Download Kitab Al Hikam PDF

Kitab Al Hikam PDF saat ini banyak dibutuhkan untuk para santri atau siswa yang sedang mempelajari kata-kata bijak terkait akhlak, hati dan hubungan dengan Allah SWT sebagai Sang Pencipta. Kitab ini menjadi kitab tasawuf yang sudah masuk ke dalam tingkat tinggi.

Biasanya, Kitab Al Hikam ini dikaji oleh orang-orang dewasa, santri pesantren, dan kelompok majelis taklim. Pembahasan yang kompleks dan butuh perhatian lebih tentunya membuat kitab ini wajib untuk dimiliki. Berikut ini akan diuraikan penjelasan dan link unduhan kitab tersebut.

Mengenal Kitab Al Hikam Lebih Jauh

Mengenal Kitab Al Hikam Lebih Jauh

Pengertian Kitab Al Hikam adalah sebuah kitab yang menjadi acuan tasawuf bagi umat Islam dan sangat dianjurkan untuk dibaca oleh orang dewasa dan kalangan yang sudah berumur. Kitab ini merupakan karya utama dari Ibnu Atha’illah As-Sakandari.

Ibnu Atha’illah As-Sakandari sendiri merupakan seorang ulama termasyhur asal Mesir yang lahir pada tahun 648 Hijriah atau setara dengan 1250 Masehi. Ia juga termasuk tokoh Tarekat Syadziliyah yang sangat terkemuka di dunia.

Ia juga menjadi penganut Mazhab Maliki di bidang fiqih dan menjadi penganut Mahzab Syadziliyah dalam bidang tasawuf. Puluhan karya terbaiknya selain Kitab Al Hikam sangat-lah bervariasi, mulai dari bidang tasawuf, tafsir, akidah, ushul fiqih, nahwu dan masih banyak lagi.

Isi Kitab Al Hikam

Isi Kitab Al Hikam

Pada umumnya, Kitab Al Hikam PDF berisi hikmah kehidupan yang bisa menjadi teladan. Beberapa isi kitab ini yang wajib untuk dipahami diantaranya adalah:

1. Tanda untuk Bergantung pada Amal

Maksud hikmah pertama ini adalah tanda bergantungnya manusia pada amal ibadah yang ia kerjakan adalah apabila berkurangnya harapan terhadap rahmat yang diberikan oleh Allah saat mengalami kegagalan atau perbuatan dosa.

2. Keinginan dalam Hal Duniawi

Penjelasannya adalah keinginan untuk tajrid atau menyepi dalam hal meninggalkan keinginan duniawi seperti mencari rezeki, padahal Allah sudah menentukan asbab (usaha yang telah Allah bekali kepada manusia dengan cara penghidupan).

Ini termasuk ke dalam bisikan syahwat yang samar, sehingga keinginan untuk melakukan asbab sudah Allah tempatkan pada kedudukan tajrid.

3. Mempunyai Keinginan yang Kokoh

Keinginan yang kokoh adalah keinginan yang ingin dicapai dan tidak bisa menembus dinding takdir yang sudah ditetapkan. Untuk itu, tetaplah berdoa dan memohon yang terbaik kepada Allah SWT. Suatu saat pasti akan dikabulkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Pengaturan Urusan Duniawi

Seseorang harus diberikan waktu istirahat dalam melakukan tadbir (mengatur urusan dalam hal duniawi) dengan bersusah payah, sehingga sesuatu yang sudah diurus selain dirimu sudah diurus oleh Allah SWT. Jadi tidak perlu lagi untuk ikut mengurusnya.

5. Perkara Butanya Mata Hati

Saat kesungguhan dalam mengejar sesuatu yang sudah dijamin oleh Allah dan melakukan kelalain yang dibebankan, maka itu adalah tanda butanya bashirah atau mata hati.

6. Pemberian dari Allah SWT

Apabila terlambat datangnya pemberian Allah meskipun sudah dimohonkan berulang kali, maka jangan sampai hal tersebut membuat patah harapan atau putus asa. Sebab sesuatu sudah Allah tetapkan dan dijamin untuk dikabulkan.

Yakinlah bahwa sesuatu tersebut sesuai dengan pemberian terbaik dari Allah, bukan menurut keinginan sendiri. Allah akan menghendaki pada waktu yang tepat, bukan pada waktu yang diinginkan.

7. Yakinlah dengan Janji Allah

Jika sesuatu yang sudah Allah janjikan belum terlaksana, maka jangan sampai itu membuat hati menjadi ragu terhadap janji tersebut. Hal ini Allah lakukan agar tidak memudarkan pandangan mata hati dan selalu memancarkan cahaya di dalam hari.

8. Jalan dalam Mengenal Allah SWT

Pada saat Allah membukakan salah satu jalan makrifat bagi manusia, maka jangan hiraukan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Allah membukakan pintu bagi manusia karena ingin memperkenalkan diri pada manusia.

Download Kitab Al Hikam PDF

Download Kitab Al Hikam PDF

Di bawah ini sudah tersedia file PDF Kitab Al Hikam yang akan memudahkan dalam mempelajari kitab tersebut. Adanya berkas kitab ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran dan panduan dalam memahami setiap kata-kata bijak dan materi tasawuf yang dijabarkan oleh Ibnu Atha’illah As-Sakandari.

Berikut kami bagikan link download kitab terjemah Al-Hikam dengan format PDF, baik dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.

Kami sertakan juga Al-Hikam yang disyarahi oleh Sayid Ramadan al-Buti dan Al-Hikam yang disyarahi oleh al-Athaiyah Abdul Majid.

Download Terjemah Al-Hikam format PDF
Download Terjemah kitab Al-Hikam versi Scanned Book
Download Terjemah Al-Hikam versi Bahasa Inggris oleh Abdul Hamid Salih Hamdan
Download Kitab Matan Al-Hikam versi Bahasa Arab
Download Kitab Al-Hikam versi Bahasa Indonesia Salim Bahreisy
Download Syarah Al-Hikam oleh al-Athaiyah Abdul Majid
Download Syarah Kitab Al-Hikam oleh Nuruddin Barikani
Download Syarah Kitab Al-Hikam oleh Ali Baris
Download Syarah Al-Hikam oleh Imam Abdul Halim Mahmud

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui seberapa penting pemahaman dan kebutuhan terkait Kitab Al Hikam PDF. Segudang ilmu yang bisa dipetik dari kitab ini bisa diterapkan dalam kehidupan agar terus belajar dan menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan komentar