Download Kitab Safinatun Najah PDF

Kitab yang mempunyai judul lengkap Safinatun Najah fiima Yajibu ‘ala Abdin li Maulah, disusun oleh seorang ulama asal Yaman yang bernama Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al-Hadrami. Isi Kitab Safinatun Najah PDF adalah seputar fiqih dan ketentuan beribadah yang benar.

Ilmu fiqih tersebut merujuk pada Mazhab Syafi’i. Banyak pondok pesantren yang memakai Kitab Safinatun Najah sebagai pedoman dalam mempelajari ilmu fiqih bagi santri-santri mereka. Bahkan kitab ini sudah masuk ke dalam materi kurikulum pesantren tersebut. Selengkapnya bisa diikuti penjelasan berikut.

Apa Itu Kitab Safinatun Najah?

Apa Itu Kitab Safinatun Najah

Pengertian Kitab Safinatun Najah adalah sebuah kitab yang tersusun atas materi fiqih dan ketentuan ibadah kepada Allah. Kitab ini dibuat dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pembacanya. Jadi tidak heran jika banyak dipakai sebagai bahan materi siswa pesantren.

Dalam memahami kitab ini, para santri pesantren haru bisa membaca kitab tersebut dengan baik. caranya adalah dengan mempelajari ilmu Nahwu dan ilmu Shorof. Hal ini disebabkan oleh ejaan Kitab Safinatun Najah memakai kedua ilmu di atas.

Ilmu Nahwu merupakan ilmu yang digunakan untuk mempelajari bacaan pada setiap akhiran suku kata bahasa Arab yang mempunyai arti dan fungsi masing-masing. Sedangkan ilmu Shorof merupakan ilmu yang digunakan untuk mengetahui asal usul sebuah kata dalam bahasa Arab.

Asal usul tersebut adalah perubahan bentuk kata serta bagaimana arti yang terkandung di dalamnya. Apabila kedua ilmu tersebut sudah dikuasai, maka akan lebih mudah dalam memahami Kitab Safinatun Najah tanpa perlu menggunakan terjemahannya.

Pentingnya Kitab Safinatun Najah

Pentingnya Kitab Safinatun Najah

Mempunyai Kitab Safinatun Najah PDF pastinya harus mengetahui seberapa penting kitab ini untuk dipelajari. Sebagai informasi, kitab ini di beberapa negara menjadi penunjang pendidikan yang wajib untuk dimiliki dan diajarkan kepada murid-murid Muslim. Berikut ini pentingnya Kitab Safinatun Najah.

1. Memuat Dasar-dasar Agama

Kitab Safinatun Najah mengandung pokok-pokok dan dasar pengetahuan agama yang lengkap, terpadu, untuh dan disusun secara berurutan menurut tingkatan ibadah atau fiqih yang menjadi prioritas. Bab materi tersebut dimulai dari pemahaman tentang syariat Islam hingga ibadah haji.

2. Dibuat dalam Bahasa Mudah dan Sederhana

Pada umumnya bahasa yang digunakan dalam kitab materi agama seperti ini menggunakan gaya bahasa yang terlalu berat dan hanya bisa dipahami oleh orang dewasa saja. Redaksi dan susunan kata dibuat sesederhana mungkin agar para santri dan murid lainnya bisa memahami materi fiqih dengan cepat.

Kemudian bahasa yang mudah dan sederhana tersebut bisa membantu santri yang sedang belajar dalam menghafal dan memahami poin penting yang terdapat di dalam Kitab Safinantun Najah PDF. Pembelajaran kitab tersebut dengan baik dan konsisten hanya akan memakan waktu selama 3 bulan.

Cukup singkat, bukan? Jadi, Kitab Safinatun najah bisa dipakai untuk memahami Islam dengan mengikuti cara ibadahnya yang bisa membawa pahala yang berlimpah.

3. Ditulis oleh Ulama Terkemuka

Kitab Safinatun Najah ditulis oleh Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al-Hadrami yang merupakan ahli di bidang ilmu agama, tasawuf dan terutama fiqih. Bahkan orang-orang lebih mengenal buku atau kitab yang dikarang olehnya daripada dirinya sendiri.

4. Berisi Kebutuhan Dasar Manusia

Pengetahuan dasar agama yang ada dalam Kitab Safinatun Najah menjadi kebutuhan pokok dalam mempelajari Islam. Pengetahuan yang berisi ilmu fiqih dan ibadah sehari-hari tersebut menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh umat Muslim karena ibadah merupakan simbol hubungan dengan Tuhan.

5. Tersebar Luas diantara Pecinta Ilmu Fiqih

Kitab ini sudah tersebar luas dipenjuru dunia dalam bentuk asli maupun terjemahan, seperti di Negara Timur Tengah seperti Yaman, Ethiopia, Tanzania, Mekah, Madinah dan masih banyak lagi. Untuk negara Asia kitab ini sudah banyak dikenal di Indonesia, Malaysia, Singapura dan lain-lain.

Download Kitab Safinatun Najah PDF

Download Kitab Safinatun Najah PDF

Agar bisa mempelajari kitab Safiatun Najah lebih awal, maka di bawah ini sudah tersedia link download kitab tersebut. Selamat mempelajari!

Adanya link download Kitab Safinatun Najah PDF akan mempermudah pembelajaran ilmu fiqih dan tata cara ibadah lainnya. Jangan lupa untuk terus bertanya kepada ulama atau guru yang lebih paham apabila terdapat kekeliruan, sehingga menjadi lebih mengerti dengan materi kitab tersebut.

Tinggalkan komentar