11 Kado Untuk Santri Putra

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Seorang anak tentu sangat mengharapkan pemberian atau hadiah dari orang tuanya, baik ibu maupun ayah. Terlebih jika anak tersebut berada di pesantren. Hal ini karena mereka jauh dari Anda. Kado dari Anda tentu akan menjadi obat kerinduannya selama menuntut ilmu di pondok.

Karena itu, jika Anda ingin mencari inspirasi hadiah yang tepat untuk anak bujang anda di pesantren, sangat tepat rasanya jika Anda membaca tulisan ini. Disini kami telah mengulas seputar inspirasi beberapa kado untuk santri putra di pesantren.

Sarung Stylish

Santri putra itu sangat identik dengan yang namanya sarung. Apalagi jika pesantrennya adalah pesantren bermodel salaf atau tradisional. Tentu sarung menjadi pakaian santri sehari-hari. Bahkan bisa dikatakan, para santri jarang sekali memakai celana. Mereka lebih suka menggunakan sarung dimanapun dan kapanpun, hatta jika bermain ke Mall sekalipun.

Karena itu sangatlah tepat jika menghadiahkan sarung bagi bujang Anda yang berada di pondok. Usahakan carilah sarung yang berbahan tebal dan licin, sehingga menjadikan dia nyaman saat memakainya. Selain itu pilihlah model dan warna sarung yang mereka sukai. Hal ini agar mereka merasa lebih suka dan stylish ketika mengenakannya.

Peci atau Kopeah

Selain sarung, outfit wajib seorang santri lainnya adalah peci atau kopeah. Tidak afdhal rasanya bila seorang santri tidak mengenakan peci saat beraktivitas. