Download Kitab Maulid Al Barzanji Lengkap PDF

Banyak orang mencari bacaan Al Barzanji lengkap PDF untuk mempelajari dan meneladani biografi Nabi Muhammad. Mulai dari sejarah, kisah-kisah ahwal, hingga sifat-sifat Rasulullah yang jarang orang ketahui. Banyak orang membacanya saat pengajian, khitanan, peringatan Maulid Nabi, dll.

Kitab Al Barzanji sendiri awalnya berjudul “Iqd Al-Jawahir” yang artinya kalung permata. Lalu, banyak orang menyebutnya Al Barzanji yang merujuk pada nama penulisnya, yaitu Sayyid Ja’far bin Hasan Al Barjanzi. Siapakah Al Barzanji dan apa saja isi kitab yang beliau tulis? Simak ulasan berikut ini.

Intisari Bacaan Al Barzanji Lengkap PDF

Intisari Bacaan Al Barzanji Lengkap PDF

Kitab Maulid Barzanji berisi kisah perjalanan Rasulullah yang ditulis dengan gaya prosa dan syair yang indah. Sistematika penulisannya juga berurutan, dari sejarah awal nabi hingga akhir waktunya. Pembaca pun dapat membacanya dengan mudah dan terkagum-kagum oleh keindahan sajaknya.

Sebelum mengunduh kitabnya dan mulai membacanya, ketahui terlebih dahulu intisari atau isi kandungan dalam bacaan Al Barzanji. Secara umum, kitab ini mengisahkan sejarah dan perjalanan Rasulullah SAW semasa hidupnya, antara lain:

1. Silsilah Nabi

Kitab ini menggambarkan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari silsilah keluarganya terlebih dahulu. Bahwa Rasulullah keturunan Abdullah. Abdullah keturunan dari Abdul Muthalib bin Hasyim. Hasyim merupakan keturunan Abdu Manaf bin Qushai, dst.

2. Keistimewaan Nabi Muhammad di Masa Kecil

Sejak lahir di dunia, Nabi Muhammad telah memiliki banyak keistimewaan yang membedakannya dengan manusia lainnya. Mulai dari air bersih yang mengalir dari jarinya, pembelahan dada nabi oleh malaikat Jibril, terbelahnya bulan, dan masih banyak lagi.

3. Kegiatan Nabi Muhammad dalam Berniaga

Selain menjadi pemimpin muslim, Rasulullah juga terkenal sebagai seorang saudagar. Dalam kitab ini juga menceritakan bagaimana kisah nabi ketika ikut pamannya berniaga ke Syam Suriah saat masih berusia 12 tahun. Nabi pun senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dalam kegiatan jual beli tersebut.

4. Pernikahan Nabi Muhammad

Pernikahan Nabi Muhammad terjadi saat beliau berusia 25 tahun. Saat itu Rasulullah menikahi Sayyidah Khadijah binti Khuwailid yang berusia 40 tahun. Khadijah merupakan sosok wanita yang setia, penyayang, dan selalu berada di sisi Rasulullah saat beliau berdakwah ke berbagai daerah.

5. Pengangkatan Muhammad Menjadi Rasul

Di usianya yang ke-40, Allah mengangkat Muhammad menjadi rasul. Saat itu Nabi Muhammad menerima wahyu dari malaikat Jibril berupa surat Al-Alaq ayat 1-5 di Gua Hira. Sejak saat itulah Nabi Muhammad mulai menyebarkan agama Islam ke berbagai penjuru negeri hingga usianya 62 tahun.

6. Kisah Wafatnya Rasulullah

Kitab ini juga berisi kisah wafatnya Rasulullah yang meninggal di Madinah setelah Allah menganggap dakwahnya telah sempurna. Di akhir hayatnya, Rasulullah sering mengalami sakit dalam beberapa waktu. Hingga akhirnya meninggal dunia pada tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun 11 Hijriah.

Baca: Download Ratib Al Haddad PDF

Tentang Penulis Kitab Al Barzanji

Tentang Penulis Kitab Al Barzanji

Kitab Al Barzanji yang indah dan penuh hikmah itu tidak ditulis oleh orang sembarangan. Pengarangnya adalah Sayyid Ja’far bin Hasan Al Barjanzi. Beliau merupakan orang kelahiran Madinah pada tahun 1103 H/ 1690 M dan wafat tahun 1180 H/ 1766 M.

Sayyid Ja’far merupakan ulama besar yang terkenal akan ilmu dan amalan sholehnya. Beliau juga seorang imam dan guru besar yang berdakwah di masjid Nabawi. Tentu keilmuannya tak diragukan lagi. Apalagi, beliau juga termasuk keturunan Rasulullah dari keluarga Sadah Al Barzanji.

Penulis kitab Iqd Al-Jawahir ini memiliki riwayat pendidikan yang patut menjadi teladan. Sejak kecil, Sayyid Ja’far telah mempelajari Al-Quran dan senantiasa memperbaiki bacaannya dengan ilmu tajwid dari Syekh Yusuf. Beliau juga mempelajari ilmu agama dan syariat Islam dengan baik.

