Download Kitab Syifaul Jinan PDF

Siapa yang tak ingin bisa membaca Alquran dengan tajwid yang tepat, pastinya semua umat Islam ingin mahir dan paham kaedah membaca kitab Allah tersebut. Kitab Syifaul Jinan PDF, merupakan salah satu media mempelajari tajwid dengan lebih mudah dan sederhana.

Membaca tulisan di dalam Alquran maupun hadits yang berbahasa Arab, disepakati kebanyakan ulama wajib menggunakan tajwid. Sama halnya dengan shalat, berdoa, dan dzikir menggunakan bahasa Arab. Mau tahu apa itu kitab Syifaul Jinan? Simak informasinya disini.

Pengertian Kitab Syifaul Jinan

Pengertian Kitab Syifaul Jinan

Kitab Syifaul Jinan adalah salah satu kitab yang menjelaskan tentang tajwid secara detail dan lengkap. Ditulis menggunakan bahasa Jawa, oleh seorang Kyai yang bernama Ahmad Mutahhar bin Abdurrahman.

Nama lengkap dari kitab ini Syifaul Jinan Fi Tarjamati Hidayati Shibyan. Tujuan dibuatnya adalah untuk memperjelas atau syarah dari sebuah kitab tajwid kategori nadzam, yang dibuat ileh Syekh Said Al-Hadhrami.

Penggunaan kitab Syifaul Jinan biasanya di pesantren, untuk membantu santri cepat mahir membaca Alquran dengan tajwid yang jelas. Begitu juga dengan Taman Baca Alquran, yang juga memiliki salah satu tugas untuk membantu siswanya bisa membaca Alquran.

Kitab setebal 30 halaman ini sangat mudah dibawa kemana saja, apalagi sejak adanya Kitab Syifaul Jinan PDF yang bisa diunduh dan disimpan pada perangkat ponsel atau komputer. Nantinya Anda tinggal buka link kitab tersebut, untuk mengetahui berbagai hal tentang tajwid.

Apa yang Ada di Dalam Kitab Syifaul Jinan?

Apa yang Ada di Dalam Kitab Syifaul Jinan

Dibandingkan dengan kitab dengan pembahasan serupa, kitab 30 halaman ini memberikan penjelasan dalam beberapa bab utama. Masing-masing bab menggunakan bahasa yang mudah dipahami, terutama untuk pemula yang ingin mahir membaca Alquran.

Bab 1

Membahas tentang hukum membaca huruf yang bertemu dengan “nun mati” atau sering disebut dengan istilah tanwin. Setiap huruf akan berbeda cara membacanya ketika bertemu dengan huruf “nun mati”, ada yang didengungkan dan ada pula yang melebur dengan pelafalan huruf itu sendiri.

Bab 2

Membahas tentang bagaimana hukumnya membaca huruf yang bertemu dengan mim maupun nun, dengan tanda tasydidatau huruf mim mati. Beberapa poin pembelajarannya adalah berbagai macam izhar, ikhfa,  dan idgham.

Bab 3

Merupakan penjabaran lebih detail dan lengkap tentang idgham dan jenis-jenisnya, termasuk pembagian idgham dengan mistli kabir dan mistli shagir.

Bab 4

Pembahasan lebih detail tentang izhar serta idgham, dikaitkan dengan lam fi’l dan juga lam ta’rif. Sehingga pelafalan huruf menggunakan hukum idgham menjadi lebih tepat dengan makna yang pas.

Bab 5

Pada bab lima, dibahas tentang qalqalah dan tafkhim lengkap dengan huruf mana saja yang masuk dalam hukum pembacaan menggunakan dua teknik tersebut. Penjelasannya sangat ringkas jika dibandingkan dengan bab lain, yaitu hanya dua bait saja namun tetap mudah dipahami.

Bab 6

Membahas tentang huruf mad dengan lengkap, mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya yang penggunaannya di dalam Alquran sangat variatif.

Keuntungan Mempelajari Kitab Syifaul Jinan

Keuntungan Mempelajari Kitab Syifaul Jinan

Dengan mempelajari Kitab Syifaul Jinan ini, ada beberapa keuntungan bisa didapatkan terutama jika dipelajari sejak usia dini. Seperti bagi orang Jawa yang paham penggunaan bahasa Arab Jawa karena versi aslinya menggunakan pegon atau Arab Jawa.

Keuntungan lainnya adalah, selain paham hukum bacaan Alquran juga dijabarkan pengertian secara detail tentang setiap hukum-hukum tajwid tersebut. Baik secara terminologi maupun harfiah sehingga menambah wawasan Anda tentang tajwid.

Bagi para siswa dan santri keuntungannya adalah, pada setiap bab terdapat rangkuman materi lengkap dengan contoh langsung dari penggalan ayat Alquran.

Download Kitab Syifaul Jinan PDF

Ini Versi PDF Kitab Syifaul Jinan yang Mudah Dipahami

Mau memiliki versi PDF dari kitab ini? Ada beberapa pilihan link yang langsung bisa dibuka,

Versi Bahasa indonesia:

Versi Bahasa Arab Jawa:

Jangan tunda untuk belajar tajwid Alquran dengan mudah. Cukup dengan mengunduh Kitab Syifaul Jinan PDF, maka Anda sudah bisa mulai belajar sendiri atau mengajarkan buah hati hukum penting dalam membaca ayat suci dari kitab Allah tersebut.

Tinggalkan komentar