√ Biaya Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung 2023

Biaya Pondok Pesantren Darul Huffaz – Pondok pesantren Darul Huffaz, yang terletak di Lampung, menarik minat banyak orang tua dan calon santri yang ingin mendapatkan pendidikan di pesantren tersebut. Pondok pesantren Darul Huffaz menawarkan berbagai program dan jenjang pendidikan, termasuk MI, MTs, MA, dan jenjang pendidikan lainnya. Namun, berapa biaya yang diperlukan untuk masuk ke pondok pesantren Darul Huffaz di Lampung?

Ada beberapa informasi penting yang perlu diketahui mengenai pondok pesantren Darul Huffaz. Rincian biaya pondok pesantren Darul Huffaz di Lampung dapat ditemukan dalam artikel ini. Dengan demikian, bagi mereka yang berencana mendaftar sebagai santri baru di pondok pesantren Darul Huffaz, setidaknya mereka sudah memiliki gambaran tentang biaya pendaftaran dan biaya pendidikan di pondok pesantren Darul Huffaz di Lampung.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan ulasan tentang biaya pondok pesantren Darul Huffaz di Lampung. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hal itu, mari kita simak informasi singkat tentang pondok pesantren Darul Huffaz.

Tentang Pondok Pesantren Darul Huffaz

Sumber gambar: dehakarawang.daftarsantri.com

Pondok Pesantren Darul Huffaz (PPDH) merupakan salah satu pondok pesantren terkemuka di wilayah Lampung. Didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Huffaz pada tahun 1998, pondok pesantren ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan dan pengembangan santri. Untuk mengetahui alamat lengkap Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung, berikut adalah informasinya:

  • Nama Pondok Pesantren: Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung
  • Alamat: Jl. Raya Bernung no.36 Gedong Tataan, Pesawaran, Bernung, Kec. Gedong Tataan, Gedong Tataan, Lampung Nomor
  • Telepon: (0729) 7082507

Setelah mengetahui alamat Pondok Pesantren Darul Huffaz, kini mari kita bahas program pendidikan yang ditawarkan di pondok pesantren ini. Simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pondok Pesantren Darul Huffaz

Yayasan Pondok Pesantren Darul Huffaz didirikan pada tahun 1998 di Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pondok pesantren ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari 3 hektar dan kemudian berkembang menjadi kompleks seluas lebih dari 9 hektar setelah lima tahun. Pendirian yayasan ini dilakukan oleh KH. Nursalam Abdul Muthalib al-Hafiz dengan akte notaris Nomor 961.

Awalnya, gagasan mendirikan Yayasan Pondok Pesantren Darul Huffaz hanya bertujuan untuk mendidik tujuh anaknya sendiri agar menjadi penghafal Al-Qur’an. Namun, melalui interaksi yang kreatif dengan tokoh masyarakat serta dukungan dari para donatur, yayasan ini berkembang menjadi lembaga pendidikan yang fokus pada penghafalan Al-Qur’an dan pendidikan umum. Ide dasar yang mendasari pendirian Darul Huffaz adalah keinginan kuat untuk membuktikan bahwa kita semua bisa menghafal Al-Qur’an serta untuk menghilangkan ketakutan terhadap penghafal Al-Qur’an.

Selama perjalanan pendidikannya, Darul Huffaz telah mengembangkan program pendidikan dengan membuka Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Integrasi antara pendidikan umum dan Al-Qur’an menjadi salah satu tujuan utama dari tiga jenjang pendidikan tersebut. Harapannya adalah dapat melahirkan generasi yang menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam setiap aspek kehidupan dengan mengacu pada nilai-nilai profesionalisme yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Tahfidz Quran di Darul Huffaz

Pondok pesantren Darul Huffaz Lampung menawarkan beberapa program tahfizh Quran. Program pertama adalah Program Akselerasi Unggulan, di mana santri menghafal satu halaman Al-Qur’an dalam satu hari atau menghafal seluruh Al-Qur’an dalam waktu dua tahun. Program kedua adalah Program Tahfizh Quran Reguler, di mana santri menghafal dua halaman Al-Qur’an dalam satu hari atau menghafal seluruh tiga puluh juz Al-Qur’an dalam waktu satu tahun.

Dalam program tahfizh Quran reguler di pesantren Darul Huffaz Lampung, sekitar enam puluh persen waktu santri akan digunakan untuk menghafal Al-Qur’an, sementara sisanya akan dialokasikan untuk pendidikan umum dan diniyyah.

Target yang ditetapkan adalah setiap santri lulus SD diharapkan memiliki hafalan Al-Qur’an antara 5-7 juz. Sementara bagi lulusan MTs, diharapkan memiliki hafalan antara 10-12 juz. Jika santri melanjutkan dari MI Darul Huffaz Lampung, targetnya adalah memiliki hafalan antara 15-17 juz.

