√ Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Azhar 2023 : SD, SMP, SMA

Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Azhar – Seperti yang kita ketahui, Pondok Pesantren pada zaman Modern telah mengalami perubahan yang sangat berbeda dibandingkan dengan Pondok Pesantren pada masa lalu. Sekarang, Pondok Pesantren telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti kamar tidur yang nyaman dan tersedia makanan, minuman, bahkan camilan untuk para Santri.

Ya, mungkin banyak di antara kalian yang merupakan alumni Pondok Pesantren, di mana pada saat itu mereka harus berbagi tempat tidur di ruangan yang sempit, berbagi kamar mandi, bahkan menahan lapar karena keterbatasan makanan.

Jika kita berbicara tentang Pondok Pesantren Modern, penting bagi kalian untuk mengetahui bahwa di Daerah Karanganyar, Jawa Tengah terdapat sebuah Pondok Pesantren bernama Al Azhar International Islamic Boarding School (AAIIBS). Ketika seseorang menyantri di sana, rasanya seperti sedang menyantri di Pondok Pesantren di luar negeri.

Tidak mengherankan jika biaya pendaftaran ke Pesantren AAIBS ini sangat mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, biaya per bulan ketika menyantri di AAIIBS pun tidaklah sedikit, yaitu tidak kurang dari 5 juta rupiah. Sebenarnya, seberapa besar biaya yang harus disiapkan jika seseorang ingin mondok di AAIIBS Karanganyar?

Program Pendidikan Ponpes Al Azhar IIBS

Sumber gambar: Al Azhar IIBS

Sebelum kita membahas mengenai biaya pendaftaran Pondok Pesantren Al Azhar IIBS yang lebih rinci, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu beberapa tingkatan atau program pendidikan yang ditawarkan kepada calon peserta didik. Sampai saat ini, Pondok Pesantren Al Azhar IIBS menawarkan 2 tingkatan pendidikan bagi para santrinya, yaitu SMP dan SMA.

Yang menarik adalah kedua tingkatan pendidikan di Pondok Pesantren Al Azhar IIBS tersebut menggunakan kurikulum internasional, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Selain itu, Pondok Pesantren Al Azhar IIBS juga menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler menarik seperti berkuda dan pramuka, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan minat para santri.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Azhar IIBS

Selain membayar biaya pendaftaran Pondok Pesantren Al Azhar IIBS, tentu saja calon peserta didik juga diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan lainnya. Sebagai informasi, berikut ini kami akan memberikan secara lengkap mengenai persyaratan pendaftaran Pondok Pesantren Al Azhar IIBS Solo.

  1. Mempersiapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Mempersiapkan Kartu Keluarga (KK).
  3. Mengunggah Ijazah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) atau Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs).
  4. Mengunggah rapor kelas IV, V, dan VI semester 1 atau rapor kelas VII, VIII, dan IX yang telah dilegalisir.
  5. Mengunggah akta kelahiran calon santri.
  6. Mengunggah sertifikat prestasi calon santri (jika ada).

Dengan memenuhi persyaratan ini, calon peserta didik akan dapat melengkapi proses pendaftaran Pondok Pesantren Al Azhar IIBS Solo dengan baik. Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen yang diminta agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Cara Daftar Pondok Pesantren Al Azhar IIBS

Sebagaimana pendaftaran Alexandria Islamic School, saat ini Pondok Pesantren Al Azhar IIBS juga telah memfasilitasi pendaftaran santri baru secara daring melalui situs resmi mereka di alazhariibs.sch.id/pendaftaran-murid-baru. Melalui tautan pendaftaran tersebut, calon santri dapat mendaftar baik untuk tingkat SMP maupun SMA.

Calon santri akan diminta untuk mengisi data pribadi mereka sesuai dengan kartu identitas dan mengunggah sejumlah dokumen atau berkas seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Penting untuk diingat agar semua persyaratan dan ketentuan di atas dipenuhi agar proses pendaftaran dapat diterima.

