Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil ‘Azhim: Arab dan Artinya

Kalimat dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Arab adalah kalimat dzikir yang sangat ringan untuk diucapkan namun timbangannya sangat berat di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah Subhanahu wa ta’ala mencintai dua kalimat ini dan kaum muslim sangat didorong untuk mengamalkannya.

Dzikir sendiri memiliki arti mengingat Allah. Sehingga bisa dikatakan dzikir adalah aktivitas ibadah seorang hamba yang terus mengingat Rabb-nya. Dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim adalah dzikir yang sangat ringan untuk diamalkan dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Dzikir ‘Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim’ Arab dan Artinya

Dzikir 'Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim' Arab dan Artinya

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan umatnya untuk sering berdzikir mengingat Allah. Kalimat dzikir yang beliau Shallallahu alaihi wa sallam contohkan sebenarnya ada banyak dan setiap kalimat dzikir tersebut memiliki keutamaan yang sangat agung.

Salah satu contoh kalimat dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim yang memiliki keutamaan dicintai Allah serta melancarkan rezeki. Bacaan dzikir ini disabdakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam melalui Abu Hurairah radiallahu anhu.

Berikut adalah bacaan dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim arab beserta artinya dalam Bahasa Indonesia.

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu SUBHANALLAHI WA BIHAMDIH, SUBHANALLAHIL ‘AZHIM (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari, No. 6682 dan Muslim, No. 2694)

Kalimat dzikir “Subhanallah wa bihamdihi…” sejatinya merupakan kalimat tasbih yang bermakna mensucikan zat Allah dari sifat-sifat buruk, kekurangan-kekurangan yang tidak layak untuk Rabb semesta alam.

Sehingga konsekuensi kalimat tasbih tersebut adalah seorang hamba yang sejatinya merupakan makhluk bagi Penciptanya harus menisbatkan setiap sifat kesempurnaan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang memang layak terkumpul pada-Nya sifat-sifat sempurna.

Baca: Allahumma Antassalam Waminkassalam

Keutamaan Dzikir ‘Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim’

Ada banyak keutamaan membaca dzikir seperti yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Ulama besar Ibnu Hajar menjelaskan keutamaan kalimat dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim di dalam Kitab Muqaddimah Fath Al Bari sebagai berikut:

1. Dicintai oleh Ar-Rahman

Dicintai oleh Ar-Rahman

Ar-Rahman atau Yang Maha Pengasih adalah salah satu nama Allah yang paling indah (Asmaul Husna). Allah menyematkan sifat Ar-Rahman atau Yang Maha Pengasih dalam hadist di atas karena besarnya cinta Allah Subhanahu wa ta’ala kepada bacaan dzikir tersebut dan siapa saja yang rutin membacanya.

Bagi seorang muslim yang mencintai Rabb-nya, mengerjakan hal yang dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan kebahagiaan tersendiri. Muslim akan senantiasa mencari tahu hal apakah yang akan membuatnya dekat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Salah satunya adalah mengerjakan sesuatu yang Allah subhanahu wa ta’ala cintai, yakni memperbanyak membaca bacaan dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Arab.

2. Mendapat Banyak Kebaikan

Mendapat Banyak Kebaikan

Keutamaan membaca dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Arab adalah akan menambah kebaikan bagi orang yang mengucapkannya baik kebaikan di dunia dan di akhirat. Allah akan mencintai seorang hamba yang senantiasa berdzikir mengingatnya.

Cinta Allah Subhanahu wa ta’ala kepada seorang hamba akan menambah kebaikan bagi hamba tersebut karena setiap langkahnya akan diridhoi oleh Rabbnya.

 Di dalam sebuah hadist, Rasulullah shalalllahu alaihi wa sallam menjelaskan bahwa ucapan dzikir “Subhanallah wa bihamdihi” sebanyak 1 kali maka tertulis untuk orang tersebut 10 kebaikan. Jika orang tersebut mengucapkannya 10 kali maka baginya tertulis 100 kebaikan.

Dan jika orang tersebut membacanya 100 kali maka baginya tertulis 1000 kebaikan. Jika orang tersebut terus menambah jumlah dzikirnya maka Allah akan terus menambah kebaikannya. Jika hamba tersebut memohon ampunan maka ia pun diampuni.

Baca: Bismillahilladzi La Yadurru Ma’asmihi

3. Memperoleh Limpahan Rezeki

Memperoleh Limpahan Rezeki

Di sebuah hadist, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyampaikan bahwa kalimat tasbih “Subhanallah wa bihamdihi” adalah kalimat dzikir dan doa yang dipanjatkan seluruh makhluk di alam semesta, baik hewan, lautan, bumi, manusia, jin, malaikat dan seluruhnya.