Untuk tingkat MA, target hafalan Al-Qur’an adalah antara 15-17 juz. Bagi lulusan MTs Darul Huffaz Lampung, targetnya adalah menghafal seluruh tiga puluh juz Al-Qur’an atau khatam Al-Qur’an. Target ini dianggap realistis dan dapat dicapai oleh rata-rata santri di pesantren tersebut.

Keunggulan Pesantren Darul Huffaz

Pesantren Darul Huffaz Lampung memiliki beberapa keunggulan yang dapat disoroti. Pertama, pesantren ini memiliki lingkungan yang luas dan nyaman, memberikan ruang gerak yang leluasa bagi para santri. Keberadaan fasilitas kolam renang juga memungkinkan santri untuk berolahraga dengan nyaman dan menyegarkan diri.

Kedua, bagi mereka yang mengikuti program khusus tahfizh Quran, terdapat asrama khusus yang terpisah. Hal ini membantu meningkatkan peluang keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an dengan tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, adanya pemisahan antara santri putra dan santri putri juga menjadi keunggulan yang penting.

Dengan adanya lingkungan yang luas, fasilitas yang nyaman, serta program tahfizh Quran yang mendukung, pesantren Darul Huffaz Lampung menciptakan kondisi yang optimal bagi santri dalam mengejar tujuan mereka dalam menghafal Al-Qur’an dan menempuh pendidikan yang berkualitas.

Program Pendidikan Pesantren Darul Huffaz

Pondok pesantren Darul Huffaz Lampung menawarkan beberapa program dan jenjang pendidikan. Berikut adalah jenjang pendidikan yang tersedia di pondok pesantren Darul Huffaz:

  1. MITQ (Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an)
  2. MTs (Madrasah Tsanawiyah)
  3. MA (Madrasah Aliyah)

Selain itu, pondok pesantren Darul Huffaz juga menyediakan program pendidikan tingkat MA dengan dua jurusan yang tersedia:

  1. MA Program Jurusan IPA
  2. MA Program Jurusan Keagamaan

Selain program pendidikan yang mencakup berbagai jenjang, pondok pesantren Darul Huffaz Lampung juga menawarkan berbagai fasilitas yang disediakan untuk para santri dan pengurus, antara lain:

  1. Perpustakaan
  2. Kolam renang
  3. Laboratorium
  4. Ruang kelas dengan AC
  5. Pendopo dan aula
  6. Lapangan
  7. Wisma
  8. Layanan kesehatan

Setelah mengetahui program dan jenjang pendidikan serta fasilitas yang disediakan di pondok pesantren Darul Huffaz, sekarang mari kita bahas syarat pendaftaran di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung. Simak ulasannya di bawah ini.

Syarat Daftar Pesantren Darul Huffaz

Untuk dapat mendaftar di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung, terdapat beberapa syarat yang perlu diketahui. Berikut ini adalah syarat pendaftaran di pondok pesantren Darul Huffaz:

  1. Mampu membaca Al Qur’an dengan baik.
  2. Calon santri Bina Lingkungan harus lulusan TK/RA.
  3. Siswa pindahan dapat mendaftar jika berada di kelas 4, 5, atau 6 SD/MI.
  4. Calon santri Bina Lingkungan harus memiliki ijazah TK atau RA sederajat.
  5. Calon santri MTs harus memiliki ijazah SD atau MI sederajat.
  6. Calon santri MA harus memiliki ijazah SMP atau MTs sederajat.
  7. Diutamakan siswa yang telah menghafal Juz 30 Al Qur’an.
  8. Mengisi formulir pendaftaran santri baru di pondok pesantren Darul Huffaz.
  9. Menyiapkan dokumen-dokumen berikut:
    • Fotokopi ijazah SD, MI, atau MTs sebanyak 2 lembar.
    • Fotokopi rapor kelas terakhir bagi siswa pindahan MI sebanyak 2 lembar.
    • Fotokopi Akta Kelahiran sebanyak 2 lembar.
    • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
    • Fotokopi KTP kedua orang tua atau wali sebanyak 2 lembar.
    • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.
  10. Membayar biaya registrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah mengetahui beberapa syarat di atas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mendaftar di pondok pesantren Darul Huffaz? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Daftar Pesantren Darul Huffaz

Pendaftaran di pondok pesantren Darul Huffaz dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika Anda ingin mendaftar secara offline, Anda dapat mengunjungi sekretariat panitia Penerimaan Santri Baru (PSB) di pondok pesantren Darul Huffaz.

Namun, bagi Anda yang ingin mendaftar secara online, Anda dapat mengakses website resmi pondok pesantren Darul Huffaz di psb.ppdhlampung.id. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi kontak pondok pesantren Darul Huffaz melalui telepon atau email untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Setelah mengetahui syarat dan cara pendaftaran di pondok pesantren Darul Huffaz, Anda mungkin ingin mengetahui biaya masuk di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung. Silakan simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Biaya Pondok Pesantren di Semarang Paling Murah.

