Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh PDF

Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh PDF merupakan versi digital dari kitab karangan Sayyid Muhammad Al-Maliki. Berisikan tentang aturan kehidupan berumah tangga yang dikemas dengan gaya bahasa singkat dan termasuk kitab yang sederhana serta praktis.

Sesuai namanya, kitab ini membahas sekitar 47 topik mengenai fikih keluarga. Mulai dari khitbah, pernikahan, cara memilih pasangan yang ideal, pengasuhan anak, hingga topik mengenai aborsi. Kitab ini terbagi menjadi 4 bagian yang membahas kajian histori pra-Islam sampai kasuistik fikih perempuan.

Ringkasan Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh PDF

Ringkasan Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh PDF

Islam memberikan perhatian sangat besar terhadap peran keluarga. Hal ini membuat para ulama terdahulu menjadikan topik ini sebagai pembahasan pada berbagai literatur kitab. Untuk mengenal lebih dalam mengenai Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh, berikut ini ulasannya:

1. Keluarga Pra-Islam

Kitab ini diawali dengan pembahasan peradaban umat manusia sebelum Islam datang. Dimana perempuan dianggap sebagai kaum yang terhina. Pada masa itu digambarkan sebagai masa kegelapan yang dialami oleh seluruh umat termasuk perempuan.

Bangsa Yunani serupa dengan bangsa di India, yang memperlakukan wanita layaknya barang komoditi yang diperjualbelikan di pasar khusus. Sedangkan di Eropa, wanita tidak memiliki hak pribadi, dia tidak boleh memiliki harta maupun berkiprah di dunia ranah publik

Adapun bangsa Arab menganggap wanita sebagai lebih hina, bahkan tradisi di masyarakat pada masa itu mengubur hidup-hidup bayi perempuan yang baru lahir. Selain itu, wanita saat itu tidak diberikan hak waris. Jika mendapat warisan pun diberi secara terpaksa.

Lebih parah lagi, bangsa Arab Jahiliyah pada saat itu mewariskan istrinya pada anak laki-lakinya. Sehingga seorang anak dapat meniduri bekas istri dari ayahnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum Islam datang tatanan keluarga di masyarakat begitu rusak dan gelap.

2. Perhatian Islam Terhadap Keluarga

Pada bagian selanjutnya dari Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh PDF penulis menjabarkan mengenai persoalan yang sering terjadi dalam lingkup keluarga. Kemudian menelaahnya dari sudut pandang ajaran Islam. Tentunya dengan tujuan agar keluarga muslim tetap dalam kebaikan.

Sebagai agama yang sempurna Islam mengatur seluruh tatanan kehidupan manusia, termasuk dalam sebuah keluarga. Islam menetapkan setiap hak dan kewajiban satu sama lainnya serta aturan yang lainnya. Ketika aturan tersebut tidak dilaksanakan niscaya kerusakan yang akan terjadi.

Pada bagian ini penulis menjelaskan permasalahan mulai dari talak atau perceraian. Kasus ini paling banyak ditemui di masyarakat dengan berbagai macam permasalahan. Adanya perpisahan dalam sebuah keluarga menyebabkan perpecahan dan hilangnya kasih sayang satu sama lain.

Selain perceraian permasalahan yang paling umum dalam masyarakat adalah anak-anak yang durhaka kepada orang tuanya. Hal ini sangat dilarang dalam Islam, sebab Allah memerintahkan kepada manusia untuk bersikap lemah lembut dan berbakti kepada kedua orang tua.

Hingga Allah dan Rasulnya banyak menuturkan perihal ini dalam Alquran dan Hadits. Di jaman sekarang, begitu banyak anak yang tidak memiliki adab dan kurang rasa hormat kepada orangtua.

Perkara lainnya yang dibahas dalam kitab ini adalah memutus tali silaturrahim dan permasalahan zina. Perbuatan ini termasuk salah satu yang dapat merusak kehidupan dalam keluarga.

3. Cara Islam mengatur Kehidupan Manusia

Islam hadir sebagai agama yang memberikan keselamatan dan rahmat bagi seluruh alam. Setiap aturan yang dibuat merupakan solusi bagi setiap permasalahan umat manusia dari dahulu hingga sekarang dan tidak akan berubah hingga akhir zaman.

Berbagai permasalahan di atas merupakan sebagian dari problematika yang dihadapi keluarga. Hal tersebut telah diatur solusinya dalam Alquran maupun Hadits. Mulai dari pengokohan keimanan hingga perkara hak dan kewajiban yang diatur secara hukum syara.

Aturan Islam yang sempurna ini Allah SWT turunkan tidak lain untuk menjaga keutuhan keluarga dan meletakkannya pada derajat yang paling mulia. Islam memandang keluarga sebagai bagian dari masyarakat yang harus dijaga keutuhannya agar tidak menimbulkan kerusakan.

Islam telah menetapkan hak dan kewajiban bagi suami dan istri maupun anak dengan orang tua. Selain itu Islam melarang perbuatan keji dan mungkar, karena keluarga merupakan salah satu peran terpenting dalam masyarakat.

Download Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Ushroh PDF

Download Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Ushroh PDF

Untuk mengetahui lebih lengkap isi dari Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Ushroh dalam format PDF, Anda dapat download melalui link dibawah ini. Melalui kitab tersebut, Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai aturan Islam dalam menyelesaikan permasalahan dalam rumah tangga.

Sebagai agama yang sempurna, Islam memberikan aturan yang lengkap termasuk dalam permasalahan keluarga. Dalam kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh ini Anda dapat mengetahui bagaimana cara Islam mengatur kehidupan manusia di ranah keluarga dan masyarakat.

Tinggalkan komentar