Download Kitab Ar Ruh PDF

Ruh adalah rahasia penciptaan manusia. Para filsuf muslim memperoleh informasi perihal ruh ini melalui Alquran dan ada juga kitab yang membahas perihal ini berjudul sama, yakni kitab Ar – Ruh. Menariknya, sekarang sudah ada Kitab Ar Ruh PDF.

Kitab berbentuk PDF seperti ini pastinya memudahkan Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar ruh kapan saja dan di mana saja. Memang, kitab ini dinilai sangat tidak masuk akal, namun terlepas dari hal tersebut, Anda dapat membacanya sendiri untuk menilai sendiri isinya.

Mengenal Pengarang dan Isi Kitab Ar Ruh PDF

Mengenal Pengarang dan Isi Kitab Ar Ruh PDF

Pengarang Kitab Ar Ruh

Kitab Ar Ruh adalah karya Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah dan nama lengkap beliau adalah Muhammad ibn Abi Bakr ibn Sa’d Az Zar’iy Ad – Damsyiqiy. Beliau lahir pada tahun 1292 di Damaskus, Suriah dan wafat pada tahun 1350.

Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah merupakan seorang cendekiawan, imam Sunni serta ahli fiqih dengan mazhab Hambali. Beliau juga merupakan seorang penghafal Alquran, ahli hadits, ahli tafsir, mujtahid, ahli ilmu kalam, ahli ushul serta ahli ilmu nahwu.

Dengan semua pengetahuan tersebut, beliau menjadi ulama’ besar pada zamannya dan dipercaya untuk memberikan fatwa bagi masyarakat yang ada di lingkungannya. Beliau juga menjadi pengajar di sejumlah madrasah, termasuk di madrasah yang didirikan oleh ayah beliau sendiri.

Isi Kitab Ar Ruh

Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah memiliki cara pandang yang berbeda dari kebanyakan sufi yang lainnya. Beliau menjadikan Alquran serta hadits sebagai dasar yang utama dalam memberikan pandangan tentang konsep ruh manusia.

Hal ini berbeda dari kebanyakan tokoh yang lebih mengedepankan pendapat pribadinya. Kitab Ar Ruh ini membahas soal bagaimana orang yang sudah meninggal bisa tahu dengan peziarah kubur serta ucapan salam dari orang yang masih hidup.

Selain itu, kitab ini juga membahas masalah lain yang ada hubungannya dengan alam ghaib. Beliau membagi penjelasan dalam beberapa masalah dan untuk memberikan jawaban atas masalah – masalah itu, Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah menyodorkan berbagai dalil, baik berupa ayat Alquran maupun hadits.

Pastinya, dalil-dalil tersebut bisa ditemukan dalam setiap pembahasan dan ada juga atsar yang turut disertakan guna menambah pengetahuan dan wawasan mengenai hal itu.

Kritik Terhadap Kitab Ar Ruh

Seperti yang sudah disebutkan, Kitab Ar Ruh ini berisi pendapat Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah mengenai ruh dan hal-hal ghaib yang didukung oleh dalil-dalil. Namun uniknya, kitab ini dianggap sangat tidak masuk akal oleh para murid Ibnul Qayyim Al – Jauiziyah itu sendiri.

Diantara alasannya adalah Ibnul Qayyim Al – Jauziyah berkata bahwasanya para ulama salaf sudah sepakat jika mayit dapat mendengar kalimat orang yang masih hidup serta tahu siapa orang yang menziarahinya.

Dalam kitab ini juga dibahas tentang sunnah dan fadhilah ziarah kubur pada hari Jum’at, membaca surat Yasin di kuburan, mentransfer bacaan Alquran kepada sang almarhum serta talqin mayit setelah dikebumikan.

Kalau di kalangan manhaj salaf, hal-hal seperti ini dianggap sebagai ritual yang sesat. Sedangkan Ibnul Qayyim Al – Jauziyah adalah seorang panutan dalam bermanhaj salaf namun mengatakan bahwa hal-hal tersebut sunnah.

Beberapa kalangan manhaj salaf tidak rela atas pendapat tersebut sehingga salah satu narasi yang dibangun kemudian ialah meragukan jika kitab yang berjudul Ar Ruh ini ditulis sendiri oleh Ibnul Qoyyim Al – Jauziyah.

Selain keraguan tersebut, ada juga kemungkinan bahwa kitab ini ditulis pada saat awal beliau belajar agama, sebelum mengenal Ibnu Taimiyah.

Download Kitab Ar Ruh PDF

Download Kitab Ar Ruh PDF

Tentunya, isi Kitab Ar Ruh aslinya dengan yang versi PDF tidak ada bedanya. Sebab, yang versi PDF memuat seluruh pembahasan yang ada dalam Kitab Ar Ruh aslinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kitab ini tidak bisa diterima oleh kalangan manhaj salaf.

Dengan kata lain, kitab ini tidak bisa dipegang kebenarannya sekalipun seorang ulama besar sendiri yang menuliskannya. Namun terlepas dari hal tersebut, Anda tetap diperbolehkan untuk membaca agar tahu sendiri bagaimana isi di dalam kitab yang dimaksud.

Anda bisa mendownload versi PDF-nya secara gratis untuk bisa membacanya kapan saja dan di mana saja. Adapun link yang bisa dituju untuk download sebagai berikut.

Kitab Ar Ruh PDF akan memberikan Anda penjelasan tentang bagaimana pandangan sang pengarang terhadap ruh dan hal-hal ghaib. Meskipun memang di dalamnya ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat tokoh-tokoh lainnya, membaca kitab ini bukanlah tindakan yang salah. Wallahu a’lam

Tinggalkan komentar