Bismillahilladzi La Yadurru Ma’asmihi: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Salah satu tulisan berbahasa Arab yang kerap dipakai sehari-hari adalah bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi. Melihat frekuensi pemakaian yang sangat rutin baik untuk tulisan maupun percakapan sehari-hari, tidak jarang tentunya yang penasaran mengenai apa artinya.

Sebetulnya tulisan berbahasa Arab ini merupakan tulisan doa yang memiliki makna sangat bagus. Wajar sekali rasanya jika banyak orang yang menggunakan tulisan ini, terutama untuk meminta perlindungan dari segala macam musibah maupun marabahaya.

Tulisan Bismillahilladzi Layadurru Ma ‘Asmihi

Tulisan Bismillahilladzi Layadurru Ma 'Asmihi

Dari sekian banyak kalimat doa berbahasa Arab, ada satu yang frekuensi penggunaannya sangat rutin. Tulisan doa tersebut ialah bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi. Namun, apa sebenarnya makna dari doa baik ini?

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismillahilladzi laa yadlurru ma’asmihi syaiun fil ardli wa laa fissamaai wahuas samii’ul ‘aliim”.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui”.

Lafadz doa ini memiliki kandungan makna yang sangat indah. Karena itulah bacaan doa ini seringkali dijadikan sebagai bacaan doa yang rutin dibaca oleh kaum muslimin ketika sedang melakukan ibadah sehari-hari.

Bahkan bacaan ini juga memiliki keutamaan yang bisa memberikan dampak baik bagi setiap pembacanya. Maka dari itu, bacaan doa ini sebaiknya Anda baca dengan frekuensi yang rutin sehingga segala dampak baiknya bisa Anda dapatkan.

Sebagai hamba-Nya yang menjalani hidup di dunia, tentu perlu untuk senantiasa berbuat baik agar bisa mendapatkan dampak yang baik pula. Seperti halnya dengan rutin merapalkan doa baik sehingga bisa memberikan energi yang baik pula bagi setiap hamba-Nya.

Baca: Allahumma Antassalam Waminkassalam

Makna dan Penjelasan Dzikir Bismillahilladzi Layadurru Ma ’Asmihi

Makna dan Penjelasan Dzikir Bismillahilladzi Layadurru Ma ’Asmihi

Setiap bacaan doa yang dirapal oleh hamba-Nya pasti memiliki manfaat yang gemilang. Salah satunya bacaan doa bismillahilladzi la yadurru ini. Bacaan doa ini memiliki beberapa pemaknaan dan penjelasan yang indah, diantaranya:

1. Memberikan Nilai Sunnah bagi Pembacanya

Salah satu keutamaan dari bacaan doa ini adalah mampu memberikan nilai sunnah bagi setiap pembacanya. Tentu setiap muslim tahu jika pahala sunnah pun sangat besar bagi siapa saja yang menjalankannya.

Bacaan doa ini sangat direkomendasikan untuk dibaca setiap hari sebanyak tiga kali pada setiap pagi dan sore hari. Hal ini amat sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat-Nya yang baik, tentu sebaiknya kita mengikuti apa saja sunnah dari Nabi Muhammad SAW.

2. Terhindar dari Berbagai Macam Bencana dan Marabahaya

Siapa saja yang membaca secara rutin bacaan doa ini memiliki keutamaan yakni mampu menghindarkan diri dari berbagai macam bencana serta marabahaya yang menimpa. Termasuk di dalamnya adalah terjadinya wabah penyakit.

Karena itulah sangat direkomendasikan bagi setiap kaum muslimin untuk melafadzkan bacaan ini setiap hari. Bahkan hal ini juga sudah dibuktikan oleh salah seorang ahli ilmu tafsir bernama Imam Al-Qurtubi.

3. Agar Senantiasa Didekatkan kepada Allah SWT

Bacaan doa ini juga bisa memberikan keutamaan bagi setiap yang melafadzkannya yaitu agar senantiasa didekatkan kepada Allah SWT. Sungguh betapa indahnya keutamaan bacaan doa ini. Karena itulah sangat dianjurkan bagi Anda untuk rutin membacanya setiap pagi dan sore hari.

Saat Anda membacanya, maka cobalah untuk meresapinya dengan baik. Pahami makna demi makna yang terkandung di dalam bacaan ini. Sungguh sangat beruntung bagi setiap hamba yang bisa semakin dekat dengan penciptanya.

4. Mampu Memberikan Sugesti Positif bagi Hidup

Kalimat doa selalu mampu memberikan dampak positif bagi siapa saja yang rutin melafadzkannya. Bahkan sekedar memberikan sugesti yang baik. Tentunya ketika seseorang menjalani hidup, perlu untuk senantiasa mendapatkan sugesti positif.

