarti kebaikan. Jadi setiap kata yang diberikan pada orang lain sebagai salam dapat menjadi berkah untuk kehidupan.

Baca: Ucapan Selamat Malam Bahasa Arab

Cara Menjawab Ucapan: “Selamat Pagi Kembali”

jawaban selamat pagi bahasa arab

Seperti bahasa lainnya, saat mengucapkan selamat pagi juga memiliki jawaban tersendiri. Yaitu ketika seseorang mengatakan shobahul khoir untuk menyapa, maka orang tersebut dapat mengucapkan shobahun nuur untuk menjawabnya.

Selamat pagi bahasa Arab : صَبَاحُ النُّوْر

Dalam huruf latin dibaca shobahun nuur

Yang berarti selamat pagi juga atau selamat pagi kembali.

Pada dasarnya kata shobahul khoir dengan kata shobahun nuur merupakan dua kata yang memiliki arti yang sama yaitu selamat pagi. Yang membedakan adalah kata shobahun nuur lebih sering digunakan untuk jawaban dan kata shobahul Khoir digunakan sebagai ucapan awal.

Baca: Kaifa Haluka Artinya

Contoh Percakapan Ucapan Selamat Pagi

Contoh Percakapan Ucapan Selamat Pagi

Penggunaan kata salam seperti selamat pagi dalam bahasa Arab pada kegiatan sehari-hari sebenarnya memiliki tata bahasa yang sama dengan salam selamat pagi biasanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan kata selamat pagi bahasa Arab sebenarnya sama saja seperti penggunaan kata selamat pagi biasanya. Akan tetapi, sebelum mengucapkan selamat pagi hendaknya mengucapkan assalamualaikum terlebih dahulu.

Pengucapan salam assalamualaikum dalam ajaran Islam merupakan hal wajib ketika bertemu dengan orang muslim lainnya. Karena di dalam kata tersebut mengandung doa yang sangat berguna bagi orang-orang yang diberi salam.

Berikut ini contoh penggunaan kata selamat pagi yaitu shobahul khoir dan kata shobahun nuur ketika digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam hal ini percakapan yang dicontohkan adalah percakapan antara Akbar dan Ahmad.

أحمد: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُم، صَبَاحُ الْخَيْرِ

Ahmad: Assalamualaikum, selamat pagi.

أكبر: وَعَلَيْكُم السَّلَامُ، صَبَاحُ النُّوْر

Akbar: Wa alaikumsalam, selamat pagi juga.

أحمد: مَاذَا تَعْمَلُ، أكبر؟

Ahmad: Apa yang sedang kamu kerjakan, Akbar?

أكبر: انَا اَكْنِسُ البِلَاطَ

Akbar: Saya sedang menyapu lantai.

Baca: Doa Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

Bahasa Arab Lainnya Tentang Ucapan Selamat Pagi

Kata selamat pagi bahasa Arab sebenarnya memiliki beberapa kata yang bisa digunakan selain menggunakan kata shobahul khoir. Berikut ini beberapa kata yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat pagi pada seseorang yang dijumpai.

Shobahuu

shobahuu

Dalam tulisan bahasa Arab: صَبَاحُو

Tulisan latin untuk dibaca: shobahuu

Memiliki arti “pagi”

Kata shobahul ini lebih ditujukan untuk percakapan tidak formal atau percakapan sehari-hari. Jika menggunakan kata ini dalam menyapa seseorang, akan terkesan lebih santai. Sehingga kata shobahu ini lebih cocok untuk diucapkan pada teman sejawat atau keluarga terdekat.

Shobaahul Barokah

Shobaahul Barokah

Dalam tulisan bahasa Arab: صَبَاح البَرَكَةُِ

Tulisan latin untuk dibaca: Shobaahul barokah

Artinya adalah selamat pagi, semoga menjadi pagi hari yang berkah

Jika mengucapkan kalimat shobaahul barokah akan terlihat seperti memberikan doa lain saat menyapa akar orang tersebut selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Shobaahul Ward

shobaahul ward

Dalam tulisan bahasa Arab: صَبَاحُ الوَرْدِ

Tulisan latin untuk dibaca: shobaahul ward

Memiliki arti “selamat pagi dan semoga menjadi pagi hari yang sangat indah seperti bunga mawar”.

Shobahul Yasmiin

Shobahul Yasmiin

Dalam tulisan bahasa Arab: صَبَاح اليَاسْمِيْن ُ

Tulisan latin untuk dibaca: shobaahul yasmin

Memiliki arti “selamat pagi dan semoga menjadi pagi hari yang sangat indah seperti bunga melati”

Shobahul Yumni

Shobahul Yumni

Dalam tulisan bahasa Arab: صَبَاحُ اليُمْنِ

Tulisan latin untuk dibaca: shobahul yumni

Memiliki arti “selamat pagi semoga menjadi pagi yang dipenuhi kebaikan”

Baca: Ucapan Terima Kasih – Sama-Sama dalam Bahasa Arab

Hikmah dan Manfaat Mengucapkan Selamat Pagi

Hikmah dan Manfaat Mengucapkan Selamat Pagi

Kata selamat pagi atau kata salam lainnya yang digunakan untuk menyapa seseorang juga memiliki manfaat serta hikmah yang dapat tersalurkan kepada orang lain ketika mengucapkannya. Berikut ini beberapa manfaat serta hikmah yang dapat diambil dari mengucapkan salam.

1. Memotivasi Orang Lain

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika menyapa seseorang adalah dapat memotivasi orang yang disapa. Hal tersebut terjadi karena kalimat atau kata yang digunakan untuk menyapa memiliki makna yang positif sehingga menjadi energi positif bagi kedua belah pihak.

2. Mendapat Rahmat Serta Kemuliaan Dari Allah SWT.

Ketika mengucapkan sebuah salam ketika menyapa seseorang dapat memberikan manfaat juga untuk diri sendiri yaitu mendapat rahmat serta kemuliaan yang berasal dari Allah SWT. Hal ini juga ditegaskan dalam hadist nabi Muhammad SAW.

Rasulullah bersabda bahwa “Sesungguhnya manusia yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang memulai mengucapkan salam”.

Hal tersebut berarti bahwa setiap manusia yang paling dekat dengan Allah SWT merupakan orang yang terlebih dahulu memberi salam kepada orang lain saat bertemu maupun berpisah. Dan orang-orang yang memberikan salam tersebut akan dilimpahi rahmat dan kemuliaan-Nya.

3. Meningkatkan Tali Persaudaraan

Ketika seseorang memberi salam selamat pagi dapat meningkatkan hubungan persaudaraan baik di keluarga maupun relasi yang ada di luar rumah. Hal tersebut terjadi karena ketika mengucapkan salam maka orang yang diberi salam tersebut akan merasa dihargai dan diakui.

Sehingga orang tersebut akan lebih peduli terhadap orang yang memberi salam. Selain itu juga dapat memecah suasana ketika berada dalam suasana tegang.

4. Meningkatkan Penilaian Seseorang

Ketika seseorang mengucapkan salam kepada orang lain dan sering melakukan hal tersebut akan berdampak pada penilaian diri. Sebab orang-orang yang sering memberi salam akan dianggap sebagai orang yang ramah dan orang yang memiliki energi positif.

Kata selamat pagi bahasa Arab ini sangat berguna ketika ingin berbicara pada orang lain yang berbahasa Arab sebagai bahasa utama. Atau juga bisa digunakan untuk forum agama Islam. Salam tersebut dengan rasa yang ikhlas agar mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Tinggalkan komentar