√ Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah 2023: Putra & Putri

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah – Perlu diketahui, di Indonesia terdapat banyak sekali pesantren dan yayasan yang menawarkan program pendidikan di pondok pesantren. Salah satu yayasan terkemuka di Indonesia adalah Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah.

Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah ini menyediakan beberapa lokasi pondok pesantren di berbagai wilayah Indonesia. Namun, berapa biaya yang diperlukan untuk mendaftar ke pesantren Sulaimaniyah baik untuk santri putri maupun putra?

Terdapat banyak informasi penting mengenai pondok pesantren Sulaimaniyah yang perlu Anda ketahui, seperti alamatnya, syarat pendaftaran, cara mendaftar, dan biaya masuk pesantren Sulaimaniyah. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana mendaftar menjadi santri di pondok Sulaimaniyah, sudah sebaiknya mengetahui persyaratan, proses pendaftaran, dan biaya yang dibutuhkan di pondok tersebut.

Sebelum membahas biaya masuk pesantren Sulaimaniyah, mari kita lihat terlebih dahulu gambaran singkat tentang pesantren Sulaimaniyah ini.

Sejarah Sulaimaniyah

Sumber gambar: tahfidzsulaimaniyah.org

Pondok Pesantren Sulaimaniyah didirikan oleh Syaikh Suleyman Hilmi Tunahan pada tahun 1945 di Turki. Beliau adalah salah satu dari masyarakat yang selamat dari paham sekularisme dan menghadapi hambatan dalam mempelajari ajaran agama Islam, termasuk membaca Al-Quran. Bahkan, pada masa itu, menyebut nama Allah di dalam rumah pun dilarang, dan bahasa Arab diganti dengan bahasa Turki, termasuk azan.

Nama pesantren tahfidz Sulaimaniyah diambil dari nama pendirinya, yaitu Syaikh Suleyman. Sebelum pendirian pondok pesantren ini di Indonesia dan beberapa negara lainnya, pesantren ini telah banyak berdiri di negara asalnya, yaitu Turki. Pesantren ini berpusat di Istanbul dan memiliki banyak cabang.

Di Indonesia, Pesantren Sulaimaniyah berada di bawah naungan Yayasan UICCI. Yayasan UICCI merupakan organisasi Islam yang didirikan pada tahun 2005 oleh muslim dari Turki dan Indonesia. Saat ini, Pesantren Sulaimaniyah memiliki 52 cabang dan telah mendidik 3500 santri yang tersebar di seluruh nusantara.

Visi dari Pesantren Sulaimaniyah adalah mencetak generasi muda yang menghafal Al-Quran dan menerapkan ajaran Al-Quran serta Sunnah Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, dengan tujuan untuk meraih ridha Ilahi.

Sementara itu, misi Pesantren Sulaimaniyah adalah mengajarkan ilmu keislaman yang berlandaskan ajaran Ahlu Sunnah wal Jama’ah dan ilmu umum secara seimbang. Tujuannya adalah membentuk ulama intelek yang dapat menjadi contoh teladan bagi orang lain. Selain itu, Pesantren Sulaimaniyah juga menyiapkan kader-kader hafidz dan hafidzah masa depan yang siap menyebarkan ajaran Islam Rahmatan lil alamin ke seluruh penjuru dunia.

Tentang Pesantren Sulaimaniyah

Pesantren Sulaimaniyah merupakan salah satu program pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (UICCI), yang juga dikenal sebagai United Islamic Cultural Center of Indonesia-Turkey. UICCI menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama dalam membangun dan mengoperasikan program pendidikan di pesantren Sulaimaniyah.

Pesantren Sulaimaniyah memiliki beberapa lokasi atau alamat di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia. Untuk mengetahui alamat dari beberapa pesantren Sulaimaniyah, berikut adalah tabel yang perlu diperhatikan:

Alamat Pesantren Sulaimaniyah

 1. PonPes Sulaimaniyah Putra

  • Ponpes Sulaimaniyah jakarta Timur  = Alamat Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah, Jl. Cipinang Baru Raya No.25, RW.2, Cipinang, Kec. Pulo Gadung, JAKARTA, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13240.  No telpon 021 4710751.  Nomor Whatsapp 085132450254
  • Ponpes Sulaimaniyah Putra jakarta Pusat = Sulaimaniyah Unwanul Falah Kwitang, Jl. Kembang V No.51, RT.4/RW.2, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420. No telpon 021 31927010. Nomor Whatsapp 0819 0420 6777
  • Yayasan Perguruan Sabilul Muttaqin  = UICCI La Tahzan Sulaimaniyah Bintaro 1, Jl. Swadaya 2 kp utan rt 04 l, RW.03, Pondok Pucung, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15229. Nomor Whatsapp 0812-9981-4544
  • Pondok Pesantren Abu Bakar Ash-Shiddiq  = Pondok Pesantren Abu Bakar Shiddiq Sulaimaniyah, kavling, Jl. Prasaja, RT.05/RW.04, Sasak Panjang, Kec. Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16320. Nomor Whatsapp 0812-8420-7636
  • Pesantren Nur Aly Sulaimaniyah  = Pesantren Nusantara, Jl. HM.Ali, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16426. Nomor Whatsapp 0857-9532-1964
  • Sulaimaniyah Bogor = Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Bogor, Jl. Desa Cikaret No.40, RT.04/RW.08, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135. Nomor Whatsapp 0812-9759-3676
  • Pondok Pesantren Sulaimaniyah Baiturrahman Puncak  = UICCI Ponpes Sulaimaniyah Baiturrahman, Jl. Padat Karya No.97, Batu Layang, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750. Nomor Whatsapp 0813-1560-6481
  • Asaefurohim Sulaimaniyah Jasinga = Pondok pesantren Asaefurohim Sulaimaniyah Jasinga bogor, Pamagersari, Jasinga, Bogor Regency, West Java 16670. Nomor Whatsapp 0856-9462-8948
  • Misykatul Ardhi  = Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Bintaro 2, Jl. Masjid Nurul Qomar No.179, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413. Nomor Whatsapp 0812-9981-4644
  • Pesantren Nusantara  = Jl HM Ali RT/RW 04/02 Tanah Baru Beji Depok Jawa Barat 16426.

