Lirik Mars IPNU dan IPPNU

Nahdlatul Ulama sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di nusanara memiliki banyak organisasi sayap seperti IPNU dan IPPNU yang masuk ke dalam kalangan pelajar. Kedua organisasi sayap di kalangan pelajar ini mempunyai mars IPNU IPPNU yang akan dinyanyikan di setiap kegiatan atau acara.

IPNU merupakan organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama sementara IPPNU adalah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Organisasi ini disebut sebagai gerbang pertama untuk mengenal ormas Islam terbesar Nadhlatul Ulama. Mereka berasal dari para pelajar NU yang disiapkan sebagai pemimpin NU mendatang.

Mars IPNU

Mars IPNU

IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) adalah organisasi sayap NU yang di dalamnya terdiri dari pelajar laki-laki di universitas maupun sekolah dan pesantren milik Nahdlatul Ulama. Untuk memberikan pemahaman awal mengenai organisasi NU, maka organisasi IPNU dan IPPNU akan mengikuti MAKESTA.

MAKESTA adalah Masa Kesetiaan Anggota yang merupakan kegiatan pengenalan dasar-dasar NU, mengenal NU dan pengertian Ahlussunnah wal Jamaah. Di dalam kegiatan MAKESTA, para pelajar akan belajar materi kepemimpinan, cara memimpin organisasi, materi IPNU dan sebagainya.

Untuk meningkatkan semangat para pelajar NU dalam belajar dan juga menguatkan ikatan jama’iyah di dalam organisasi NU, maka dibuatlah mars IPNU IPPNU. Mars IPNU dan IPPNU dibuat berbeda karena organisasi IPPNU dibuat khusus untuk pelajar putri. Berikut lirik mars lagu IPNU dan IPPNU.

Wahai pelajar Indonesia

Siapkanlah barisanmu

Bertekat bulat bersatu

Di bawah kibaran panji IPNU

Wahai pelajar islam yang setia

Kembangkanlah agamamu

Dalam Negara Indonesia

Tanah air yang ku cinta

Dengan berpedoman kita belajar

Berjuang serta bertakwa

Kita bina watak nusa dan bangsa

Tuk kejayaan masa depan

Bersatu wahai pelajar islam jaya

Tunaikanlah kewajiban yang mulya

Ayo maju pantang mundur

Dengan rahmat tuhan kita perjuangkan

Ayo maju pantang mundur

Pasti tercapai adil makmur

Syair lagu dalam mars IPNU IPPNU mengandung berbagai nilai-nilai penting seorang pelajar muslim. Berikut adalah kandungan penting yang terdapat di dalam mars lagu IPNU:

  1. Mengingat anggota IPNU adalah para pelajar NU maka sudah semestinya para pelajar menempatkan pergerakannya di zona keterpelajaran dengan senantiasa semangat belajar
  2. Sebagai seorang pelajar sekaligus pemuda muslim, maka sudah semestinya para pelajar menempatkan corak perjuangannya dalam nuansa islam, keilmuwan, serta mencintai tanah airnya
  3. Menjadikan ajaran dalam agama Islam sebagai sumber inspirasi, semangat, dan motivasi dalam setiap perjuangan karena pengakuan terhadap kebenaran hakiki agama Islam.
  4. Memupuk karakter tidak pernah menyerang, terus maju dan pantang mundur meskipun ada banyak halangan yang menghadang para pelajar di depannya.
  5. Terus mengembangkan agama dalam bingkai dakwah yang menjunjung prinsip kejujuran dan membangun.

IPNU dibentuk karena adanya kesadaran bahwa generasi muda yang merupakan tonggak peradaban negara belumlah mampu memanfaatkan potensinya yang besar demi pembangunan nasional. Oleh karena itu di dalam IPNU akan dilakukan pembinaan rutin untuk memaksimalkan potensi para pemuda.

IPNU sendiri berawal dari adanya ide para pemuda Nahdlatul Ulama yang terdiri dari pelajar serta santri pondok pesantren agar membentuk suatu perkumpulan. Dari perjalanannya, sebenarnya persatuan santri NU sudah didirikan sejak tahun 1939 yakni dengan lahirnya Persano.

Organisasi IPNU saat ini sudah berusia 68 tahun, sudah bisa dikatakan merupakan organisasi berumur tua dan sangat matang dalam hal struktur organisasinya.

Baca: Lirik Mars PMII

Mars IPPNU

Mars IPPNU

IPPNU adalah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama yang pada tahun 2022 sudah berusia 67 tahun. Organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama didirikan tepat 1 tahun setelah berdirinya organisasi IPNU.

Organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama didirikan dalam rangka untuk mewadahi pergerakan para pelajar putri dan santriwati pondok pesantren Nahdlatul Ulama. Dibuatnya organisasi khusus putri dianggap sangat penting mengingat divisi putri tentu memiliki kegiatan dan kebutuhan berbeda dari pelajar pria.

