Apakah Jerawat Bisa Menghapus Dosa? Begini Penjelasannya

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Beberapa saat lalu, dunia maya digemparkan dengan sebuah pernyataan yang cukup menggelitik. Pernyataan tersebut menyebut bahwa jerawat yang ada pada diri manusia dapat menghapus dosa. Timbul pertanyaan, apakah jerawat bisa menghapus dosa? Penasaran kan? Simak ulasan pesantren terbaik berikut ini:

Jerawat, Apakah Itu?

Sudah sangat diketahui, bahwasanya jerawat merupakan salah satu dari berbagai penyakit kulit yang menimpa manusia. Jerawat sendiri merupakan penyakit kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Tepatnya, jerawat terjadi saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya, orang yang jerawatan akan merasa insecure dan tidak percaya diri saat bertatap muka dengan orang lain.

Meskipun penyebabnya sudah diketahui, masih saja ada banyak orang yang menganggap bahwasanya jerawat itu diakibatkan oleh adanya orang yang suka kepada diri kita. Tentu hal ini adalah suatu hal yang keliru. Karena pendapat tersebut sangat tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. So, kesimpulannya adalah bahwasanya jerawat merupakan penyakit kulit yang menyerang manusia.

Apakah Jerawat Bisa Menghapus Dosa?

Di bagian sebelumnya, kita sudah sepakat bahwasanya jerawat merupakan salah satu penyakit. Nah, islam sendiri memandang bahwasanya setiap penyakit yang menimpa seorang hamba akan menjadi penghapus (kafarat) dosa baginya. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan keletihan, kehawatiran dan kesedihan, dan tidak juga gangguan dan kesusahan bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya.” (HR. Bukhari)

Hadits tersebut menggambarkan dengan sangat jelas, bahwa setiap penyakit yang menimpa manusia merupakan penebus dosa bagi seorang hamba. Di dalam hadits tersebut juga tidak menunjukkan makna penyakit tertentu, sehingga kalimat penyakit di dalam hadits ini dapat berlaku bagi segala macam penyakit. Bahkan hadits tersebut juga menyebut bahwa duri yang melukai tubuh seseorang pun akan menjadi penebus dosa baginya. Terkena duri saja akan menghapus dosa, apalagi tentu dengan penyakit jerawat.

Semakin banyak jerawat yang menimpa seorang manusia, baik itu yang ada di pipi, hidung, dahi, pundak, kepala, dan berbagai daerah tubuh lainnya, maka peluang terhapusnya dosa semakin besar. Karena itulah, jangan sampai Anda menjadi insecure dengan jerawat yang dimiliki. Justru harusnya berbahagia, sebab dosa-dosa Anda akan terhapuskan.

Hanya saja tentu tidak semua jenis dosa akan terhapuskan. Sebab terdapat banyak jenis dosa lainnya yang hanya bisa terhapus dengan melakukan taubatan nasuha. Selain itu juga jangan sampai karena Anda memiliki banyak jerawat, akhirnya malah justru melakukan banyak aktivitas maksiat. Mau bagaimanapun keadaannya, yang namanya maksiat harus tetap dijauhi dan tinggalkan.

Doa Menghilangkan Jerawat

Terakhir, bagi yang masih merasa tidak pede dengan adanya jerawat, ada baiknya untuk mengamalkan doa menghilangkan jerawat berikut ini:

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allahumma muthfi’al kabir wa mukbira shaghiri athfi’ha anni.

Artinya: “Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku.” (HR. An-Nasa’i).

Nah sesuai artinya, selain dapat menghilangkan jerawat, doa ini juga insya Allah mampu menghilangkan penyakit bisul yang menimpa diri.

Khatimah

Kesimpulannya, jerawat merupakan penyakit, dan dalam islam segala macam penyakit insya Allah akan menghapus dosa penderitanya. Hanya saja, jangan sampai malah gemar bermaksiat karena tau dosanya akan terhapus. Wallaahu A’lam

Baca Juga:

11 Cara Menghapus Dosa Zina, Insya Allah Diampuni

Tinggalkan komentar