5 Lembaga Donasi Palestina Terpercaya serta Cara Donasinya

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebelum mengirimkan donasi untuk saudara-saudara Anda di bumi al-Quds sana, kamu perlu pastikan untuk mengirimnya hanya melalui penyalur donasi palestina terpercaya. 

Faktanya, ada juga oknum-oknum yang menyalahgunakan kepercayaan umat. Alih-alih bantuan sampai ke Palestina, yang terjadi justru donasi habis digunakan untuk kepentingan pribadi. Pasti kamu tidak mau kan?

Nah, kami sudah menghimpun 5 lembaga yang bisa menjadi tempat penyalur donasi untuk palestina yang terpercaya. Insya Allah, bantuan penuh keikhlasan yang kamu akan sampai lewat berbagai lembaga ini!

1. ACT

Donasi Palestina ACT

ACT atau Aksi Cepat Tanggap merupakan lembaga yang kiprahnya tak perlu diragukan dalam menangani berbagai permasalahan kemanusiaan. Baik dalam maupun luar negeri.

Khusus untuk masalah Palestina, ACT punya campaign ‚ÄėMari Rebut Kembali Palestina‚Äô yang bisa kamu ikuti secara langsung. Jika kamu tertarik ikut gabung, berikut cara donasi Palestina melalui ACT:

  • Buka situs ACT dalam program kemanusiaan untuk Palestina: ‚ÄėMari Rebut Kembali Palestina‚Äô
  • Nanti kamu akan menemukan form isian donasi. Kamu bisa isi dan memilih jumlah uang yang ingin kamu donasikan.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran yang tersedia lewat bank transfer dan virtual account. 

2. Dompet Dhuafa

Donasi Palestina Dompet Dhuafa

Lewat kampanye ‚ÄėJaga Palestina‚Äô, Dompet Dhuafa juga sudah bertahun-tahun membuka program penyaluran bantuan untuk Palestina.¬†

Kamu tak perlu ragu dengan lembaga ini, karena eksistensinya yang sudah mencapai puluhan tahun di Indonesia adalah jaminan bahwa Dompet Dhuafa cukup bisa kamu percaya.

Dompet Dhuafa juga punya pilihan jenis donasi. Mulai dari ‚Äėair bersih untuk gaza‚Äô, ‚Äėfood bank Palestine‚Äė, ‚ÄėAmbulan Palestina‚Äô, serta ‚ÄėBerbagi Harapan untuk Palestina‚Äô. Nantinya, donasi yang kamu keluarkan akan dialokasikan untuk jenis peruntukan donasi yang kamu pilih. 

Kalau kamu berminat ikut programnya, lakukan cara membantu Palestina lewat Dompet Dhuafa berikut:

  • Buka situs Dompet Dhuafa beriku: Jaga Palestina
  • Isi setiap kolom dalam form yang tersedia.
  • Lakukan transfer lewat metode pilihan transfer yang kamu pilih.

3. LazisMU

Donasi Palestina Lazismu

Bicara pengelolaan dana umat, Muhammadiyah sudah terbukti keamanannya. 

Organisasi yang sudah berdiri lebih dari 1 abad lamanya ini juga punya program ‚ÄėBantu Palestina‚Äô yang dijalankan melalui LazisMU (Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah) untuk memfasilitasi umat yang ingin berdonasi.

Saat artikel ini dibuat, Lazismu punya program pengadaan ambulan darurat yang mendesak untuk membantu rakyat Palestina. Kalau kamu mau ikut urun bantuan, ikut cara donasi Palestina lewat Lazismu berikut ini:

  • Buka halaman kampanye donasi milik LazisMu: Bantu Palestina.
  • Klik tombol donasi sekarang lalu isi form yang ada dengan lengkap.
  • Pilih metode transfer yang kamu inginkan lalu kirim uang ke sana.

4. DT Peduli

Donasi Palestina DT

DT atau Daarut Tauhid pimpinan K.H. Abdullah Gymnastiar atau sering dipanggil AA Gym, sejak lama punya concern yang sama tentang masalah yang ada di bumi al-Quds.

Lewat program ‚ÄėPeduli Saudara Muslim Palestina‚Äô, kamu juga bisa ikut menyumbang lewat DT. Bahkan, meskipun nominalnya kecil hanya Rp5.000. Adakah yang tertarik?

Kalau tertarik, lakukan langkah yang kami bagikan berikut ini!

  • Buka halaman donasi milik DT: Peduli Muslim Palestina 
  • Klik opsi ‚ÄėDonasi Sekarang‚Äô yang di halaman tersebut, lalu pilih nominalnya.
  • Terakhir, lakukan pembayaran setelah mengisi form yang disediakan oleh pihak DT Peduli.

5. Kita Bisa

Berbeda dengan empat lembaga di atas, Kita Bisa bukanlah lembaga yang langsung menyalurkan donasi, melainkan sebagai platform crowdfunding yang mempertemukan penyalur donasi serta pemberi donasi.

Jadi, kamu yang ingin menyumbang lewat Kita Bisa, bisa mencari terlebih dahulu lembaga yang membuka donasi Palestina. Lalu, pilih kirimkan bantuan lewat Kita Bisa dan nantinya donasi akan disalurkan oleh lembaga yang mengadakan kampanye donasi pilihanmu.

Untuk menjaga penyalahgunaan, Kita Bisa sudah memiliki sistem verifikasi untuk memastikan lembaga penyalur donasi yang membuat kampanye di Kita Bisa bukan lembaga bohongan.

Di luar kelima cara donasi Palestina di atas, masih banyak sebenarnya tempat dan lembaga lain yang bisa kamu manfaatkan. Namun, untuk keamanan, tetap selalu pastikan penyelenggara donasi adalah pihak yang benar-benar amanah. 

Oke? Mudah-mudahan bantuanmu dibalas berlipat kebaikan oleh Allah SWT! Aamiin.

Tinggalkan komentar