Download Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF

Kitab Hasyiyah Al Bajuri diketahui berasal dari Matan Abu Syuja’ yang merupakan kitab terkenal di kalangan Asy-Syafiiyah. Untuk mempelajari kitab ini, sekarang Anda sudah bisa menggunakan file Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF yang dapat didownload secara gratis.

Dengan memiliki file ini tentunya Anda bisa mempelajari masalah fiqih dengan lebih mudah. Apalagi memang kitab Hasyiyah Al Bajuri ini merupakan hasyiyahnya kitab Fathul Qorib, salah satu kitab Fiqih yang terkenal karya Ibnu Qosim Al – Ghozzi.

Informasi Pengarang, Metode Penulisan dan Keistimewaan Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF

Informasi Pengarang, Metode Penulisan dan Keistimewaan Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF

Pengarang Kitab Hasyiyah Al Bajuri

Beliau adalah Syekh Ibrahim Al – Bajuri, penulis kitab Hasyiyah Al Bajuri. Nama lengkap beliau adalah Syekh Burhanuddin Ibrahim Al – Bajuri bin Syekh Muhammad Al – Jizawi bin Ahmad. Beliau lahir di Desa Bajur pada tahun 1198 H atau 1783 M.

Saat usia 14 tahun, beliau masuk ke Al – Azhar dan mempelajari banyak hal di sana. Beliau adalah seorang yang sangat tekun dalam belajar. Salah satu hal yang mendasari disusunnya kitab Hasyiyah Al Bajuri ini adalah karena beliau mendapatkan dorongan dari para ulama serta kolega beliau pada masa itu.

Metode Penulisan

Ibrohim Al – Bajuri menggunakan metode penulisan khusus dalam menyusun kitab hasyiyah Al Bajuri. Beliau akan menerangkan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam kitab Fathul Qorib. Beliau juga akan memberikan batasan sekaligus contoh kasus agar penjelasan lebih mudah ditangkap.

Kemudian pada ungkapan atau kata tertentu, Ibrohim Al Bajuri akan memberikan penjelasan mengenai I’rob serta nahwunya. Lalu kalau ada pembahasan tentang furu’ fiqih, beliau akan memberikan penjelasan kaidah ushul yang mendasarinya.

Termasuk dalam hal ini akan disinggung aspek nahwu serta asybah – nazhoirnya. Kalau membahas soal nahwu, beliau juga akan menyebutkan tentang dalil kebahasaan yang relevan dengan pembahasan yang dimaksud.

Jadi bisa dikatakan bahwa kitab ini memuat beberapa disiplin ilmu sekaligus. Karena dalam satu kitab ini saja, pembaca bisa mendapatkan pembahasan tentang bahasa, tentang fiqih, tentang ushul fiqih serta yang lainnya.

Lebih lanjut lagi, Ibrohim Al – Bajuri juga akan menjelaskan soal mana pendapat yang mu’tamad, pendapat yang rojih, pendapat yang bukan mu’tamad dan pendapat yang marjut. Beliau juga memasukkan perbedaan pendapat antara Syamsuddin Ar – Romli dengan Ibnu Hajar Al – Haitami.

Hanya saja, Ibrohim Al – Bajuri lebih sering menguatkan pendapat Ar – Romli. Hal ini dikarenakan beliau sendiri banyak belajar dari ulama Mesir, dan yang menjadi tumpuan para ulama mayoritas di sana ialah kitab-kitab Ar – Romli.

Keistimewaan Kitab Hasyiyah Al Bajuri

Hasyiyah Al Bajuri menjadi salah satu kitab yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan kitab Hasyiyah Al Bajuri disusun menggunakan bahasa yang indah, enak serta mudah dipahami. Selain itu, kitab ini menjelaskan berbagai istilah yang ada dalam berbagai ilmu.

Dengan adanya penjelasan seperti ini, pembaca jadi lebih mudah untuk memahami isi kitab. Selain itu, kalau memang ada ungkapan yang masih kurang tepat dalam kitab Fathul Qorib, Ibrohim Al – Bajuri akan mengoreksinya.

Kemudian kalau ada kalimat yang masih kurang jelas, beliau juga akan lebih memperjelasnya. Dengan berbagai keistimewaan tersebut, bisa dikatakan bahwa isi kitab Hasyiyah Al Bajuri lebih luas jangkauannya, lebih detail dan lebih padat.

Lebih lanjut lagi, meskipun kitab merupakan hasyiyah, namun isi yang ada di dalamnya lebih dekat ke arah syarah. Kalau hasyiyah memang cenderung lebih sulit dipahami, sedangkan kalau syarah lebih mudah dipahami.

Oleh karenanya, pelajar pemula akan bisa langsung memahami isi yang ada di kitab ini. Hasyiyah itu sendiri adalah tulisan yang ada di pinggiran kitab dan biasanya di dalamnya terdapat ungkapan-ungkapan sulit.

Tempat Download Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF Gratis

Tempat Download Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF Gratis

Melihat penjelasan di atas, kitab Hasyiyah Al Bajuri merupakan salah satu kitab yang sangat direkomendasikan untuk siapapun yang ingin belajar tentang hasyiyahnya Fathul Qorib. Proses belajar ini bisa menjadi lebih mudah lagi dengan memanfaatkan kitab tersebut dalam versi PDF-nya.

Ya, kitab Hasyiyah Al Bajuri sekarang sudah hadir dalam bentuk digital dan ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Kalau memang tertarik, bisa langsung klik link yang ada di bawah ini.

Terakhir, Anda tidak perlu ragu soal isi Kitab Hasyiyah Al Bajuri PDF. Sebab, kitab yang format PDF seperti ini memuat seluruh keterangan yang ada dalam kitab aslinya. Tidak ada perubahan apapun dan isinya terjamin asli. Wallahu a’lam bish shawab.

Tinggalkan komentar