Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah

Islam mengatur segala sesuatunya dengan baik dan indah. Seperti halnya adab masuk ke kamar mandi. Doa masuk kamar mandi penting kita lafalkan sebelum memasuki tempat yang dipakai untuk membersihkan diri tersebut.

Hal ini agar kita senantiasa terhindar dari godaan syaitan maupun hal buruk lainnya. Selain membaca doa khusus untuk masuk kamar mandi, Anda juga perlu mengetahui adab seperti apa yang sebaiknya diterapkan.

1. Doa Saat Masuk ke Kamar Mandi

doa saat masuk ke kamar mandi

Islam menjadi agama yang lengkap sehingga mampu mengatur semua aspek kehidupan. Salah satunya terkait adab masuk ke kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat dalam rumah yang selalu digunakan setiap harinya oleh penghuni.

Kamar mandi menjadi tempat untuk membersihkan diri maupun membuang hajat. Sayangnya kamar mandi juga bisa menjadi sarang jin. Karena itulah sebaiknya sebelum masuk ke kamar mandi, terlebih dahulu membaca doa. Berikut merupakan beberapa doa untuk masuk ke kamar mandi.

Saat Anda hendak memasuki kamar mandi, ada baiknya untuk membaca doa terlebih dahulu. Ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari godaan syaitan dan gangguan jin lainnya. Sebab, kamar mandi menjadi tempat yang amat disukai syaitan dan jin.

Doa masuk kamar mandi sangat beragam. Salah satunya bisa dilafalkan sebelum mulai menjejakkan kaki di kamar mandi. Jadi, ketika selesai membaca basmallah, maka ada baiknya lanjutkan dengan doa berikut.

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khobaits

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syaitan laki-laki dan syaitan perempuan.

Sebagai informasi, sebelum menjejakkan kaki di kamar mandi, sebaiknya Anda melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu. Hal ini juga sudah sesuai dengan adab yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW kepada umat manusia.

Baca: Doa Pembuka Metode Ummi dan Penutup

2. Saat Sedang Berada di Kamar Mandi

Saat sedang di kamar mandi tidak diperbolehkan berdoa. Sebab, yang diperbolehkan berdoa adalah ketika hendak masuk ke dalam kamar mandi maupun saat keluar dari kamar mandi. Anda sebaiknya tahu bahwa terdapat beberapa pantangan saat sedang berada di kamar mandi.

  • Berlama-lama di dalam kamar mandi.
  • Bernyanyi, berdendang maupun mengucapkan kalimat-kalimat kotor di dalam kamar mandi.
  • Bermain air maupun sesuatu hal yang lainnya yang tidak perlu. Contohnya, mendengarkan musik, chatting menggunakan ponsel hingga scroll belanja online.
  • Melakukan buang air kecil sambil berdiri.
  • Tidak berdoa saat hendak masuk maupun keluar dari kamar mandi.
  • Menggantungkan pakaian kotor atau membiarkannya tergantung di dalam kamar mandi.
  • Melakukan saat belum berpakaian maupun telanjang.
  • Mencoret-coret dinding dalam kamar mandi.
  • Merencanakan hal-hal yang jahat.
  • Melakukan masturbasi atau onani.

Baca: Doa Untuk Anak di Pesantren agar Betah

3. Doa Saat Keluar dari Kamar Mandi

doa saat keluar dari kamar mandi

Selesai dari kamar mandi, Anda juga sebaiknya membaca doa. Namun, perlu diingat bahwa saat keluar dari kamar mandi ada baiknya untuk menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Barulah saat berada di luar toilet, Anda bisa membaca doa berikut.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Alhamdulillaahilladzi adzhaba ‘anni al adzaa wa’aafaani

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyelamatkan aku.

Dengan mengamalkan doa keluar kamar mandi seperti ini, maka niscaya Anda bisa dihindarkan dari kejahatan dan godaan syaitan yang terkutuk. Terlebih lagi, ini merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW yang perlu kita teladani dan ikuti ajaran baik tersebut.

Baca: Doa untuk Orang Meninggal

Adab Berada di Kamar Mandi

Adab Berada di Kamar Mandi

Sebelum masuk ke dalam kamar mandi, ada baiknya kita membaca doa masuk kamar mandi terlebih dahulu. Kemudian, yang tidak kalah penting adalah kita juga harus senantiasa memperhatikan seperti apa adab saat berada di kamar mandi.

