Download Kitab Nurul Yaqin PDF

Kitab Nurul Yaqin merupakan kitab sirah yang menceritakan secara detail mengenai sejarah perjuangan dan kehidupan Rasulullah SAW. Umumnya kitab ini dikaji di berbagai pondok pesantren di nusantara. Jika tertarik untuk mengkajinya Anda bisa download Kitab Nurul Yaqin PDF.

Kitab Khulasoh Nurul Yaqin terdiri dari 3 jilid, ditulis Syekh Umar Abdul Jabbar. Kitab ini diambil dari berbagai sumber utama seperti As-Syiga karya Imam Al-Qadhi Iyadh, Al-mawahib dan As-Sirah Al-Halabiyyah karya Imam Al-Qathalani,dan  Al-Ihya’ karya Imam Ghazali.

Ringkasan Kitab Nurul Yaqin PDF

Ringkasan Kitab Nurul Yaqin PDF

Kitab ini merupakan ringkasan dari Kitab Nurul Yaqin fi Sirati Sayyidil Mursalin Muhammad SAW. kitab tersebut ditulis oleh Syekh Muhammad bin Afifi Al-Bajuri yang dikenal dengan Syekh Al-Khudri Bek (1345 H). Untuk mengetahui isinya berikut ini ringkasan dari Kitab Nurul Yaqin.

1. Periode Pertama

Pada periode pertama ini menceritakan tentang biografi Rasulullah SAW, mulai dari Nabi SAW dilahirkan, Hingga ketika dewasa beliau menikah dengan Khadijah ra. Berikut ringkasan sejarahnya.

Nabi Kita Muhammad SAW

Nabi SAW merupakan utusan Allah yang membawa ajaran agama Islam bagi seluruh manusia. beliau merupakan keturunan bangsa Arab dari suku Bani Quraisy dan nasabnya bersambung dengan Nabi Ismail as.

Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah bin Abdul muthalib dan ibunya adalah Aminah binti Wahb. Orang tua Nabi Muhammad merupakan keturunan yang sama dari kakek Nabi yang kelima yaitu Kilaab. Ayah Nabi Muhammad meninggal ketika beliau dalam kandungan dan dimakamkan di Madinah.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tahun Gajah, karena pada saat kelahiran Nabi, raja Habasyah mengirimkan pasukan gajah ke Mekah untuk menghancurkan Ka’bah. Setelah lahir beliau disusui oleh Tsuwaibah al-Aslamiyah dan Halimah as-Sa’diyah.

Ibunya wafat ketika Nabi SAW berusia 4 tahun kemudian dimakamkan di Abwaa’. Setelahnya beliau diasuh oleh Ummu Aiman yang merupakan pelayan ayah Nabi Muhammad SAW.

Perjalanan Hidup Nabi

Singkatnya, masa kecil Nabi Muhammad SAW sering menggembala sapi dan mendapatkan upah. Di Usia mudanya beliau sering mengikuti pamannya berlayar ke Syam. Hingga sampai di suatu wilaya bernama Bushra bertemu dengan seorang pendeta bernama Buhaira yang melihat tanda kenabiannya.

Hingga kemudian di usia 25 beliau menikah dengan Siti Khadijah ra.yang berusia 40 tahun setelah kepulangannya berdagang dari syam. Sebelum menikah dengan Nabi SAW Khadijah RA. Pernah menikah dengan dengan Abi Halah.

2. Periode Kedua

Pada periode kedua menceritakan perjuangan Nabi Muhammad dalam mendakwahkan Islam. Pada masa ini, Nabi telah diutus sebagai Nabi dan Rasul, kemudian Alquran diwahyukan secara berangsur-angsur. Selain itu diceritakan pula mengenai sejarah hijrah ke Habasyah, berikut ini ringkasannya.

Turunnya Wahyu

Dalam Kitab Nurul Yaqin PDF diceritakan beliau diutus sebagai nabi dan rasul pada usia 40 tahun. Setelah itu, beliau mendapatkan wahyu pertamanya ketika sedang beribadah di Gua Hira. Saat itu Nabi didatangi oleh Malaikat Jibril yang mengajarkan Nabi bagaimana menuntun manusia pada kebaikan.

Bangsa Arab sebelum Datangnya Islam

Sebelum Islam hadir, kaum disana selalu mengalami perseteruan antar suku. Banyak bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup karena khawatir merasa malu dan dicela. Selain itu kaum jahiliyah di masa itu membunuh anak laki-laki karena takut kemiskinan dan kelaparan.

Kemudian turun perintah untuk mendakwahkan Islam secara sembunyi-sembunyi. Kemudian nabi mengajak keluarga, tetangga, dan sahabat-sahabatnya untuk menyembah Allah Swt. Beliau melakukannya secara sembunyi karena khawatir timbulnya serangan secara fisik.

Hingga ketika kabar dakwah beliau sampai ke telinga pemuka bani Quraisy membuat Nabi dan kaum muslim dalam ancaman. Pemuka Quraisy mencoba membendung dakwah nabi dengan memfitnah dan melakukan tindakan fisik kepada beberapa kaum muslim pada saat itu.

Karena kondisi di Mekkah sudah tidak kondusif dengan berbagai serangan dari kaum Quraisy pada saat itu. Allah Swt memerintahkan Nabi untuk melakukan Hijrah. Sehingga terjadilah peristiwa hijrah dimana kaum muslim harus meninggalkan semua hartanya di Mekkah.

Download Kitab Nurul Yaqin PDF

Download Kitab Nurul Yaqin PDF

Kitab Nurul Yaqin kini tersedia dalam bentuk PDF. Untuk membaca sejarah yang lebih lengkap Anda bisa mendownloadnya melalui beberapa link di bawah ini :

Kitab Nurul Yaqin PDF bisa menjadi salah satu rujukan bagi Anda yang ingin mendalami sejarah Islam. Dimana dalam kitab tersebut berisikan perjalanan dan perjuangan Nabi dalam berdakwah.

Tinggalkan komentar