Download Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF

Ibnu Sina menjadi salah satu tokoh besar umat Islam terutama karena sumbangsih beliau melalui Kitab Al Qanun fi Ath Thib. Kabar baiknya, sekarang Anda sudah bisa download Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF kalau ingin mendapatkan ilmu kedokteran dari beliau.

Ibnu Sina yang juga dikenal sebagai Avicenna kalau di dunia barat merupakan seorang ilmuwan. Beliau juga mendapatkan predikat sebagai bapak ilmu kedokteran. Kitab karya beliau ini bahkan sudah menjadi sumber pengetahuan di bidang medis selama berabad-abad lamanya.

Informasi Singkat Tentang Ibnu Sina dan Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF

Informasi Singkat Tentang Ibnu Sina dan Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF

1. Siapa Itu Ibnu Sina

Ibnu Sina memiliki nama lengkap Abu Ali Al – Husayn Ibn ‘Abdallah Ibn Sina. Beliau lahir pada tahun 980 di Desa Kharmaitan, dekat Bukhara (Uzbekistan) dan diketahui wafat pada 1037 di Hamadan (Iran). Semasa muda, beliau membaca sekaligus menghafalkan Alquran.

Tidak hanya itu, beliau juga menghafalkan banyak syair Arab serta tertarik dengan ilmu logika. Beliau membaca karya milik filsuf Yunani seperti Aristoteles dan Plato. Saat usia beliau mencapai 13 tahun, beliau mulai mencoba mendalami ilmu kedokteran.

Bahkan, tiga tahun setelahnya, Ibnu Sina sudah ikut menangani orang sakit. Beliau mendapat kesempatan besar ketika Sultan Bukhara jatuh sakit. Para dokter di istana tidak ada yang sanggup menangani penyakit beliau dan Ibnu Sina-lah yang berhasil menyembuhkan sultan.

Sultan kemudian mengapresiasi beliau dengan memberikan akses ke perpustakaan kerajaan. Ini adalah kesempatan yang tidak bisa diperoleh semua orang pada masa itu. Di perpustakaan yang menyimpan banyak koleksi buku inilah beliau kemudian mendapatkan berbagai ilmu.

2. Kitab Al Qanun fi Ath Thib Menjadi Karya Fenomenal

Kitab Al Qanun fi Ath Thibb menjadi salah satu karya beliau yang fenomenal. Kitab ini mulai ditulis pada 1012 ketika beliau berada di Jurjan, Iran. Dalam kitab tersebut, beliau memadukan pengetahuan yang berasal dari berbagai sumber mulai dari Islam, Yunani hingga Romawi.

Kitab ini sudah dijadikan rujukan ilmu pengetahuan bidang medis yang digunakan sekolah-sekolah medis di Eropa. Pengaruh kitab ini bahkan juga sangat terasa di seputaran Asia Tengah serta kawasan Arab. Untuk saat ini, Kitab Al Qanun fi Ath Thibb telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Diantaranya adalah bahasa Ibrani, bahasa Cina, bahasa Urdu, bahasa Prancis, bahasa Inggris dan bahasa Latin. Kitab ini menuai banyak pujian, bukan hanya karena gaya bahasa yang begitu indah namun juga memuat terobosan baru di bidang medis.

3. Isi Kitab Al Qanun fi Ath Thib PDF

Al Qanun fi Ath Thibb memiliki lima bagian dengan bagian pertama yang membahas masalah umum dalam bidang kesehatan. Terlebih dahulu beliau menjelaskan mengenai alam beserta unsur-unsurnya, baru setelah itu dibahasnyalah anatomi tubuh manusia.

Lebih lanjut lagi, kitab membahas tentang penyebab munculnya penyakit sekaligus dengan gejala pada saat seseorang terkena penyakit. Dalam kitab ini juga ada pembahasan tentang jenis-jenis penyakit, kebersihan, makanan, kesehatan dan juga kematian.

Pada bagian selanjutnya akan dibahas berbagai aspek kesehatan lainnya seperti berikut.

  • Bagian 2 berisi obat-obatan tunggal
  • Bagian 3 berisi penyakit-penyakit yang spesifik pada organ
  • Bagian 4 berisi penyakit-penyakit yang tidak spesifik pada organ
  • Bagian 5 berisi tentang hal yang disebut dengan the formulary and aqrabadhin

Sedangkan pada versi terjemahannya dalam Bahasa Inggris tahun 1996, bagian 1 dilengkapi dengan 3 lampiran sekaligus. Ketiga lampiran tersebut ialah pertama ringkasan yang sifatnya umum dan yang kedua informasi mengenai tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Hal ini juga mencakup glosarium yang isinya adalah berbagai tanaman yang dapat menyembuhkan yang sudah disebutkan di bagian 1, nama-namanya di pasaran serta bagian-bagian tanaman yang bisa dipakai sebagai obat. Adapun mengenai versi Kitab Al Qanun fi Ath Thibb versi PDF isinya juga sama dengan kitab aslinya.

Download Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF

Download Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF

Kalau Anda tertarik untuk mendownloadnya, berikut link yang dapat dikunjungi.

Silahkan download Kitab Al Qanun fi Ath Thibb PDF melalui link-link di atas. Kini, Anda bisa mempelajari karya fenomenal Ibnu Sina kapan saja dan di mana saja dengan mudah. Kitab ini sendiri hingga saat ini masih dijadikan sebagai buku ajar di sejumlah perguruan tinggi.

Mengingat kontribusi Ibnu Sina dalam dunia medis, rasanya tidak heran ya kalau beliau mendapatkan julukan ‘pangerannya para dokter’. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kedudukan beliau di bidang kedokteran.

Tinggalkan komentar