Hizib Andarun: Pengertian, Khasiat, Bacaan & Tata Cara Pengamalan

Anda sedang mencari informasi lebih lanjut mengenai hizib andarun? Kalau iya maka tepat sekali Anda datang ke artikel kami. Disini kami akan mengulas hizib andarun secara detail dan jelas. Penasaran kan? Berikut ulasannya

Apa Itu Hizib Andarun?

Hizib andarun adalah salah satu hizib yang disusun dan dipopulerkan oleh salah satu ulama thariqat asal negeri Maghrib yang sangat masyhur yaitu Syaikh Ahmad Syadzily. Beliau yang memiliki nama asli Abul Hasan Asy-Syadzili Al-Hasani adalah pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Menurut para pengikutnya, beliau merupakan salah seorang keturunan Nabi Muhammad atau alias termasuk ahlul bait.

Berikut nasab beliau yang tersambung sampai Rasulullah: Abul Hasan, bin Abdullah, bin Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, bin Muhammad, bin Hasan, bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah binti Rasulullah SAW.

Kembali ke bahasan utama, hizib andarun ini merupakan salah satu diantara beberapa hizib yang sering kali diamalkan dan digunakan oleh para Ulama’ dan Kyai untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan kolonial belanda di masa lampau. Hal ini dikarenakan hizib ini sangat ampuh untuk melawan segala bentuk radikalisme yang terjadi pada waktu itu.

Kemudian amalan ini juga sering di pakai oleh waliyulloh Syeikh Ahmad Rifa’i, pendiri thorekoh Rifaiyah yang terkenal dengan ilmu tasawufnya. Dan bukan hanya itu, amalan hizib Andarun ini juga telah diamalkan oleh banyak Kyai dan ulama yang ada di tanah jawa untuk memperoleh keberkahan di dunia dan akhirat.

Khasiat Hizib Andarun

Sebagaimana hizib yang lainnya, hizib andarun juga memiliki banyak khasiat dan manfaat yang akan diperoleh para pengamalnya. Berikut ini beberapa khasiat yang akan didapatkan setelah mengamalkan hizib ini:

Mendapatkan Keselamatan Dunia dan Akhirat

Pengamal hizib andarun Insya Allah akan mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia dia insya Allah akan selalu diliputi keselamatan dari segala mara bahaya yang mengancam. Dia tidak akan terpengaruh dengan segala macam tipu daya keduniaan. Adapun di akhirat, para pengamal hizib ini akan insya Allah akan dilingkupi dengan kebahagiaan yang luar biasa.

Menyelamatkan Diri Dari Musuh

Berikutnya ia akan selamat dan menang dari para musuhnya. Dengan catatan pengamal hizib ini berada di dalam pihak yang benar. Insya Allah musuhnya tidak akan bisa melihat, tidak akan bisa mendengar, dan tidak akan bisa berbicara. Selain itu musuhnya akan sulit sekali untuk mengucapkan kata-kata, bahkan musuhnya akan sangat sulit untuk bergerak atau menggerakkan badannya (lumpuh).

Melariskan Dagangan

Kemudian bagi pengamal hizib ini yang bekerja sebagai pedagang, maka insya Allah dagangannya akan laku. Ia akan terjauh dari segala macam kerugian dan kebangkrutan. Selain itu hizib ini juga dapat mengcounter segala macam gangguan yang datang untuk menghancurkan dagangan pengamal hizib andarun.

Bacaan Hizib Andarun

Tawassul

إلَى حَضْرَةِ النَبِىِّ اْلمُصْطَفىَ سَيِّدِنَا َومَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللـهُ عَليْهِ وَسَلّمَ وَعَلى ألِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ وَإلىَ حَضرَة سَيِّدِنَا عَلِىٍّ كَـــرَّمَ اللـهُ وَجْهَهُ الفاتحة:….

Hizib Andarun

بسم اللـه الرحمن الرحيم

ألم نَوَوْا فَلاَ وَوْا عَمَّا نَوَوْا ثُمَّ لَوَوْا عَمَّا نَوَوْا فـَعَمُّوْا وَصَمُّوْا عَمَّا نَوَوْا صُمُّ بُكْمٌ عُمْىٌ فـَهُمْ لاَ يَتـَحَرَّكُونَ. كَمَا أنزلناهُ مِنَ السَّمآء ماَءً فَأخـتـَلـَطَ بِهِ نبَاتُ الأرضِ فأصْبَحَ هـَشِيْمًا تـَذْرُهُ الرِّياحُ صُمٌّ بُكْمٌ عُمْىٌ فَهُمْ لايَعقِلونَ. هُوَ اللـهُ الَّذِى لاإلهَ إلاَّ هُوَ عَالِمُ الغيبِ وَالشهَادَةِ هُوَ الرَّحمنُ الرَّحِيْمُ. صُمٌّ بُكْمٌ عُمْىٌ فهُمْ لايَسْمَعُونَ. يَوْمَ الأزِفِةِ إذِ القلوبُ لَدَ الحَناَجِرَ كَاذِمِيْن. مَا لِلظالِمِينَ مِنْ حَمِيْمٍ وَلاَ شَفِيعٍ يُطاعُ صمٌ بكمٌ عمىٌ فهم لايبصرون. عَلِمَتْ نَفسٌ مَا أحْضرَتْ. فَلا أُقْسِمُ بِالْخـُنَّـسِ اْلجَوَارِ الْكُنَّاسِ وَالّليلِ إذا عَسْعَسْ وَالصُّبْحِ إذا تـنفَّـسْ صُمٌ بُكمٌ عمىٌ فهُمْ لايتكَلمُونَ. ص. والقرأنُ ذِى ذِكْرِ بَلِ الذِينَ كفرُوا فِى عِزَّةٍ وشِقاقِ وَوَقعَ القولُ عليهِم بِمَا ظلموا فهم لالالا. أفَحَسِبْتُم أنما خلقناكم عَبَسَ وأنكم إلينا لالالا. وجعلنا مِنْ بَينِ أيديهم  سَدًّا وَمِنْ خَلفهِم سَدذًّا فأغشيناهم فهم لالالا. يامَعْشَرَ الجِنِّ والإنسِ إنْ إستَطَعْتُم أنْ تـَنْفـَذُوا لالالا. ثُم انْصَرَفُوا صَرَفَ اللـهُ قـُلوبُهُم بأنهم قومٌ لالالا. اللـهُمًّ لآ ألآءُ إلاّ ألآءُك ياللـه يااللـهُ يااللـهُ يااللـهُ سميعٌ عليمٌ. اللـهُمَّ يامَن شأنُكَ الكِفايَةُ وَسَرَادِقُك الرِّعَايةُ يامَنْ أنتَ هُو الكِفايةُ والنِّهَايةُ أخْتِمْ وَاحْرِسْ عَلىْ ألْسِنَةِ خلَـقـِكَ أجمَعِينَ لايتكلمونَ إلا مَنْ أذِنَ لَهُ الرَّحمنُ وقالَ صَوَابًا. أفلا يتـَدبَّرُوْنَ القـُرآنَ. أمْ على قُلوبُهم أقفالُها ختَمَ اللـهُ عَلى قلوبِهِمْ وَعلى سَمْعِهِمْ وَعَلى أبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ بِكهيعص. كِفَيتـُنا فهُم لا وَبِحم عسق حِمايتـُنا فهم لا. فسيكفيكهم اللـه وهو السميعُ العليمُ. إنَّا كفينَاكَ المُسْتَهْزِئِينَ. واللـهُ مِن وَرَائِهِمْ مُحِيْطٌ بلْ هُو قرآن مجيدٌ فى لوحٍ مَحفوظٍ. المُـقْـقـَنْ جَلْ ياأرْضُ خُذِيهِمْ قـُلْ كُونُوا حِجَارَةً أو حَدِيدًا. وَقِفُوهُم أنَّهُم مَسْؤُلونَ كأنَّهُم خـَسَبتْ مُسَنـَّدَةٌ تَحْسِيبُهُم جَمِيعًا وَقلوبُهم شتاًّ . ذلك بأنهم قوم ٌلايعْقِلُون طَهُوْرٌ بَدَعَقٌ مَهْبَبَهُ صُوْرَطٌ سَقْفًاطِيْسٌ سَقَاطِيْمٌ أخُونٌ قَافٌ آدَمٌ حُمَّ هاءٌ أمينٌ.

Tata Cara Pengamalan

Sebelum Anda bisa membaca doa hizib andarin yang sudah kami tulis di atas, Anda harus menyelesaikan amalan pra membaca hizib andarin terlebih dahulu. Berikut tata cara mengamalkannya:

Pertama – Puasa nyirih (meninggalkan makanan yang bernyawa) selama 7 (tujuh) hari.

Kedua – Selama menjalankan puasa, Wirid hizib andarun ini dibaca setelah shalat Magrib dan Subuh sebanyak 7 (tujuh) kali dalam satu majelis.

Ketiga – Hizib Andarun ini di baca secara istiqomah untuk diamalkan selepas sholat fardlu sebanyak 7 (tujuh) kali dalam satu majlis. Nah sebelum membaca hizib andarun, Anda harus tawasul terlebih dahulu kepada para nabi dan para rosul serta kepada para auliya.

Bagaimana sudah jelas informasi mengenai hizib andarin? Kami sarankan bagi Anda yang ingin mengamalkan hizib ini, agar mendapatkan ijazah terlebih dahulu sebelum mengamalkan hizib ini.

Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Hizib Autad: Pengertian, Khasiat, Bacaan, dan Tata Cara Pengamalan

Hizib Barqi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, dan Tata Cara Pengamalan

Tinggalkan komentar