2. Pesantren Sulaimaniyah Putri

  • Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Badi’ah Sultan  = Sulaimaniyah Badiah Sultan Putri, Jl. Lkr. Duren Sawit No.16, RT.1/RW.4, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440 no telpon 0852 7154 3343, nomor Whatsapp 0852 7154 3343
  • Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Walidah Sultan, = Uicci Sulaimaniyah (Setu), Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Nomor Whatsapp 0812-9216-5797
  • Sulaimaniyah Leuwisadeng, Jl. cigarung Kp cibokor, Kalong 1, Kalong I, Kec. Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16640. Nomor Whatsapp 0813 8739 8135
  • Ponpes Nur Aly Sulaimaniyah 2  = Pesantren Nusantara, Jl. HM.Ali, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16426. Nomor Whatsapp 0857-9532-1964
  • Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Banten  = Ponpes Sulaimaniyah Putri Serang, Jl. Syekh Moh. Nawawi Albantani, Sukajaya, Kec. Curug, Kota Serang, Banten 42171. Nomor Whatsapp 0815-1957-6611
  • Pondok Pesantren Sulaimaniyah Gulderen Sultan  = Pondok pesantren Sulaimaniyah Putri Rempoa Gülderen sultan, Jl. MKJ 3 No.10, RT.2/RW.5, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330. Nomor Whatsapp 0813-8018-3531.

Pesantren Sulaimaniyah menawarkan beragam program pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat dan memperluas pengetahuan serta pengalaman keagamaan para santri. Berikut adalah beberapa program pendidikan yang disediakan oleh pesantren Sulaimaniyah:

Program Pendidikan Pesantren Sulaimaniyah

Penting bagi kalian untuk mengetahui bahwa Pesantren Sulaimaniyah menawarkan berbagai program pendidikan dan tingkatan pendidikan. Di antara program-program pendidikan yang tersedia di Pesantren Sulaimaniyah adalah:

  1. SMP Putra
  2. SMP Putri
  3. SMA Putra
  4. SMA Putri
  5. Tahfidz Al Qur’an

Sekarang, setelah mengetahui tentang lokasi dan program pendidikan yang disediakan oleh Pesantren Sulaimaniyah, mari kita lihat apa saja persyaratan untuk masuk ke pesantren ini. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Syarat Daftar Pesantren Sulaimaniyah

Ada beberapa syarat yang perlu diketahui untuk masuk ke Pesantren Sulaimaniyah, baik untuk putra maupun putri. Berikut ini adalah beberapa syarat masuk atau proses pendaftaran ke Pesantren Sulaimaniyah:

Syarat Utama Masuk Pesantren Sulaimaniyah

  1. Kemampuan membaca Al Qur’an dengan tajwid yang baik dan lancar.
  2. Memiliki akhlak yang mulia, disiplin, dan tidak merokok.
  3. Dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.
  4. Bersedia ditempatkan di cabang Pesantren Sulaimaniyah mana pun sesuai hasil ujian.
  5. Bersedia untuk mengikuti pendidikan di Indonesia dan di Turki hingga menyelesaikan studi, jika mendapatkan beasiswa.

Syarat Khusus Masuk Pesantren Sulaimaniyah

  1. Sudah lulus pendidikan dasar (SD) atau memiliki tingkat pendidikan yang setara untuk program pendidikan SMP.
  2. Usia tidak lebih dari 13 tahun untuk program pendidikan SMP.
  3. Telah menghafal Al Qur’an mulai dari Surat Ad-Duha hingga Surat An-Nas.
  4. Sudah lulus pendidikan menengah pertama (SMP) atau memiliki tingkat pendidikan yang setara untuk program pendidikan SMA.
  5. Usia tidak lebih dari 16 tahun untuk program pendidikan SMA.
  6. Telah menghafal Al Qur’an mulai dari Surat Ad-Duha hingga Surat An-Nas.
  7. Lulusan SMA atau memiliki tingkat pendidikan yang setara dapat mendaftar jika telah menghafal 30 Juz Al Qur’an dengan baik dan benar (khusus untuk putra).