Dengan memanfaatkan kemudahan pendaftaran secara daring ini, calon santri dapat mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan dengan praktis dan efisien. Proses ini diharapkan dapat mempermudah calon santri dalam mengakses Pondok Pesantren Al Azhar IIBS dan memulai perjalanan pendidikan mereka.

Baca juga: Biaya Masuk Pesantren Al Musri Cianjur Terlengkap.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Azhar

Di Indonesia terdapat sejumlah Pondok Pesantren Modern yang khusus untuk putri, khusus untuk putra, maupun yang menerima putra dan putri. Beberapa di antaranya adalah Pondok Pesantren Zam-Zam, Pondok Pesantren ZIIS, dan masih banyak lagi.

Namun, dari sekian banyak Pondok Pesantren Modern tersebut, pernahkah kalian mendengar tentang Pondok Pesantren Al Azhar International Islamic Boarding School? Pondok Pesantren ini terletak di Jalan Raya Solo – Tawangmangu, Gedangan, Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Al Azhar International Islamic Boarding School adalah Pondok Pesantren pertama yang menggunakan teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran. Dengan kata lain, mereka mengoptimalkan penggunaan kurikulum dan media pembelajaran berbasis teknologi modern untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar (KBM).

Selain itu, dalam beberapa momen khusus, Pondok Pesantren ini menerapkan penggunaan bahasa Inggris bagi para santri, seperti membacakan teks MC dalam bahasa Inggris, Lomba Storytelling, dan sebagainya. Kemampuan berbahasa Inggris yang lancar tentunya akan bermanfaat bagi para santri dalam bersaing di kancah internasional.

Selanjutnya, fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di Pondok Pesantren Al Azhar sangatlah lengkap, antara lain:

  1. Kamar/Asrama
  2. Masjid Al Fatih
  3. Ruang Komputer
  4. Wifi
  5. Klinik/Rumah Sakit
  6. Check-up kesehatan santri oleh ahli gizi
  7. Dan masih banyak lainnya.

Selain itu, di Pondok Pesantren ini juga terdapat fasilitas bernama “Parents Corner”. Fasilitas ini memungkinkan orang tua atau wali untuk memantau aktivitas putra-putri mereka di Pondok Pesantren Al Azhar secara real-time.

Dengan adanya fasilitas yang begitu lengkap dan canggih, tidaklah mengherankan jika biaya masuk ke Pondok Pesantren Al Azhar lebih tinggi dibandingkan dengan Pondok Pesantren Isy Karima, ZIIS, dan Zam-Zam yang notabene juga merupakan Pondok Pesantren Modern.

Kabarnya, untuk bisa masuk ke Pondok Pesantren Al Azhar, diperlukan biaya hingga mencapai 100 juta rupiah. Ya, namun perlu diketahui bahwa biaya masuk yang besar tersebut sebanding dengan ilmu dan pembelajaran yang akan diperoleh oleh para santri dari para pengajar di sana.

Dari total biaya masuk Pondok Pesantren Al Azhar Karanganyar, Jawa Tengah, yang mencapai angka 100 juta, biaya tersebut akan dibagi-bagikan untuk keperluan sebagai berikut:

Biaya Pendaftaran

Pertama-tama, setiap calon santri pondok pesantren Al Azhar akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah). Biaya ini harus dibayarkan sebelum menjalani proses tes seleksi.

Biaya SPP

Jika berhasil lolos seleksi dan diterima sebagai santri baru, orang tua akan diminta untuk membayar SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) sebesar Rp. 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah). Biaya ini akan tercantum dalam rincian biaya masuk pondok pesantren Al Azhar. Untuk bulan pertama setelah menjadi santri baru, tidak perlu membayar SPP. Pembayaran SPP dimulai pada bulan kedua dan seterusnya.