Dengan kalimat dzikir ini pulalah seluruh makhluk yang Allah Subhanahu wa ta’ala ciptakan memperoleh limpahan rezeki. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pun sangat mendorong umatnya agar senantiasa mengucapkan dzikir “Subhanallah wa bihamdihi”.

4. Amalan Ringan Namun Berat Timbangannya

Amalan Ringan Namun Berat Timbangannya

Keutamaan berikutnya tentu saja seperti yang dikabarkan dalam hadits di atas bahwa dzikir tersebut merupakan amalan yang ringan diucapkan di lidah namun berat ketika ditimbang. Allah Subhanahu wa ta’ala selalu memberikan pilihan bagi hambanya yang ingin mendekat kepadanya.

Jenis amalan yang diberikan sangat beragam mulai dari yang mengharuskan pengorbanan waktu, materi hingga nyawa seperti berjihad, dan amalan yang ringan seperti membaca dzikir. Membaca dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Arab mudah dilakukan dan bisa dikerjakan siapa saja.

Namun, meski amalan ini ringan dilakukan namun timbangan pahalanya sangat besar di sisi Allah.

5. Merupakan Sebaik-Baiknya Ucapan

Merupakan Sebaik-Baiknya Ucapan

Di dalam Hadits Riwayat Muslim dan Tirmidzi dijelaskan bahwa dzikir Subhanallah Wabihamdihi adalah sebaik-baiknya ucapan yang diucapkan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Sehingga seorang muslim yang mengaku cinta kepada Allah tentu akan memperbanyak melafadzkan ucapan ini.

Baca: Alhamdulillah Ala Kulli Hal

6. Memperoleh Ampunan dari Segala Kesalahan dan Dosa

Memperoleh Ampunan dari Segala Kesalahan dan Dosa

Di dalam sebuah hadist beliau shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan bahwa siapa saja yang mengucapkan kalimat tasbih “Subhanallah Wabihamdihi” dengan penuh keyakinan sebanyak 100 kali maka bagi orang tersebut akan dihapuskan segala doa atau kesalahannya meski sebanyak buih di lautan.

Memperbanyak dzikir akan menghapuskan dosa-dosa kecil yang tentu sulit untuk seluruh manusia hindari, kecuali manusia yang dijamin ma’shum atau terbebas dari dosa seperti para Nabi dan Rasul. Namun, jika dosa tersebut merupakan dosa besar maka dosa itu baru akan diampuni jika orang tersebut tobat nasuha.

7. Merupakan Bacaan Tasbihnya Para Malaikat

Merupakan Bacaan Tasbihnya Para Malaikat

Malaikat seperti yang kita ketahui adalah makhluk Allah Subhanahu wa ta’ala yang sangat mulia. Malaikat Allah ciptakan terbebas dari perbuatan dosa dan mengabdikan hidupnya hanya untuk beribadah kepada Allah semata.

Sehingga ketika kita membaca kalimat dzikir yang juga dibaca oleh malaikat, sejatinya kita membaca kalimat dzikir para penduduk langit yang mulia.

Bacaan tasbih “Subhanallah wabihamdih” sejatinya merupakan bacaan dzikir yang paling utama karena Allah Subhanahu wa ta’ala pilih bagi para malaikat-Nya serta seluruh hamba-hamba-Nya. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam Hadist Riwayat Muslim.

8. Dunia Mendatangi Orang yang Membaca Kalimat Tasbih

Dunia Mendatangi Orang yang Membaca Kalimat Tasbih

Keutamaan selanjutnya adalah dunia akan mendatangi orang yang selalu membaca kalimat dzikir “subhanallah wabihamdih subhanallahil adzim”. Hal ini sebagaimana yang disabdakan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam kepada seorang laki-laki yang mengeluh terkait kondisinya ke beliau.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa dengan membaca kalimat tasbih tersebut dan beristighfar kepada Allah sebanyak 100 kali di antara waktu terbit fajar matahari dan menjelang waktu sholat maka dunia akan tunduk dan merangkak mendatangi hamba tersebut.

Allah menciptakan malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah dari setiap kalimat tersebut dan bagi hamba yang membacanya akan memperoleh pahala.

Memperbanyak berdzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Arab mempunyai keutamaan yang sangat agung. Kalimat dzikir ini sangat ringan untuk diucapkan namun sangat berat timbangannya di sisi Allah. Anda bisa bekerja dan belajar sembari berdzikir agar menambah keberkahan dalam hidup.

Tinggalkan komentar