Setidaknya terdapat beberapa adab yang perlu kita perhatikan saat buang hajat maupun membersihkan diri di dalam kamar mandi. Jangan lupa setelah menyelesaikan semua itu, ada baiknya untuk membaca doa. Berikut merupakan beberapa adab saat berada di dalam kamar mandi.

1. Tidak Menghadap Kiblat Saat Buang Hajat

Ketika kita sedang buang hajat di dalam kamar mandi, ada baiknya untuk tidak menghadap ke arah kiblat. Bukan hanya sekedar itu saja, kita juga tidak disarankan untuk membelakangi arah kiblat. Nabi Muhammad SAW melarang kita untuk buang hajat menghadap kiblat maupun membelakanginya.

Menurut Mahzab Maliki, Syafi’I serta Hambali, buang hajat dengan menghadap kiblat dihukumi haram pada tempat terbuka. Akan tetapi, bisa berubah menjadi makruh apabila dilakukan di dalam ruangan tertutup. Pendapat ini pun dianggap kuat sebab mengkolaborasikan dua hadits sekaligus.

2. Masuk Menggunakan Kaki Kiri Terlebih Dahulu

Adab masuk ke dalam kamar mandi berikutnya yang perlu dilakukan adalah masuk menggunakan kaki kiri terlebih dahulu. Gunakan kaki kiri sebagai langkah pertama masuk ke dalam kamar mandi. Dengan demikian, hindari menggunakan kaki kanan saat memasuki kamar mandi.

Jadi, setelah melafalkan basmalah, berikutnya Anda perlu membaca doa untuk masuk ke dalam kamar mandi. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kaki kiri terlebih dahulu ke dalamnya. Hindari memasukkan kaki kanan lebih dulu.

3. Membuang Hajat di Lubang Toilet

Ketika Anda memasukki kamar mandi, maka sebaiknya manfaat lubang toilet untuk buang air kecil atau buang air besar. Jangan buang hajat pada bagian dinding maupun lantai kamar mandi. Sebaiknya gunakan kamar mandi sesuai dengan fungsinya secara baik.

Buang hajat di dinding atau lantai kamar mandi, dikhawatirkan menimbulkan percikan dimana-mana sehingga bisa menjadikan lingkungan kotor karena najis. Karena itulah sangat dianjurkan untuk buang hajat di lubang toilet.

4. Buang Hajat Sambil Jongkok

Saat buang air di dalam kamar mandi sebaiknya dilakukan dengan berjongkok. Hindari buang air sambil berdiri karena memang bisa menimbulkan percikan sehingga menjadikan lingkungan sekitar terkena najis.

Dengan berjongkok dan membuang hajat ke dalam lubang toilet maka akan menjadikan najis tidak kemana-mana. Karena itulah pastikan Anda bisa menerapkan adab di dalam kamar mandi ini secara baik.

5. Menuntaskan Buang Air

Ketika memang sedang berada di dalam kamar mandi dengan tujuan buang hajat, maka sebaiknya dituntaskan dengan baik. Yang dimaksudkan dengan menuntaskan buang air adalah dengan berdehem-dehem ketika mengakhiri proses buang hajat.

Di samping itu, juga terdapat cara lain untuk menuntaskan buang air dalam kamar mandi. Misalnya, dengan mengelus alat kelamin maupun perut. Hal ini dilakukan sehingga bisa menghindarkan diri dari sisa kotoran yang seharusnya terbuang.

6. Menggunakan Tangan Kiri

Saat buang hajat dan menyelesaikannya, pastikan Anda menggunakan tangan kiri. Bersihkan dengan baik dan siram menggunakan air sampai bersih. Pada saat ingin membersihkan tempat kotoran pun juga dilakukan dengan cara sama yakni memakai tangan kiri.

Jangan gunakan tangan kanan. Apabila saat ingin membersihkan diri namun tidak menemukan air, maka ada baiknya untuk coba menggunakan tiga buah batu maupun menggunakan tiga lembar tisu. Namun, jika merasa kurang bersih maka bisa menambahkan jumlah tisu.

Doa masuk kamar mandi perlu dilafalkan bagi Anda yang hendak masuk ke dalam kamar mandi. Saat berada di dalamnya pastikan Anda sudah melakukan adab dengan baik dan benar. Hindari melakukan pantangan saat berada di dalamnya. Setelah selesai, jangan lupa untuk membaca doa terlebih dulu.

Tinggalkan komentar