Biaya Masuk Pondok Pesantren La Tansa 2022

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi seputar Pondok Pesantren La Tansa? Jika iya Anda datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini kami telah sedikit mengupas seputar profil Pondok Pesantren La Tansa. Semoga bermanfaat ya!

Sekilas Pesantren La Tansa

Pondok pesantren ini berdiri di sebuah lembah seluas ±13 ha. yang sekelilingnya dialiri sungai Ciberang dan dikelilingi oleh gunung-gunung dan bukit yang menghijau, terhindar dari polusi udara bahkan polusi budaya dan pergaulan amoral, merupakan tempat tafaqquh fiddien yang nyaman dan rekreatif.

Pesanten ini dilahirkan oleh Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang, sebagai suatu pengembangan wawasan dan pengembangan daya tampung dengan sistem pendidikan serta pengajaran yang lebih variatif dan memenuhi hajat umat yang memberikan prospek yang sangat baik untuk sebuah sarana pendidikan.

Secara umum lahirnya Lahirnya pesantren yang bercorak modern ini didasarkan atas kesadaran untuk membangun sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berwawasan luas, berilmu, berakhlakul-karimah (mukminin, muttaqien dan rosikhina fil’ilmi) kelak menjadi generasi penerus bangsa, negara dan agama dalam pelbagai sektor kehidupan.

Biografi Pendiri

Di awal, kami telah menyebutkan bahwa pesantren ini lahir dari pengembang Pesantren Daar El Qolam. Karena itulah kami akan coba sedikit mengupas mengenai pendiri dari Ponpes Daar El Qolam. Beliau adalah Drs. KH. Ahmad Rifa’i Arief.

Beliau dilahirkan di Gintung, sebuah desa di Jayanti, Tangerang, pada penghujung tahun tepat 31 Desember 1942. Lilip, panggilan akrab beliau, telah digembleng dalam suasana religius oleh sang ayah, H. Kasad Mansyur semenjak dini. Ayah beliau yang menjadi guru Al-Qur’an pertama bagi beliau. Pada umur 7 tahun beliau di masukkan ke Sekolah Rakyat, namun karena jiwa beliau yang telah melekat dengan dien, tepat pada tahun ketiga beliau memilih pindah ke sekolah agama.

Pada tahun 1958 beliau masuk ke Pondok Modern Gontor. Tekad dan niatnya yang bulat untuk memperdalam dan terus belajar ilmu agama menanamkan semangat membara demi tegaknya agama Allah. Beliau yang memiliki sifat haus ilmu, kerja keras yang tak kenal lelah, kemudian meneruskan pendidikan ke IAIN Sunan Gunung Jati Serang, pada Fakultas Syariah tahun 1967.

Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 20 Januari 1968, dengan berharap ridha dan tuntunan Ilahi Rabbi, beliau mendirikan Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang memiliki system hidup yang persis sama dengan yang diterapkan di Pondok Modern Gontor.

Pada tahun 1997 pendiri dan pemimpin pondok pesantren Daar el Qolam dan La Tansa Drs. KH. Ahmad Rifa’I Arief wafat, beliau Insya Allah meninggalkan dunia dengan pahala jariyah yang sangat berlimpah.

Kurikulum Pesantren

Pondok Pesantren La Tansa menyelenggarakan kurikulum terpadu antara Bidang Studi Umum (Kurikulum Depdiknas) dan Bidang Studi Agama (Kurikulum Pesantren) dalam satu sistem yang terpadu secara integral. Kurikulum yang diselenggarakan di Pondok Pesantren La Tansa terbagi atas intra kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler.

Intra kurikuler merupakan kegiatan yang melibatkan tenaga pengajar secara langsung dengan sistem klasikal. Ko-Kurikuler merupakan kegiatan tambahan santri (muatan lokal) yang wajib diikuti seperti muhadoroh tiga bahasa, kepramukaan, pelatihan komputer, keputrian dll. Sedangkan ekstra kurikuler merupakan kegiatan yang boleh dipilih oleh santri dengan tidak mengesampingkan intra maupun ko-kurikuler.

Dalam perjalanannya,kurikulum Pondok Pesantren La Tansa senantiasa mengikuti dan mengadaptasikan diri dengan perkembangan kurikulum nasional, seperti telah dilkasanakannya KTSP yang hingga kini telah berjalan selama 3 tahun pelajaran.

Kemudian terdapat beberapa program esktrakulikuler untuk menunjang minat dan bakat para santri. Antara lain:

  • Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
  • Pembinaan Tilawatil Qur’an
  • Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
  • Disiplin berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
  • Diskusi dan Penelitian Ilmiah
  • Kepramukaan dan PKK
  • Pengembangan Olahraga
  • Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
  • Pengembangan Seni Beladiri (Tapaksuci danPaku Banten)
  • Tahfidhul Qur’an
  • Pengembangan jurnalistik dan publisistik
  • Pengembangan Exacta (Lab Skill)
  • Dll

Kehidupan Santri

Secara umum, tidak ada kegiatan santri yang berbeda dengan kegiatan santri di pesantren modern lain pada umumnya. Berikut jadwal kegiatan santri La Tansa yang kami dapatkan langsung dari website resminya:

04.00 – 06.00 : Bangun pagi, sholat shubuh berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan bahasa dan kajian kitab kuning.
06.00 – 06.45 : Sarapan pagi dan persiapan masuk kelas
07.00 – 12.15 : Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
12.15 – 14.15 : Sholat Dzuhur, Makan Siang dan Persiapan KBM
14.15 – 15.00 : Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
15.00 – 17.00 : Sholat Ashar, Istirahat dan Olah Raga
17.00 – 17.30 : Makan Sore
17.30 – 19.30 : Sholat Magrib dan Pengajian perkelompok
19.30 – 20.15 : Sholat Isya
20.15 – 22.00 : Belajar Malam Terbimbing
22.00 – 04.00 : Istirahat

Biaya Pendidikan

Bagi yang ingin memasukan putra/i putri Anda ke Pesantren La Tansa, berdasarkan informasi biaya pendidikan di TA 2021/2022, maka Anda harus menyiapkan dana sebesar:

Putra Lulusan SD/MiRp17.930.000
Putri Lulusan SD/MIRp17.985.000
Putra Lulusan SMPRp17.530.000
Putri Lulusan SMPRp.17.585.000

Sedangkan untuk SPP bulanan sekitar 1.4 juta. Cukup terjangkau bukan?

Begitulah sekelumit profil tentang Pondok Pesantren La Tansa. Semoga bermanfaat ya!

Alamat Pesantren: Kampung Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten 42372

Website resmi: http://latansa.sch.id/

Baca juga:

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

(REVIEW) 9 Pesantren di Tangerang Selatan Paling Bagus (2022)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Tangerang 2022

Tinggalkan komentar