Download Kitab Bidayatul Hidayah PDF

Kitab Bidayatul Hidayah menjadi salah satu kitab yang banyak dipelajari di pesantren. Sekarang, kitab ini hadir dalam versi PDF dan bisa didownload. Anda bisa mendownload Kitab Bidayatul Hidayah PDF ini untuk memahami ilmu yang ada di dalamnya maupun bernostalgia dengan pelajaran di pesantren dulu.

Kitab Bidayatul Hidayah itu sendiri merupakan salah satu kitab yang membahas tentang akhlak – tasawuf. Kitab karangan Imam Ghazali ini menjadi semacam panduan karena sang pengarang sudah menggariskan amalan-amalan harian yang semestinya dilakukan orang beriman setiap hari.

Bahasan Tentang Kitab Bidayatul Hidayah PDF

Bahasan Tentang Kitab Bidayatul Hidayah PDF

1. Makna Kata Bidayatul Hidayah

Kata bidayatul hidayah itu artinya adalah permulaan petunjuk Allah SWT. Sesuai dengan nama tersebut, kitab ini menjadi semacam panduan untuk menjalani hidup dari permulaan (bidayah) dan akan berakhir dengan  hidayah (petunjuk).

Oleh sebab itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kitab ini memberikan amalan harian yang sudah selayaknya dilakukan setiap hari. Selain itu, kitab ini juga menjelaskan tentang adab dalam melaksanakan ibadah dengan baik.

Lebih lanjut lagi, Kitab Bidayatul Hidayah ini juga menyebutkan tentang adab pergaulan seseorang dengan Tuhan yang merupakan pencipta dunia beserta seisinya. Tidak hanya pergaulan manusia dengan Tuhan, pergaulan antar semua lapisan masyarakat juga disinggung dalam kitab ini.

2. Rincian Singkat Isi Kitab Bidayatul Hidayah

Masih menyambung dengan penjelasan sebelumnya, secara garis besar Kitab Bidayatul Hidayah ini memuat 3 bagian utama. Ketiga bagian itu ialah adab mengenai taat kepada Allah SWT, taat dalam meninggalkan maksiat serta tentang muamalat.

Muamalat inilah yang merupakan pembahasan mengenai adab pergaulan manusia, baik dengan sesama manusia maupun dengan tuhannya.

Pembahasan Tentang Taat Kepada Allah SWT

Mulai dari bagian yang pertama, akan dijelaskan soal bagaimana adab manusia sebagai hamba dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pada bagian ini, sang penulis kitab yakni Imam Ghazali mengawali pembahasan dengan adab saat bangun tidur.

Kemudian ada adab masuk ke dalam kamar mandi, adab berwudhu, kemudian mandi serta tayammum. Beliau juga menjelaskan tentang adab menuju ke masjid, adab membaca sholawat, adab di dalam pekerjaan ba’da maghrib hingga sore, adab sholat, adab tidur, ada pada hari Jum’at serta adab puasa.

Pembahasan-pembahasan di bagian pertama ini boleh jadi merupakan hal yang sepele. Namun karena itulah tidak sedikit manusia yang melalaikannya. Meskipun terlihat sepele, kenyataannya pembahasan ini sangat penting bagi manusia-manusia beriman dalam menjalankan kesehariannya.

Taat Dalam Meninggalkan Maksiat

Bagian yang kedua, Kitab Bidayatul Hidayah mengupas hal-hal yang ada kaitannya dengan maksiat sekaligus dengan tata cara menghindarinya. Diantara tata cara tersebut ialah tentang menjaga anggota badan dari melakukan maksiat.

Misalnya, menjaga telinga supaya tidak tahu aib orang lain yang berasal dari ucapan seseorang, menjaga mata dari hal-hal yang memang tidak layak untuk disaksikan, menjaga perut supaya tidak muncul penyakit serta menjaga lisan dari delapan perkara.

Kemudian ada juga menjaga kemaluan dari berbagai hal yang sudah diharamkan dalam agama Islam, mejaga tangan agar tidak sampai melukai orang lain sekaligus menjaga kaki supaya tidak berjalan dalam kemaksiatan.

Muamalat

Bagian yang ketiga, Kitab Bidayatul Hidayah memberikan penjelasan mengenai adab dalam berinteraksi, baik ketika interaksi itu dilakukan dengan Sang Pencipta maupun dilakukan dengan sesama makhluk. Pembahasan masalah muamalat ini cukup rinci.

Bahkan, Imam Ghazali juga memasukkan penjelasan mengenai adab bertengkar dengan sesama, penjelasan mengenai teman yang baik sekaligus hak seorang teman.

Download Kitab Bidayatul Hidayah PDF

Download Kitab Bidayatul Hidayah PDF

Melalui Kitab Bidayatul Hidayah, sang penulis Imam Ghazali telah nyata memberikan bimbingan agar bisa menjadi manusia yang baik sesuai dengan pandangan Tuhan Yang Maha Esa dan juga pandangan manusia. Dengan ilmu yang ada dalam kitab ini, jiwa manusia akan senantiasa bersih.

Kitab Bidayatul Hidayah sangat cocok dimiliki, dibaca, dipelajari dan diamalkan ilmunya oleh semua kalangan. Namun, untuk saat ini, Kitab Bidayatul Hidayah sudah ada yang versi PDF. Apa yang dibahas dalam Bidayatul Hidayah PDF sama dengan yang ada dalam Bidayatul Hidayah versi aslinya.

Kalau memang berminat untuk mendownloadnya, bisa manfaatkan link-link berikut ini.

Kitab Bidayatul Hidayah disusun dengan bahasa yang sederhana dan sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, tidak salah jika kitab ini disebut sebagai panduan dalam menjadi kehidupan.

Ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat dan bisa dijadikan pengingat karena hal-hal yang biasa dikerjakan sehari-hari sering dilupakan. Oleh sebab itu, miliki Kitab Bidayatul Hidayah PDF dengan memanfaatkan link yang sudah disediakan ya.

Tinggalkan komentar