Ini penting agar mereka juga bisa menjalani hari-hari dengan baik. Bayangkan ketika hari-hari yang dijalani hanya mengandung sugesti negatif. Tentu hidup akan senantiasa gelisah, susah dan tidak bahagia. Karena itulah sangat dianjurkan untuk terus merapal doa-doa baik.

5. Sebagai Bacaan Ruqyah

Kalimat doa ini juga bisa memberikan keutamaan yakni sebagai bacaan ruqyah. Anda bisa coba membaca lafadz doa ini sebagai pembuka doa ruqyah sehingga jalannya proses ruqyah secara mandiri bisa berlangsung dengan baik.

Lafalkan doa ini yang kemudian diikuti dengan bacaan doa ruqyah lainnya. Dengan seizin Allah SWT, maka prosesi ruqyah Anda bisa berjalan dengan lancar dan baik. Hidup nantinya akan semakin tenang dan damai setelah Anda membaca doa baik ini.

Baca: Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Manfaat Membaca Bismillahilladzi Layadurru Ma Asmihi

Berdzikir kepada Allah SWT tentunya menjadi hal yang amat dianjurkan bagi setiap umat muslim dimanapun berada. Saat berdzikir kepada-Nya, tentu Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupan di dunia maupun sebagai bekal di akhirat nanti.

Tanpa terkecuali ketika Anda melafadzkan dzikir bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi ini. Lafadzkan dzikir sederhana ini setiap pagi dan sore hari maupun sesering mungkin yang bisa Anda lakukan. Sebab, ada begitu banyak manfaat yang bisa dituai dari bacaan dzikir apapun.

1. Senantiasa Diliputi Kebahagiaan

Senantiasa Diliputi Kebahagiaan

Bacaan dzikir apapun yang dilafalkan oleh setiap hamba-Nya pasti akan bernilai kebaikan. Seseorang yang senantiasa ikhlas dan tulus dalam melafadzkan dzikir pastinya senantiasa hidupnya akan diliputi oleh kebahagiaan. Anda bisa coba membuktikannya sendiri dengan rutin membaca dzikir kepada-Nya.

2. Disukai oleh Nabi Muhammad SAW

Disukai oleh Nabi Muhammad SAW

Membaca bacaan dzikir juga menjadi hal yang amat disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan Rasulullah SAW juga selalu membaca bacaan dzikir apapun kepada Allah SWT. Karena itulah sebagai umat akhir zaman, maka sudah selayaknya kita melakukan hal-hal yang disukai Rasulullah SAW.

3. Menambah Pahala

Jika Anda membaca bacaan dzikir tentu hal tersebut bisa bernilai pahala. Karena itulah sangat disarankan bagi Anda untuk rutin melafadzkan dzikir kepada Allah SWT. Semakin banyak berdzikir, maka semakin bertambah pula pahala yang bisa didapatkan.

4. Menyehatkan Otak

Menyehatkan Otak

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika seseorang terus melafadzkan dzikir, maka hal tersebut juga bisa menyehatkan otak. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh penelitian dari Universitas Washington pada tahun 1993 silam. Karena itulah sangat disarankan bagi umat muslim untuk terus melakukan dzikir.

Baca: Allahul Musta’an

5. Memberi Ketentraman

Memberi Ketentraman

Ketika hidup terasa susah, gelisah dan semakin tidak tahu arah, maka sebaiknya kembalilah ke jalan yang benar. Cobalah untuk berdzikir kepada Allah SWT. Hal ini nantinya bisa memberikan efek baik yakni mendapatkan ketentraman hati yang haqiqi. Maka dari itu, cobalah dan resapi maknanya.

6. Penghapus Dosa

Penghapus Dosa

Bacaan dzikir juga bisa dijadikan sebagai sarana penghapus dosa. Hal ini nantinya bisa menyelamatkan setiap hamba dari siksa api neraka yang dahsyat. Tentu sebagai umat-Nya kita semua ini mendapatkan balasan surga yang indah. Karena itu, berdzikirlah hanya kepada Allah SWT.

7. Hidup Lebih Tenang

Hidup Lebih Tenang

Dzikir bisa menjadi jawaban atas segala keresahan yang ada dalam hati setiap muslim. Saat Anda ada masalah, maka sudah seharusnya untuk kembali kepada-Nya dengan berdzikir dan mengagungkan nama-Nya.

Bacaan bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi menjadi lafadz doa sekaligus dzikir yang indah. Bacaan ini bisa mendatangkan banyak pahala dan nilai-nilai keindahan bagi siapa saja yang melafadzkannya. Kiranya kita semua menjadi orang-orang yang beruntung untuk bisa merasakan surga-Nya.

Tinggalkan komentar