ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

catatan

Yuk Gabung Koco Schools, Platform Pencetak Kompetensi Guru Abad-21

Abad berganti abad, generasi berganti generasi, eksistensi guru selalu berarti. Jika kini Anda seorang guru, Anda perlu menyadari ini. 

Baik buruknya Anda sebagai guru, punya pengaruh penting bagi maju mundurnya individu, kelompok, negara, bahkan dunia. Maka, menjadi guru yang baik dan ideal adalah hal mutlak yang perlu Anda raih.

Hanya saja, standar ideal guru adalah sesuatu yang dinamis. Agar Anda selalu menjadi guru yang baik, Anda perlu beradaptasi dengan zaman. Termasuk, ketika dunia memasuki abad-21 hari ini. 

cheerful-man-pointing-finger-left-advertise-product

Bagaimana Profil Guru Abad 21?

Sejak awal abad 21, Negara Indonesia sudah menetapkan standar yang harus dimiliki guru Saya yakin, Anda pun sudah tahu, atau setidaknya pernah mendengarnya.

Namun, izinkan saya untuk mengingatkan Anda, bahwa ada 4 standar yang perlu setiap guru miliki!

1

Kompetensi Pedagogik

Sebagai guru, Anda mesti punya kemampuan mengelola pembelajaran dan membangun interaksi yang hidup dengan peserta didik. Jangan sampai terlalu kaku dan membuat siswa bosan, ngantuk, apalagi jadi malas untuk sekedar duduk di kelas yang Anda kelola.

2

Kompetensi Kepribadian

Keteladanan dalam kepribadian Anda sebagai guru adalah alasan mengapa profesi Anda tak bisa sama sekali digantikan oleh AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Sayangnya, ini berlaku jika memang Anda punya kepribadian yang baik. Jika sebaliknya, maka kehadiran Anda di kelas (maaf-maaf) nyaris seperti robot.

3

Kompetensi Profesional

Setiap profesi punya tuntutan kemampuan yang perlu dipenuhi pelakonnya, termasuk guru. Guru yang profesional akan senantiasa berusaha memenuhi kompetensi ini sebaik-baiknya. Mulai dari penguasaan materi, kemampuan merencanakan, mengembangkan pelajaran, mengevaluasi, hingga yang terpenting untuk saat ini adalah skill penggunaan teknologi.

4

Kompetensi Sosial

Komunikasi merupakan aktivitas inti guru. Bukan hanya di ruang kelas, guru perlu melakukan aktivitas sosial di luar kelas. Selain peserta didik, Anda juga perlu berkomunikasi dengan sesama guru, lingkungan sekitar sekolah, dan berbagai ruang lain yang menuntut kemampuan beradaptasi.

Sudahkah Anda Memiliki Berbagai Kompetensi Tersebut?

Sebenarnya, sekalipun Anda kini merasa memiliki keempat kompetensi tersebut, Anda tak bisa bersantai-santai begitu saja. 

Berkembangnya teknologi dan melimpahnya informasi, menuntut Anda untuk terus belajar untuk meningkatkan kompetensi. Ingatlah, apa yang berubah di dunia, mengubah karakteristik anak-anak yang Anda kelola di ruang kelas.

Jadi, jika Anda selalu mengandalkan hal yang sama untuk objek yang berbeda, tak perlu heran jika Anda menjumpai kesulitan, kebingungan, dan kegagapan dalam menghadapi siswa.

Saat ini, belajar untuk siswa sama pentingnya belajar untuk guru. Bukan hanya siswa yang harus jadi pembelajar, guru juga sama harusnya. Bahkan, idealnya lebih sungguh-sungguh ketimbang siswa.

Belajar Semakin Berarti Pasca Pandemi

Pandemi yang terjadi sejak 2020, mestinya menuntut Anda sebagai guru belajar lebih ekstra. Belajar jarak jauh melalui media digital menjadi pakem baru yang kompetensinya mesti guru kuasai.

Bahkan pada tahun-tahun mendatang, Covid-19 yang belum ada tanda-tanda hilang. Jadi, pembelajaran digital ini mungkin akan terus bertahan lama, bahkan bukan tak mungkin jadi cara belajar utama yang posisinya sama penting dengan belajar tatap muka untuk dijadikan pakem utama.

Pertanyaannya, seberapa siap Anda dengan masa depan? Apa saja yang sudah Anda siapkan dan pelajari?

Koco Schools, Partner Guru Tingkatkan Kompetensi di Abad-21

Ada banyak sumber dan ruang belajar yang bisa Anda manfaatkan sebagai guru. Namun agar tak salah langkah, pastikan Anda belajar di tempat yang benar. Tempat yang memiliki kompetensi untuk membantu Anda terus beradaptasi dan berkembang di abad ke-21.

Jika Anda belum menemukannya, Koco Schools adalah jawabannya. Yuk kita kenalan dengan KOCO Schools!

KOCO Schools adalah perusahaan teknologi pendidikan yang sudah berkembang dan terpercaya di Asia. Selain di Indonesia, Koco Schools juga memiliki markas di Singapura dan India.

Salah satu fokus dari KOCO adalah membantu para guru untuk bersama-sama membantu guru di era serba digital,  agar mampu beradaptasi mencetak generasi yang lebih baik.

Untuk itu, KOCO meluncurkan platform LMS (Learning Management System) yang membantu guru untuk mengajar lebih mudah dari sebelumnya.

Berikut ini 3 dukungan utama KOCO Schools untuk Anda.

1

Mengunggah dan membagikan tugas

Unggah dan bagikan tugas Anda kepada siswa dalam beberapa ketukan saja tanpa repot.

2

Menghidupkan Kelas Online

Membuat proses belajar online serasa belajar offline dengan bantuan alat anotasi yang keren dan praktis.

3

Mengevaluasi & Memantau Progress

Menilai siswa sekaligus memantau perkembangannya dari waktu ke waktu akan membuat Anda lebih memahami bagaimana semestinya mengajari siswa Anda.

mau Mencoba KOCO Schools?

Jika Anda seorang guru, Anda pasti menyadari bahwa ketiga hal ini sangat penting. Anda bisa dapatkan itu semua di Platform KOCO Schools bahkan secara gratis.

Anda tak perlu ragu, karena sudah ada banyak guru yang mencoba betapa bermanfaatnya platform ini untuk menyokong optimalisasi kompetensi guru abad-21 yang Anda miliki di ruang belajar online.

Sekalipun pandemi kelak akan berakhir, belajar online akan menjadi cara belajar baru yang tak bisa hilang begitu saja. Tentu saja, mau tak mau, sebagai guru Anda perlu melibatkan diri di dalamnya.

Jadi, tunggu apalagi, daftar platform KOCO Schools sekarang juga!

daftar gratis Yuk!

[email protected] Pesanrenterbaik.com