Download Kitab Arbain fi Ushuludin PDF

Kitab Arbain fi Ushuludin merupakan kitab yang berisi ilmu tasawuf yang dilengkapi dengan ilmu tauhid dan ilmu fiqih. Artinya kitab ini mempunyai materi yang kompleks dan sangat disarankan untuk dipelajari. Bahkan saat ini akses untuk Kitab Arbain fi Ushuludin PDF sudah semakin mudah ditemukan.

Selain itu, kitab ini adalah salah satu hasil karya Imam Al-Ghazali yang sangat dikenal dengan sifatnya yang alin dan banyak berbagi ilmu lewat kitab-kitab lainnya. Pada dasarnya Kitab Arbain fi Ushuludin membahas 40 Dasar dalam Agama Islam. Yuk ikuti ulasan berikut untuk lebih jelasnya!

Pembahasan Kitab Arbain fi Ushuludin

Pembahasan Kitab Arbain fi Ushuludin

Isi Kitab Arbain fi Ushuludin yang terdiri dari 40 Dasar dalam Agama Islam termasuk ke dalam suatu hal yang monumental. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam topik yang ada dalam kitab tersebut sangatlah kompleks dan bisa dijadikan sebagai rujukan dalam menjalankan peran sebagai umat Islam.

Dalam ilmu tasawuf, kitab ini membahas tentang permasalahan batin seperti sifat sabar, cara pensucian hati, cinta dunia dan masih banyak lagi. Di samping itu juga dibahas mengenai apa saja hikmah dalam beribadah (puasa, zakat dan haji).

Menyinggung 40 Dasar dalam Agama Islam, pembahasan materi dalam Kitab Arbain fi Ushuludin PDF ini dibagi dalam 4 bagian, yaitu:

1. 10 Bagian Pertama (Teologi)

Materi teologi yang dibahas adalah zat atau esensi, taqdist (saintifikasi, qudrat atau kuasa), ilmu atau pengetahuan, kehendak (iradah), sama’ dan bashar (mendengar dan melihat), kalam atau firman, af’al (amal dan perbuatan), yaumul akhir (hari akhir atau eskatologi) dan kajian nubuwah (kenabian).

Bagian pertama ini merupakan dasar-dasar yang harus diterapkan dalam menjalani kehidupan. Semuanya menjelaskan tentang bagaimana manusia tercipta, untuk apa diciptakan, dan hubungan dengan Allah serta Nabi dan Rasulnya.

2. 10 Bagian Kedua (Aktivitas)

Pokok bahan meliputi prinsip dalam beraktivitas sebagai umat Muslim, yaitu shalat, puasa, zakat, sedekah, membaca Al-Qur’an, zikir, mencari rezeki yang halal, menunaikan hak sebagai seorang Muslim, bergaul dengan amar makruf nahi mungkar dan ketentuan dalam menjalankan sunnah.

Ini merupakan anjuran dalam beribadah kepada Allah SWT. Tak hanya anjuran tapi juga bagaiman ketentuan yang harus dipenuhi saat menjalankan ibadah tersebut. Dengan beribadah nantinya akan mendapatkan pahala yang akan dibawa menjadi bekal di akhirat.

3. 10 Bagian Ketiga (Membersihkan Hati)

Ini merupakan bab yang menjelaskan cara membersihkan hati agar terhindar dari penyakit hati dan sikap tercela, misalnya sering marah, iri dan dengki, terlalu banyak makan, sombong, ujub, terlalu cinta dunia, ambisius, terlalu banyak bicara dan masih banyak lagi.

Pada bagian ketiga ini, dijelaskan betapa tercelanya sikap di atas. Sikap tersebut akan mendatangkan mudharat dan bisa mempersulit kehidupan. Sehingga sebagai manusia, harus menjauhi sikap tersebut agar selalu tenang dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

4. 10 Bagian Keempat (Akhlak Terpuji)

Bagian terakhir adalah bahasan mengenai anjuran untuk selalu mempunyai akhlak terpuji seperti taubat, zuhud, sabar, syukur, ikhlas, jujur, tawakkal, tabah, mahabah, ridha dengan ketetapan Allah, senantiasa mengingat kematian, dan lain-lain.

Pada bagian ini, dijelaskan bahwa manusia sebaiknya mempunyai sikap seperti yang disebutkan di atas. Sikap tersebut merupakan sikap terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT. Apabila sikap tersebut sudah dibiasakan sejak dini, maka dalam menjalani hidup akan terasa tenang dan tentram.

Lebih Dekat dengan Pengarang Kitab Arbain fi Ushuludin

Lebih Dekat dengan Pengarang Kitab Arbain fi Ushuludin

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, penulis atau penyusun Kitab Arbain fi Ushuludin adalah Imam Al-Ghazali. Ia merupakan seorang imam yang amat terkenal bahkan sampai saat sekarang. Lahir di Persia pada tahun 450 H, ia sudah mulai belajar fiqih dari tahun 478 H bersama Ulama Syafiiyah.

Imam Al-Ghazali merupakan seorang shufi sekaligus Ulama Alim Kubra yang mempunyai gelar Zainuddin Hujatul Islam. Pengaruhnya dalam dunia Islam cukup besar karena banyak menciptakan kitab fiqih, tasawuf yang tidak ada tandingannya.

Download Kitab Arbain fi Ushuludin PDF

Download Kitab Arbain fi Ushuludin PDF

Bagi yang membutuhkan Kitab Arbain fi Ushuludin, kini tak perlu jauh untuk mencari kitab tersebut. di bawah ini sudah tersedia link download atau unduhan kitab tersebut. Selamat mempelajarinya!

(link akan di update jika sudah ada versi Terjemah Indonesia-nya)

Dalam menjalankan peran sebagai umat Islam, tentunya perlu dipelajari ilmu tasawuf, fiqih dan ilmu lainnya yang ada dalam Kitab Arbain fi Ushuludin PDF. Dengan demikian, hidup akan terasa ringan dan selalu dalam jalan yang benar.

Tinggalkan komentar