Download Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF

Mempelajari kaidah fiqih adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam dan untuk itu, ada banyak sekali kitab yang bisa dibaca salah satunya ialah Al Asybah wa An Nadhair. Kabar baiknya, sekarang sudah ada Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF yang membuat proses belajar jadi lebih mudah.

Kitab ini sendiri adalah karya dari seorang ulama yang dikenal produktif dalam menghasilkan karya. Beliau adalah Imam Jalaluddin As Suyuthi dan walaupun banyak juga kitab yang membahas disiplin ilmu yang sama, Kitab Al Asybah wa An Nadhair karya beliau termasuk kitab yang sangat menarik.

Histori Judul dan Isi Kitab Al Asybah wa An Nadhair

Histori Judul dan Isi Kitab Al Asybah wa An Nadhair

Histori Penggunaan Judul Al Asybah wa An Nadhair

Sejatinya, kitab yang berjudul Al Asybah wa An Nadhair cukup banyak dan karya Imam Jalaluddin As Suyuthi hanyalah salah satunya. Kalau berdasarkan sejarah, istilah Asybah wa Nadhair ini dicetuskan oleh Khalifah Umar bin Khattab.

Pada masa itu, beliau menyampaikan surat kepada gubernur Homs yakni Abu Musa Al – Asy’ari yang isinya adalah ketika ada permasalahan yang tidak dijelaskan di dalam Al-Qur’an maupun hadits, maka kenalilah contoh-contoh beserta padanannya (al amtsal wa al asybah).

Setelah itu, cocokkanlah dan berpegangan kepada apa yang paling disukai oleh Allah SWT serta cocokkan dengan yang benar sesuai pendapatmu. Ini menunjukkan bahwasanya istilah asybah wa nadhair itu pada awalnya merupakan model berpikir logis sederhana.

Ini merupakan ciri khas dari saintifikasi Islam dalam menjawab sebuah masalah. Meskipun sederhana, namun kontribusinya begitu besar dalam pembentukan khazanah pengetahuan Islam. Melalui metode ini pula, khazanah pengetahuan Islam jadi mengalami perkembangan.

Isi dan Bahasan Kitab Al Asybah wa An Nadhair

Kitab Al Asybah wa An Nadhair dimulai dengan muqoddimah. Selain muqoddimah, di dalamnya terdapat tujuh pokok bahasan sekaligus. Masing-masing pokok bahasan tersebut dilengkapi dengan rincian dan penjelasan yang lebih luas. Adapun ketujuh pokok bahasan tersebut sebagai berikut.

  1. Lima kaidah dasar yang menjadi rujukan atas seluruh problematika fiqih. Imam Jalaluddin As Suyuthi menyampaikan bahwasanya kalau dalam Mazhab Syafi’I, kaidah dasar ini adalah hasil perampingan dari tujuh belas kaidah yang sudah digagas di dalam Mazhab Hanafi
  2. Kaidah-kaidah lainnya yang muncul sebagai akibat atau konsekuensi dari kaidah dasar. Dalam pembahasan ini, disinggung mengenai 40 kaidah umum sekaligus yang menghasilkan bagaimana gambaran hukum atas kasus yang sifatnya parsial
  3. Kaidah-kaidah yang di dalamnya terdapat perbedaan di antara para ulama mengenai keabsahannya. Dalam pembahasan ini disinggung soal kaidah yang menjadi perselisihan tanpa ditarjih karena terdapat beragam pandangan mengenai cabang masalah
  4. Hukum-hukum yang sering terjadi dan memang sudah selayaknya diketahui oleh pakar hukum atau faqih, beserta orang yang hendak berfatwa
  5. Tinjauan umum mengenai pembahasan fiqih. Dalam pembahasan ini disinggung mengenai persoalan fiqih yang dibahas secara singkat. Contoh dalam hal ini adalah acuan umum tentang zakat, masalah kiblat, adzan, sholat, air, mandi, tayamum, wudhu, bersuci
  6. Membahas konsep-konsep yang rancu serta perbedaan pendapat dari para ulama di dalamnya. Ini disebabkan adanya perbedaan mengenai dua istilah yang secara kesan terlihat sama, padahal sebenarnya memiliki konsekuensi hukum yang berbeda
  7. Tema-tema lainnya yang di dalamnya ada perbedaan di antara para ulama. Pembahasan ini menyinggung soal perbandingan kasus yang terjadi akibat adanya kesamaan konteks dengan problematika dalam fiqih maupun bahasa

Download Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF

Download Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF

Kitab Al Asybah wa An Nadhair termasuk kitab kaidah fiqih Mazhab Syafi’i. memang kitab semacam ini ada banyak namun kitab karya Imam Jalaluddin As Suyuthi diketahui memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya adalah penulisannya yang lebih ringkas.

Selain itu, pemaparannya juga dilengkapi dengan analisis yang kritis serta ada perbandingan antara pendapat dan ini menunjukkan ciri khas serta kepiawaian sang penulis. Sebagaimana Kitab Al Asybah wa An Nadhair yang asli, Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF juga memuat tujuh pokok bahasan.

(link akan di update jika sudah ada versi Terjemah Indonesia-nya)

Kitab Al Asybah wa An Nadhair menunjukkan kepiawaian Imam Jalaluddin As Suyuthi dalam membuat ringkasan dari berbagai referensi dan literatur tanpa mengurangi esensi serta kualitas isinya. Inilah yang membuat kitab ini sangat menarik untuk dipelajari.

Mempelajarinya pun menjadi sangat mudah karena bisa dilakukan di mana saja melalui Kitab Al Asybah wa An Nadhair PDF. Yuk download sekarang juga.

Tinggalkan komentar