Demikianlah syarat-syarat masuk pesantren Sulaimaniyah.

Cara Daftar Pesantren Sulaimaniyah

Saat ini, proses pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah dapat dilakukan secara online melalui situs atau website resmi mereka.

Namun, sebelum mendaftar, pastikan bahwa kalian telah memenuhi persyaratan dan ketentuan utama yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, dalam prosedur pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah, terdapat beberapa informasi penting mengenai biaya administrasi yang perlu diketahui.

Untuk memperjelasnya, berikut ini adalah prosedur dan tata cara pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah, baik untuk putra maupun putri:

  1. Calon santri melakukan pendaftaran melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah di alamat berikut: https://tahfidzsulaimaniyah.org/.
  2. Setelah itu, petugas dari Pesantren Sulaimaniyah akan menghubungi calon santri melalui nomor yang telah terdaftar sebelumnya.
  3. Selanjutnya, calon santri akan diminta untuk melakukan ujian-1 secara online sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas.
  4. Calon santri menunggu pengumuman hasil ujian-1 yang akan diumumkan melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah.
  5. Jika dinyatakan lulus pada ujian-1, calon santri harus datang ke asrama untuk mengikuti ujian-2.
  6. Setelah itu, calon santri menunggu pengumuman hasil ujian-2 yang akan diumumkan melalui situs resmi Pesantren Sulaimaniyah.
  7. Terakhir, calon santri yang dinyatakan lulus harus menghubungi asrama yang akan ditempati untuk melakukan daftar ulang dan membayar biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Demikianlah prosedur dan tata cara pendaftaran santri baru di Pesantren Sulaimaniyah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pesantren dan menghubungi mereka secara langsung jika membutuhkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Biaya Masuk Pesantren YAPIDH : SD, SMP, SMA.

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan rincian biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah melalui jalur beasiswa dan jalur non-beasiswa. Berikut adalah rincian biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah:

Jalur PendaftaranBiaya MasukBiaya Per Bulan
Bukan BeasiswaRp. 25.000.000Rp. 2.000.000
BeasiswaRp. 9.000.000Rp. 900.000

Harap dicatat bahwa biaya pendidikan dan detail biaya lainnya dapat mengalami perubahan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk menghubungi pihak pesantren Sulaimaniyah langsung atau mengunjungi website resmi mereka untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai biaya masuk dan rincian biaya lainnya.

Tentu saja, biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai biaya masuk, kami sarankan agar menghubungi Pesantren Sulaimaniyah melalui kontak atau Call Center yang tersedia:

  • Telepon: (0221) 4710751
  • Email: [email protected]
  • Facebook: @tahfidzsulaimaniyah
  • Instagram: @tahfidzsulaimaniyah

Dengan menghubungi kontak di atas, Anda dapat memperoleh informasi terkini mengenai biaya masuk dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran serta rincian biaya lainnya.

Pastikan untuk menghubungi Pesantren Sulaimaniyah melalui salah satu dari kontak yang telah disebutkan di atas guna mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru.

Sistem Pembayaran

Meskipun biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah cukup tinggi, banyak orang tua yang tetap memilih untuk mengirimkan anak-anak mereka ke pesantren ini. Hal ini disebabkan oleh kualitas pendidikan yang sangat baik yang ditawarkan.

Pesantren Sulaimaniyah juga menyediakan program beasiswa untuk calon santri yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang baik.

Selain itu, Pesantren Sulaimaniyah juga menawarkan sistem pembayaran yang fleksibel, seperti cicilan bulanan atau semesteran. Hal ini dapat membantu orang tua dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka di pesantren.

Dengan adanya program beasiswa dan fleksibilitas dalam pembayaran, Pesantren Sulaimaniyah berupaya untuk menjadikan pendidikan di pesantren ini dapat diakses oleh sebanyak mungkin calon santri yang berpotensi.

Keputusan untuk mengirimkan anak-anak ke Pesantren Sulaimaniyah merupakan pilihan yang diambil dengan pertimbangan matang mengenai kualitas pendidikan yang diberikan dan komitmen dalam pengembangan potensi santri.

Baca juga: Biaya Masuk Pesantren Al Aqsha Jatinangor 2023, Murah Modern.

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai biaya masuk Pesantren Sulaimaniyah untuk putra dan putri, serta syarat dan cara mendaftar ke Pesantren Sulaimaniyah. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi santri atau siswa baru di Pesantren Sulaimaniyah?

Terima kasih telah mengunjungi pesantrenterbaik.com dan melihat artikel ini mengenai biaya masuk di Pesantren Sulaimaniyah. Kami harap informasi tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi Anda semua.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin memperoleh informasi lebih rinci, jangan ragu untuk menghubungi Pesantren Sulaimaniyah melalui kontak yang telah disediakan sebelumnya.

Kami berharap Anda dapat menemukan tempat yang sesuai untuk mengejar pendidikan dan pengembangan diri di Pesantren Sulaimaniyah. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga sukses dalam perjalanan pendidikan Anda!