Biaya Pondok Pesantren Darul Huffaz

Informasi mengenai biaya masuk pesantren Darul Huffaz yang akan kami sampaikan berlaku untuk jenjang pendidikan MI, MTs, MA, dan beberapa jenjang pendidikan lainnya di pesantren tersebut. Terdapat rincian biaya pendaftaran dan biaya pendidikan di pesantren Darul Huffaz Lampung sebagai berikut:

Biaya Pendaftaran Pesantren Darul Huffaz

Biaya pendaftaran santri baru di pesantren Darul Huffaz adalah sebesar Rp. 350.000. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau melalui transfer saat melakukan pendaftaran di pesantren tersebut.

Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Darul Huffaz

Biaya pendidikan di pesantren Darul Huffaz meliputi uang pangkal, biaya perlengkapan sekolah, syahriyah pondok, dan biaya perlengkapan santri. Rincian biaya masuk pondok pesantren Darul Huffaz Lampung adalah sebagai berikut:

Rincian Biaya Administrasi MI Pesantren Darul Huffaz

Rincian BiayaNominal Biaya
Syahriyah PondokRp. 750.000
Perlengkapan SantriRp. 1.700.000
Uang PangkalRp. 1.500.000
Perlengkapan SekolahRp. 600.000
JumlahRp. 4.550.000

Rincian Biaya Administrasi MTs Pesantren Darul Huffaz

Rincian BiayaNominal Biaya
Syahriyah PondokRp. 750.000
Perlengkapan SantriRp. 1.700.000
Uang PangkalRp. 1.500.000
Perlengkapan SekolahRp. 1.550.000
JumlahRp. 5.500.000

Rincian Biaya Administrasi MA Pesantren Darul Huffaz

Rincian BiayaNominal Biaya
Syahriyah PondokRp. 800.000
Perlengkapan SantriRp. 1.700.000
Uang PangkalRp. 1.500.000
Perlengkapan SekolahRp. 2.300.000
JumlahRp. 6.300.000

Rincian Biaya Administrasi Takhosus Pesantren Darul Huffaz

Rincian BiayaNominal Biaya
Perlengkapan Santri (Tidak Wajib)Rp. 1.700.000
Laundry (Tidak Wajib)Rp. 150.000
Uang PangkalRp. 1.500.000
Syahriyah PondokRp. 450.000
JumlahRp. 3.800.000

Bagi kalian yang ingin mengetahui beberapa pondok pesantren terbaik lainnya di wilayah Lampung, kami sebelumnya telah merangkum tentang pondok pesantren terbaik di Metro Lampung. Selain itu, jika kalian ingin mengetahui informasi mengenai biaya masuk pesantren lainnya, kalian dapat mengunjungi halaman Kategori Pondok Pesantren di situs kami.

Di halaman tersebut, kalian akan menemukan informasi lengkap mengenai berbagai pondok pesantren di berbagai daerah, termasuk di wilayah Lampung. Informasi yang disajikan meliputi rincian biaya masuk, program pendidikan yang tersedia, fasilitas, serta syarat dan cara pendaftaran.

Dengan mengunjungi halaman Kategori Pondok Pesantren di situs kami, kalian dapat memperoleh informasi yang lebih komprehensif untuk membantu dalam memilih pondok pesantren yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Baca juga: Biaya Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Kesimpulan

Terima kasih telah membaca informasi yang kami sajikan mengenai biaya pondok pesantren Darul Huffaz Lampung, termasuk alamat, program pendidikan, syarat, dan cara pendaftarannya. Apakah kalian tertarik untuk menjadi santri di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung?

Jika kalian memiliki minat dan komitmen dalam menimba ilmu serta mengembangkan diri dalam lingkungan pesantren, maka mendaftar di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung bisa menjadi pilihan yang baik. Pondok pesantren ini menawarkan program pendidikan yang komprehensif dan memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan pengembangan diri kalian sebagai santri.

Dengan bergabung di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung, kalian akan memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman agama, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, dan mengembangkan karakter islami. Selain itu, kalian juga akan berinteraksi dengan sesama santri dan mendapatkan pengalaman berharga dalam menjalani kehidupan pesantren.

Jika kalian tertarik untuk mendaftar, pastikan untuk memenuhi syarat-syarat yang telah dijelaskan sebelumnya dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren Darul Huffaz. Jangan ragu untuk menghubungi pihak pesantren untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dan persyaratan yang dibutuhkan.

Terima kasih telah mengunjungi pesantrenterbaik.com

Semoga informasi mengenai biaya masuk pesantren Darul Huffaz ini bermanfaat bagi kalian semua. Sukses dalam perjalanan pendidikan dan pengembangan diri di pondok pesantren Darul Huffaz Lampung!