Download Kitab Sunan Nasai PDF

Kitab Sunan Nasai menjadi salah satu kitab hadits yang masuk ke dalam Kutubus Sittah, yaitu kitab hadits yang para ulama sudah sepakat bisa dijadikan rujukan. Pada masa ini, sudah hadir kitab Sunan Nasai PDF yang dapat didownload secara gratis.

Karena termasuk dalam jajaran Kutubus Sittah, tentu saja isi di dalamnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan adanya versi yang PDF pula, kini siapapun bisa mempelajari hadits di mana saja serta kapan saja.

Informasi Tentang Pengarang dan Kitab Sunan Nasai PDF

Informasi Tentang Pengarang dan Kitab Sunan Nasai PDF

Pengarang Kitab Sunan Nasai

Pengarang kitab Sunan Nasai ialah Imam Nasai yang memiliki nama lengkap Ahmad bin Syuaib Al – Khurasany. Beliau kemudian mendapatkan gelar Abu Abd Al – Rahman Al – Nasai. Beliau lahir di Kota Nasa’ pada tahun 215 H. Adapun kota Nasa’ itu sendiri masih merupakan bagian dari wilayah Khurasan.

Di kota kelahiran ini beliau menghafalkan Al – Qur’an dan juga mempelajari berbagai ilmu di para huru. Pada saat usia sudah remaja, beliau mulai memiliki keinginan untuk mencari hadits Nabi. Demi mewujudkan keinginan tersebut, beliau melakukan perjalanan saat berusia 15 tahun.

Perjalanan ini dilakukan ke Hijaz, Syam, Irak serta berbagai daerah lainnya yang masih ada di kawasan Jazirah Arab guna mempelajari hadits Nabi dari para ulama yang beliau kunjungi. Beliau bahkan juga berguru kepada Qutaibah bin Sa’id yang merupakan guru Imam Al – Turmudzi dan Imam Abu Dawud.

Beliau menampakkan spesialisasi keilmuan di bidang fiqhu al hadits, jarah wa al ta’dil dan rijalul hadits serta illat hadits. Beliau merupakan sosok ulama yang sangat diakui dan telah membimbing kader ulama generasi berikutnya.

Diantaranya ada Abu Bakar Al – Suni, Muhammad bin Muawiyah Al – Andalusi, Husein bin Al – Hadir Al – Sayuthi, Imam Abu ‘Awanah, Abu Ja’far Al – Thahawi, Abu Al Qasim Al Tabrani serta Abu Basyar Al – Daulabi.

Isi Kitab Sunan Nasai

Kitab Sunan Nasai sejatinya berjudul As – Sunan As – Sughra. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kitab ini merupakan kitab hadits Ahlussunnah Wal Jamaah. Lalu, karena merupakan kitab hadits, sudah tentu dalam kitab ini terdapat kumpulan hadits Nabi Muhammad SAW.

Hadits-hadits tersebut berjumlah 5.761 hadits namun di dalamnya terdapat penyajian hadits yang berulang. Hadits-hadits tersebut dibagi dalam beberapa bab dengan judul tersendiri. Diantaranya ada bab pemurnian, bab air, bab menstruasi dan istihadoh, bab ghusl dan tayamum serta bab waktu sholat.

Kemudian ada bab adzan, bab kiblat, bab memimpin doa, bab memulai doa serta masih banyak lagi bab yang lainnya. Isi dan kandungan kitab Sunan Nasai ini menjadi salah satu yang terbaik, inilah alasannya kenapa kitab Sunan Nasai termasuk dalam Kutubus Sittah.

Susunan dan Sistematika Kitab Sunan Nasai

Kitab Sunan Nasai disusun dengan berdasarkan metode sunan. Adapun kata sunan itu sendiri merupakan bentuk jamak dari kata sunnah yang memiliki pengertian sama dengan hadits. Sedangkan kalau untuk metode sunan, maksudnya ialah metode berdasarkan klasifikasi hukum Islam.

Imam Nasai menyajikan hadits-hadits dalam kitab ini seperti tertib sistem kitab Fiqih. Oleh karena itu, tidak heran jika siapapun yang mencermati kitab ini akan memahami bahwasanya Imam Nasai mengumpulkan hadits-hadits yang ada hubungannya dengan hukum.

Oleh sebab itu, di dalam kitab ini tidak ada hadits yang berhubungan dengan akhbar atau berita sebelum nubuwwah, tafsir, wejangan-wejangan dan manaqib atau derajat para sahabat.

Download Kitab Sunan Nasai PDF

Download Kitab Sunan Nasai PDF

Sang pengarang Kitab Sunan Nasai yakni Imam Al – Nasai sudah diakui keutamaan serta keahliannya di bidang ilmu hadits. Beliau diakui baik di kalangan murid-murid beliau sendiri maupun ulama lain yang datang setelah generasi murid beliau.

Kitab Sunan Nasai sendiri sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Baik Kitab Sunan Nasai yang asli maupun yang versi PDF, isinya sama. Tidak ada perubahan sama sekali sehingga Anda tidak perlu khawatir soal hadits-hadits yang termuat dalam versi PDF ini.

Kitab Sunan Nasai versi PDF bisa langsung Anda download dengan memanfaatkan link-link yang tertera berikut ini.

Download Kitab Sunan Nasa’i Terjemahan Indonesia

Jilid 1
Jilid 2
Jilid 3
Jilid 4
Jilid 5
Jilid 6
Jilid 7
Jilid 8
Jilid 9
Jilid 10
Jilid 11
Jilid 12
Jilid 13
Jilid 14
Jilid 15

Download Kitab Sunan Nasa’i Terjemahan Bahasa Inggris

Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Sekali lagi, tidak ada perbedaan isi antara kitab Sunan Nasai PDF dengan kitab Sunan Nasai aslinya. Oleh karena itu, kitab versi PDF ini tetap bisa dibaca dan dipelajari. Apalagi Imam Nasai merupakan ulama yang sangat ketat dalam hal penerimaan riwayat hadits serta mutasyaddid.

Tinggalkan komentar