Infaq Pembangunan Pondok Pesantren Al Azhar

Salah satu komponen biaya masuk pondok pesantren Al Azhar yang besar adalah biaya infaq pembangunan dan pengembangan (PBB). Di sini, pihak pondok pesantren menerapkan biaya sebesar Rp. 63.000.000 (enam puluh tiga juta rupiah). Sesuai dengan namanya, biaya tersebut akan dialokasikan untuk berbagai kebutuhan, seperti peningkatan infrastruktur pondok pesantren, pengembangan sarana dan prasarana, demi kenyamanan semua penghuni pondok pesantren Al Azhar, dan lain sebagainya.

Biaya QC Boarding Activity

Selain itu, terdapat juga biaya QC Boarding Activity sebesar Rp. 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah) yang harus dibayarkan setiap bulan. Biaya ini akan digunakan untuk makanan dan camilan para santri, laundry, halaqah tahfizh, pendamping musrif dan musrifah, keamanan, kebersihan, hingga SUPER QC Activity Boarding.

Biaya Tahunan

Jadi, total biaya sekitar 72 jutaan yang telah disebutkan di atas merupakan biaya awal masuk ke pondok pesantren Al Azhar, ditambah dengan biaya SPP dan biaya QC setiap bulannya. Dengan demikian, total biaya tersebut bisa mencapai lebih dari 100 juta. Selain itu, perlu diketahui bahwa uang infaq sebesar puluhan juta rupiah hanya dibayarkan satu kali saja.

Namun, setiap tahunnya terdapat juga biaya Annual Fee sebesar Rp. 13.500.000 (tiga belas juta rupiah). Dana ini digunakan untuk biaya seragam, buku ajar, asuransi, iuran OSIS, keperluan pribadi, dan kebutuhan di asrama.

Informasi mengenai biaya di atas berlaku untuk calon santri SMS (Sekolah Menengah Satu) di pondok pesantren Al Azhar. Namun, mengenai biaya masuk untuk tingkat SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama), kami belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena keterbatasan informasi.

Meskipun begitu, rentang biaya masuk sebagai santri SD dan SMP di Al Azhar International Islamic Boarding School tampaknya tidak jauh berbeda dengan biaya masuk sebagai santri SMA (Sekolah Menengah Atas) di pondok pesantren Al Azhar.

Call Center Pondok Pesantren Al Azhar IIBS

Di atas telah dijelaskan secara menyeluruh mengenai biaya pendaftaran Pondok Pesantren Al Azhar IIBS untuk semua tingkatan pendidikan, lengkap dengan persyaratan dan prosedur pendaftarannya, baik untuk santri putra maupun putri. Namun, jika masih terdapat kebingungan, kami merekomendasikan untuk menghubungi langsung pihak Pondok Pesantren Al Azhar IIBS melalui beberapa pusat kontak berikut ini:

Dengan menghubungi nomor telepon tersebut, mengirimkan email, atau mengunjungi halaman Instagram dan Facebook resmi Pondok Pesantren Al Azhar IIBS, Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut serta menjelaskan pertanyaan yang masih mengganjal. Tim mereka dengan senang hati akan membantu Anda dalam memahami proses pendaftaran dan memberikan penjelasan yang Anda perlukan.

Baca juga: Biaya Masuk Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kisaran biaya masuk Pondok Pesantren Al Azhar, apakah Anda masih berminat untuk menyekolahkan putra atau putri Anda di sana? Meskipun biayanya tidak sedikit, namun hal tersebut menjadi jaminan bahwa para santri di Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) akan mendapatkan pendidikan yang mulia, dengan budi pekerti yang luhur, serta menjadi calon hafidz dan hafidzah.

Selain itu, Tim pesantrenterbaik.com juga menjelaskan bahwa dengan biaya masuk yang bisa mencapai 100 juta rupiah, Pondok Pesantren Al Azhar telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari kamar asrama yang nyaman, masjid, ruang komputer, ruang musik, wifi, dan masih banyak fasilitas lainnya yang tersedia di sana.