Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Kitab Tuhfatul Athfal PDF merupakan kitab berisi ilmu tajwid, yang berguna sebagai media untuk memperlajari bagaimana penerapan tajwid yang benar saat membaca huruf-huruf Al-Qur’an. Ini menandakan bahwa, ilmu tajwid sangat penting untuk dipelajari.

Judul lengkap kitab ini adalah Tuhfatul Athfal wal Ghilmaani fii Tajwidil Qur’an yang ditulis oleh Imam Sulaiman bin Muhammad Al-Jamzuriy. Pada umumnya Kitab Tuhfatul Athfal digunakan oleh para santri untuk belajar Al-Qur’an. Selengkapnya terkait kitab tersebut akan dibahas berikut ini.

Pengertian Kitab Tuhfatul Athfal

Pengertian Kitab Tuhfatul Athfal

Sebelum lebih jauh memahami informasi tentang kitab ini, alangkah baiknya diketahui dulu pengertian Kitab Tuhfatul Athfal PDF. Hal ini akan memudahkan pemahaman mengenai kitab tersebut.

Kitab yang ditulis oleh Imam Sulaiman bin Muhammad Al-Jamzuriy ini merupakan kitab yang berisi materi tajwid atau ilmu tajwid menggunakan syair untuk memudahkan para siswa atau santri dalam memahami dan mempelajari materi tajwid.

Pengertian Tajwid

Pengertian Tajwid

Satu lagi yang tidak kalah penting untuk dipahami adalah pengertian tajwid. Tajwid merupakan istilah dalam bahasa Arab yang mempunyai arti harfiah yakni melakukan sesuatu dengan indah, artinya membaca Al-Qur’an secara baik, indah dan bagus.

Ilmu tajwid pertama kali dikembangkan oleh Abu UbaidAl-Qasim bin Salam. Ia memberikan aturan nama tajwid dan merangkumnya dalam buku yang diberi judul Al-Qiraat. Dalam buku tersebut ia menulis 25 qari diantaranya termasuk 7 qari mutawatir.

Selain itu, Abu Bakar Ibn Mujahid juga menulis buku berjudul Kitab Al-Sab’ fil-qiraat atau dikenal dengan tujuh bacaan. Dialah orang pertama yang membatasi bacaan Al-Quran hingga tujuh yang diketahui.

Hukum Memahami dan Mempelajari Ilmu Tajwid

Hukum Memahami dan Mempelajari Ilmu Tajwid

Dalam membaca Al-Qur’an, penerapan dan pemahaman ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Artinya di sini adalah dalam satu komunitas setidaknya ada satu orang yang memahami tajwid. Kemudian mayoritas para ulama sepakat bahwa pemahaman ilmu tajwid tidak wajib untuk diterapkan.

Perbedaan pendapat terkait hal ini juga banyak terjadi. Shadee El-Masry mengungkapkan bahwa memahami ilmu tajwid adalah kewajiban bagi setiap umat muslim dan merupakan fardhu ‘ain.

Sedangkan Syekh Zakariyaa Al-Ansari mengatakan bahwa membaca dengan mengubah makna, tata bahasa bahkan bisa mengubah arti dari ayat Al-Qur’an adalah dosa. Apabila tidak mengubah makna dan tata bahasa, maka tidak mendapat dosa.

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa mempelajari ilmu tajwid adalah suatu anjuran dalam membaca Al-Qur’an. Untuk itu, jika ingin mempermudah pemahaman tentang ilmu tajwid bisa dipelajari melalui Kitab Tuhfatul Athfal PDF.

Isi Kitab Tuhfatul Athfal

Isi Kitab Tuhfatul Athfal

Secara umum, pengertian dari Kitab Tuhfatul Athfal adalah kitab yang dijadikan sebagai media pembelajaran ilmu tajwid yang disertai dengan syair. Kitab ini bertujuan untuk mempermudah para siswa atau santri yang belajar bahasa Arab dan sedang mempelajari ilmu tajwid.

Kitab Tuhfatul Athfal berisi beberapa aturan tajwid yang harus diterapkan saat membaca Al-Qur’an. Dalam terjemahannya, ada beberapa ilmu tajwid yang harus dipelajari, yaitu:

1. Nun Mati dan Tanwin

Ada empat hukum yang ada dalam bab Nun Mati dan Tanwin, yaitu Idzhar, Idgham Bi Ghunnah, Idgham Bila Ghunnah, Iqlab dan Ikhfa’.

2. Mim dan Nun Bertanda Tasydid

Hukum bacaan pada bab ini adalah dengan mendengungkan min dan nun bertanda tasydid.

3. Mim Sukun

Jika mim sukun terletak sebelum huruf hijaiyah selain huruf alif sukun atau alif layyinah, ada tiga ketetapan, yaitu: Ikhfa’ syafawi, Idgham shaghir dan Idzhar syafawi.

4. Mitslain, Mutaqaribain, dan Mutajanisain

Terjadi saat huruf hijaiyah dengan makhraj huruf yang sama atau berdekatan dengan sifat yang sama atau berbeda.

5. Pembagian Jenis-jenis Mad

Mad terdiri dari dua jenis, yaitu Mad Ashly atau Mad Thabi’iy dan Mad Far’iy. Mad Thabi’iy tidak tergantung pada keadaan dan ketiadaan huruf. Sedangkan Mad Far’iy terjadi karena adanya hamzah atau tanda sukun yang mutlak.

6. Hukum Mad

Mencakup hukum Mad Wajib, Mad Jaiz dan Mad Lazim.

Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Agar bisa mendalami ilmu tajwid berirama dengan baik, mengunduh atau mendownload file PDF Kitab Tuhfatul Athfal. Selain dapat memahami lebih jauh, file PDF ini juga bisa dijadikan rujukan apabila mendapati kekeliruan pada saat menerapkan ilmu tajwid.

Link download lainnya:

Download Kitab Tuhfatul Athfal Terjemah Indonesia PDF
Download Kitab Tuhfatul Athfal Versi Bahasa Arab
Download Kitab Fathul Aqfal Syarah dari Tuhfatul Athfal
Download Kitab Fathu Dzil Syarah dari Tuhfatul Athfal 1
Download Kitab Fathu Dzil Syarah dari Tuhfatul Athfal 1
Download Kitab Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF (Tajwid)

Dengan adanya link tersebut, tidak susah lagi untuk mencari sumber rujukan mengenai hukum tajwid, karena Kitab Tuhfatul Athfal PDF dalam sudah tercakup semua penjelasan tentang tajwid tersebut.

Tinggalkan komentar