Ketika menginjak dewasa, Sayyid Ja’far berhijrah dan memilih untuk menetap di Makkah sekitar 5 tahun. Di sanalah beliau mendalami ilmu agama dan belajar langsung dari para ulama termasyhur pada masanya.

Tidak hanya rajin belajar, Sayyid Ja’far juga aktif menulis banyak kitab sebagai salah satu bentuk dakwahnya menyiarkan Islam. Kitab Iqd Al-Jawahir atau Maulid Al Barjanzi menjadi salah satu kitabnya yang paling terkenal. Dalam karyanya itu tergambar sifat keluhuran budi yang menginspirasi

Baca: Kitab Alfiyah Ibnu Malik

Keutamaan Membaca Bacaan Al Barzanji Lengkap PDF

Alasan mengapa banyak perkumpulan yang mengadakan kegiatan membaca kitab Al Barzanji bukanlah tanpa alasan. Sebab, membaca kitab ini membawa banyak manfaat bagi pembacanya, antara lain:

1. Mengamalkan Sholawat Kepada Rasulullah

Mengamalkan Sholawat Kepada Rasulullah

Kitab Al Barzanji berisi banyak doa dan pujian kepada Rasulullah, sehingga ketika membacanya sama halnya dengan bersholawat pada nabi. Membaca shalawat dapat mendekatkan diri kita pada Rasulullah dan berpeluang mendapatkan syafaat Rasulullah.

Membaca shalawat juga menjadi salah satu bentuk amalan baik untuk memperoleh rahmat dan kemuliaan dari Allah. Kegiatan ini bisa menjadi kebiasaan positif yang dapat menghindarkan kita dari hal-hal buruk yang tidak berguna.

Seperti firman Allah SWT yang tertulis:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Surat Al-Ahzab ayat 56).

2. Usaha Mendekatkan Diri pada Allah

Usaha Mendekatkan Diri pada Allah

Dengan bersholawat mendekatkan diri pada Rasulullah, maka kegiatan tersebut juga bisa menjadi upaya mendekatkan diri pada Allah. Hati pun menjadi terasa lebih tenang dan tentram ketika mengingat Allah. Kegiatan ini sekaligus dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah.

Baca: Kitab Arbain Nawawi

3. Mempelajari dan Meneladani Kisah Rasulullah

Mempelajari dan Meneladani Kisah Rasulullah

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa kitab ini berisi kisah perjalanan Rasulullah. Ketika membacanya, otomatis pengetahuan kita tentang Rasulullah semakin bertambah. Kita pun bisa meneladani kisah Rasulullah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai umat muslim tentu kita juga butuh pengetahuan lebih tentang kisah Rasulullah. Mulai dari bagaimana kisah perjuangan beliau saat berdakwah, mukjizat yang Allah berikan, hingga kebiasaannya sehari-hari dalam berniaga atau memperlakukan istrinya.

4. Sebagai Alternatif Bacaan yang Bermanfaat

Sebagai Alternatif Bacaan yang Bermanfaat

Jika selama ini kita jarang membaca buku, maka inilah salah satu sumber bacaan yang bagus. Atau jika selama ini sudah aktif membaca, tapi masih seputar buku-buku umum, maka kitab Al Barzanji bisa menjadi alternatif bacaan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan iman.

5. Menghidupkan Agama Islam

Menghidupkan Agama Islam

Dengan membaca kitab Al Barzanji, maka amalan tersebut bisa menjadi salah satu media untuk menghidupkan agama Islam. Apalagi jika membacanya dalam forum, kajian, atau perkumpulan dengan banyak orang. Kegiatan itu pun bisa menjadi syiar yang bagus dalam mengenalkan Islam.

Baca: Kitab Tafsir Jalalain

Link Download Bacaan Al Barzanji Lengkap PDF

Link Download Bacaan Al Barzanji Lengkap PDF

Setelah mengetahui intisari bacaan Al Barzanji lengkap PDF, lebih baik langsung unduh dan baca bukunya secara gratis lewat link berikut. File berikut memuat isi kitab dalam bahasa Arab. Jadi pastikan Anda dapat membaca dan memahaminya dengan baik.

  • Judul Kitab: Iqd Al-Jawahir fii Maulidi an-Nabiyyi al-Azhar (Kitab Al-Barzanji)
  • Penulis: Sayyid Ja’far bin Hasan al Barjanzi
  • Penerbit: Maktabah Al-Madinah
  • Kota Terbit: Karatasi – Pakistan
  • ISBN: 978-969-631-990-0
  • Jumlah halaman: 26 Halaman
  • Ukuran file: 10.08 MB

Link Download: Google Drive

Download bacaan Al Barzanji lengkap PDF di atas untuk mempelajari sejarah dan kisah-kisah Rasulullah yang penuh teladan. Tidak hanya untuk memperingati Maulid Nabi saja, tapi semoga dapat menambah pengetahuan, keilmuan, sekaligus teladan yang baik untuk menjalani kehidupan.

Tinggalkan komentar