Download Kitab Tijan Darori PDF

Kitab Tijan Darori PDF bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempelajari tauhid di mana saja. Kitab ini sendiri termasuk kitab yang sangat masyhur dan sudah banyak digunakan di berbagai pondok pesantren. Bahkan, tidak sedikit pesantren yang menjadikan kitab ini sebagai pedoman wajib pelajaran tauhid.

Kalau kitab Tijan Darori yang dipelajari di pesantren adalah versi cetaknya, sekarang Anda bisa menyimpan kitab ini dalam HP dalam bentuk file PDF. Ini membuat proses belajar tauhid jadi lebih praktis. Tertarik untuk download? Simak dulu penjelasan berikut ini ya.

Penjelasan Singkat Pengarang dan Isi Kitab Tijan Darori PDF

Penjelasan Singkat Pengarang dan Isi Kitab Tijan Darori PDF

1. Pengarang Kitab Tijan Darori

Pengarang kitab Tijan Darori merupakan seorang ulama besar dan nama beliau adalah Ibrahim Muhammad bin Ahmad Al – Bajuri Asy – Syafi’i. Beliau kerap disapa sebagai Imam Al – Bajuri dan beliau lahir di salah satu desa yang ada di Mesir bagian utara pada tahun 1198 H.

Sayangnya, saat tahun 1213 H, beliau terpaksa berhenti menuntut ilmu. Hal ini dikarenakan Prancis menduduki Mesir pada saat itu serta menghentikan mobilitas pengajian di Al – Azhar. Dengan kondisi ini, beliau kemudian memutuskan pindah serta menetap di Giza.

Tiga tahun tinggal di Giza, Imam Al – Bajuri kembali lagi ke Al – Azhar setelah kondisi di sana dirasa aman. Hal ini memang beliau lakukan dengan tujuan untuk melanjutkan studinya. Selama belajar, beliau pernah diajar oleh guru-guru besar yang diantaranya sebagai berikut.

  • Syaikh Muhammad As – Sinbawi
  • Syaikh Abdullah Syarqawi
  • Syaikh Muhammad Al – Fadhali
  • Syaikh Hasan Al – Quwaisni

Tidak hanya mengarang Kitab Tijan Darori, beliau juga menulis sejumlah kitab lainnya. Diantaranya adalah Hasyiah ‘ala Syarah Kalimat At – Tauhid. Kitab ini merupakan karya beliau yang pertama yang ditulis saat masih berusia 24 tahun.

Selain itu, ada juga kitab Hasyiah ‘ala Fath Al – Qarib. Inilah kitab yang kemudian biasa disebut dengan kitab Fathul Qarib. Kitab ini pula yang menjadi salah satu pedoman wajib dan dipelajari di berbagai pesantren untuk pelajaran Fiqih madzhab Syafi’i.

2. Isi Kitab

Sesuai dengan yang sudah disampaikan sebelumnya, dalam Kitab Tijan Darori dibahas ilmu tauhid dengan madzhab Asy’ariyah. Hal ini dikarenakan, sang pengarang kitab sangat berpegang teguh pada akidah Asy’ariyah.

Hal ini sangat jelas menunjukkan bahwasanya Kitab Tijan Darori sangat relevan jika digunakan sebagai buku pedoman saat mempelajari ilmu tauhid ahlusussnah wal jama’ah yang mempunyai dua kiblat ulama kalau dalam bidang tauhid. Kedua kiblat tersebut ialah Al – Maturidi dan Al – Asy’ari.

Karena merupakan kitab tauhid, sudah tentu dalam kitab ini ada pembahasan tentang sifat-sifat Allah SWT, sifat-sifat Rasul, nasab Rasul bahkan hingga ke Nabi Adam AS dan sifat jaiz Rasul. Tidak hanya itu, dalam kitab ini juga disebutkan masa-masa terbaik setelah zaman Nabi Muhammad SAW.

Masa tersebut ialah masa sahabat Nabi Muhammad SAW, masa tabi’in serta masa sesudahnya lagi. Kitab ini memberikan penjelasan tentang semua hal ini dengan simpel serta mudah dipahami.

3. Kitab Tijan Darori PDF

Kitab Tijan Darori dalam bentuk PDF ini pastinya juga membahas masalah tauhid sebagaimana kitab aslinya. Dan memang tidak ada perbedaan isi antara kitab Tijan Darori yang asli dengan yang berbentuk PDF.

Sebab, kitab Tijan Darori versi PDF mengambil isi kitab Tijan Darori asli seutuhnya tanpa mengubah sedikitpun. Oleh sebab itu, kitab Tijan Darori yang versi PDF bisa dijadikan rujukan oleh siapa saja yang ingin mempelajari tauhid saat tidak sedang di pesantren.

Sebab, mayoritas pesantren tidak memperbolehkan santrinya untuk menggunakan HP ketika masih berada dalam lingkup pondok.

Download Kitab Tijan Darori PDF

Download Kitab Tijan Darori PDF

Kalau Anda juga tertarik untuk mendownload versi PDF dari kitab Tijan Darori ini, linknya ada di bawah ini.

Mempelajari tauhid bisa menjadi salah satu upaya untuk mempertebal keimanan sekaligus menambah pengetahuan mengenai sifat-sifat Allah SWT dan sifat-sifat Rasul. Sifat-sifat tersebut mencakup sifat wajib, sifat mustahil serta sifat jaiz yang merupakan bagian aqidah ahlussunnah wal jama’ah.

Untuk mempelajari tauhid secara lengkap, Anda bisa menggunakan kitab Tijan Darori PDF yang bisa didownload melalui link atas. Tetapi tidak ada salahnya juga Anda mencari guru tauhid untuk mendampingi proses belajar atau kalau kesulitan memahami penjelasan dalam kitab tersebut. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar