Download Kitab Safinah PDF

Kitab Safinah atau disebut juga Safinatun Najah merupakan salah satu kitab karangan Syekh Sumair Al-Hadrami Al-Batawi. Kitab ini berisi ilmu fiqih yang membahas dasar agama dan ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan Kitab Safinah PDF.

Bahasa yang mudah dimengerti tersebut membuat pembaca menjadi cepat paham tentang materi ringkas hukum-hukum fiqih yang ada di dalam Kitab Safinah. Oleh karena itu, kitab ini banyak digunakan untuk pemula yang ingin belajar ilmu fiqih seperti siswa atau santri di pesantren.

Sekilas Tentang Kitab Safinah PDF

Sekilas Tentang Kitab Safinah PDF

Secara umum, Kitab Safinah mengandung materi dasar-dara ilmu fiqih dan konsep dasar Syariat Islam. Bagian pertama dari kitab ini menjelaskan dasar Aqidah Islam yang terdiri dari rukun Islam, rukun Iman, serta syahadat.

Kemudian diikuti dengan ketentuan bersuci atau thaharah, ciri-ciri orang yang sudah dewasa, aturan berwudhu sekaligus mengenai air yang sah untuk berwudhu yaitu air yang bebas dari najis dan layak digunakan untuk bersuci.

Tidak sampai disitu saja, Kitab Safinah juga menjelaskan tentang tata cara mandi wajib yang benar, hukum fardhu ain, syarat sah dalam berwudhu, kemudian hal-hal yang dapat membatalkan wudhu. Aturan dalam tayamum hingga ketentuan dalam menunaikan zakat juga dibahas dalam kitab ini.

Untuk bagian akhir dari kitab ini, diterangkan mengenai puasa dan hal-hal yang berkaitan dengan puasa (syarat sah, rukun puasa, dan masih banyak lagi). Pembahasan tentang ibadah haji juga ditambahkan dalam kitab ini oleh beberapa Syekh yang menjadi syarah untuk Kitab Safinah atau Safinatun Najah.

Syarah Kitab Safinah

Syarah Kitab Safinah

Untuk melengkapi isi dari kitab ini, banyak para ulama yang menjadi syarah untuk kitab tersebut. kitab yang dikarang pada abad ke-19 ini sudah disyarah oleh beberapa ulama berikut ini.

  1. Syeikh Nawawi Al Bantanidalam yang mensyarah dalam bahasa Arab dengan judul “Kasyifatussaja fi Syarakh Safinatin Najah” pada tahun 1875.
  2. Syaikh Utsman bin Said Tangkil dengan judul “Sullamul Raja” pada tahun 1932.
  3. Syeikh Nawawi Banten mensyarah kitab ini yang berjudul “Kasyifun Saja ala Safinatin Naja”
  4. Syikeh Ahmad bin Muhammadal-Hadrawi membuat syarah kitab ini berjudul “Durrotu Tsaminah Hasyiyah ala Safinah”, dan masih banyak ulama lainnya.

Fungsi Kitab Safinah

Fungsi Kitab Safinah

Kitab Safinah ini memegang pedoman pada Mahzab Syafi’i. Judul lengkap kitab ini adalah Safinatun Naja Fiima Yajibu `ala Abdi Li Maulah yang mempunyai arti Perahu Keselamatan di Dalam Mempelajari Kewajiban Seorang Hamba Kepada Tuhannya.

Membahas hukum dasar Islam seperti rukun Iman dan rukun Islam, kitab ini mempunyai fungsi yang sangat besar bagi umat Muslim. Hampir di setiap daerah di Indonesia menggunakan kitab ini sebagai pedoman dalam menjalankan syariat Islam.

Fungsi utama kitab ini adalah sebagai tuntunan dasar dalam menunaikan ibadah sehari-hari, agar selalu berada pada jalan yang benar dan sesuai dengan syariat Islam. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa sederhana agar mudah dipahami oleh siapa saja yang mempelajari kitab ini.

Kemudian, koleksi atau persediaan Kitab Safinah PDF sudah banyak beredar baik di Perpustakaan Nasional Indonesia ataupun platform yang menyediakan kitab dalam bentuk soft copy.

Isi Kitab Safinah

Isi Kitab Safinah

Kitab yang banyak digunakan sebagai bahan materi pelajaran bagi siswa pesantren ini mempunyai isi yang sangat kompleks di bidang fiqih dan syariat Islam, terutama tata cara dalam beribadah yang berkaitan erat dengan rukun Islam.

Isi kitab ini diawali dengan Rukun Islam dan Rukun Iman, pengertian lafadz Laailaaha Illallah, tanda-tanda baligh atau sudah dewasa, tata cara bersuci menggunakan batu, rukun dan fardhu wudhu, serta niat dan tata tertibnya. Selain itu juga membahas air yang suci, mandi wajib dan mandi junub.

Kemudian juga dibahas secara ringkas dan jelas tentang rukun shalat (setiap rukun-rukunnya), syarat wajib shalat dan ketentuan lainnya yang berhubungan dengan shalat. Selanjutnya diikuti dengan materi puasa, zakat, hingga haji.

Download Kitab Safinah PDF

Download Kitab Safinah PDF

Untuk lebih memahami terkait Kitab Safinah, bisa langsung diunduh file PDF kitab ini melalui link yang ada di bawah ini.

Pemahaman mengenai ketentuan dalam beribadah akan sangat terbantu dengan adanya Kitab Safinah PDF. Apabila dipelajari dengan baik, maka kekhusyukan dalam beribadah bisa diraih dengan mudah. Pahala ibadah pun juga akan didapat secara maksimal.

Tinggalkan komentar