Untuk membangkitkan semangat para pelajar dan santriwati Nahdlatul Ulama dalam belajar dan berjuang, maka dibuatlah mars IPPNU berikut:

Sirnalah gelap terbitlah terang

Mentari timur sudah bercahya

Ayunkan langkah pukul genderang

Segala rintangan mundur semua

Tiada laut sedalam iman

Tiada gunung setinggi cita

Sujud kepala kepada tuhan

Tegak kepala lawan derita

Dimalam yang sepi dipagi yang terang

Hatiku teguh bagimu ikatan

Dimalam yang hening dihati membakar

Hatiku penuh bagimu pertiwi

Mekar seribu bunga ditaman

Mekar cintaku pada ikatan

Ilmu kucari amal kuberi

Untuk agama bangsa dan negeri

Dilihat dari bait syair dalam mars IPPNU di atas terdapat beberapa kandungan atau nilai yang bisa dipetik sebagai berikut:

  1. Syair dibuat untuk menyulut api semangat perjuangan bagi setiap anggota dan kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)
  2. Penegasan bahwa IPPNU dan juga IPNU adalah tempat atau wadah bagi para pelajar untuk terus belajar. Di sini pelajar akan belajar bagaimana berorganisasi yang baik, bekerja sama demi mencapai tujuan yang sama.
  3. Meneguhkan hati dalam setiap perjuangan. Menyingkirkan perasaan ingin menyerah yang memang sering dialami oleh para pejuang dan pelajar. Keteguhan hati dalam berjuang didasarkan kepada keimanan kepada Yang Maha Kuasa di dalam hati.
  4. Menjadikan ilmu dan amal saling beriringan. Sejatinya sebagai pelajar haruslah bersemangat mencari ilmu namun tidak cukup hanya dengan mencari ilmu saja. Para pelajar juga harus bersemangat dalam mengamalkan ilmu yang diperoleh tersebut untuk kebaikan semua orang.
  5. Iman harus merasuk ke dalam sanubari bahkan harus lebih dalam dibandingkan lautan. Sementara cita-cita harus lebih tinggi dibandingkan gunung. Artinya kekuatan spiritual yakni iman akan meneguhkan cita-cita yang tinggi.

Baca: Lirik Mars Banser

Pencipta Mars IPNU dan IPPNU

Pencipta Mars IPNU dan IPPNU

Isi dari mars IPNU IPPNU sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk membangkitkan semangat para pelajar dan pelajar putri NU namun juga seluruh pelajar Indonesia. Hal ini jelas terlihat di kalimat pertama dalam syair lagunya “Wahai pelajar Indonesia…”.

Sehingga lagu ini sebenarnya dapat menjadi penyemangat seluruh pelajar di nusantara. Syair mars IPNU dibuat oleh Drs. Mohammad Siamuri Ws sementara aransemen artistiknya dibuat oleh Dwi Purwanti. Hal ini sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Ruman Tangga IPNU dan IPPNU.

Sementara untuk lagu mars IPPNU dibuat oleh M. Embut dengan lirik atau syair karangan Mahbub Junaidi.

Baca: Lirik Sholawat Badar

Hitungan Mars IPNU dan IPPNU

Hitungan Mars IPNU dan IPPNU

Mars IPNU dan IPPNU dicantumkan secara resmi di dalam PD/PRT IPNU serta IPPNU versi terbaru. Lirik lagu mars IPNU saat ini sendiri berbeda dengan lirik lagu mars IPNU sebelumnya. Perbedaan ada pada kata “pelajar” yang sebelumnya menggunakan kata “putera”.

Perubahan kata pada lirik lagu mars IPNU ini ditetapkan secara resmi melalui Kongres IPNU IPPNU XVIII tahun 2015 silam bertempat di Boyolali Jawa Tengah. Selain menetapkan perubahan pada lirik lagu mars Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama, kongres ini juga menetapkan perubahan AD ART IPNU dan IPPNU.

Untuk lagu mars IPNU dinyanyikan dengan tempo bersemangat dan birama 2/4 c = 1 artinya terdapat 2 nada per ketukan dalam 1 birama serta setiap hitungan bernilai seperempat.  Lagu ini dinyanyikan dengan penuh semangat karena untuk membangkitkan motivasi juang para pemuda pelajar NU.

Sementara untuk lagu mars IPPNU dinyanyikan dengan tempo demarcia. Tempo Marcia sendiri merupakan tempo lagu yang biasa dinyanyikan dengan tempo seperti orang menyanyikan yel-yel ketika berbaris. Bisa dikatakan tempo lagu mars IPPNU adalah tempo cepat bersemangat dengan birama 2/4.

Mars IPNU IPPNU biasa dinyanyikan oleh para anggota IPNU dan IPPNU di setiap kegiatan bersama yang diselenggarakan oleh organisasi sayap NU. Sebagai organisasi pelajar NU, para anggota di dalamnya dipersiapkan untuk mengenal lebih dalam NU agar dapat menjadi pengurus besar NU ke depannya.

Tinggalkan komentar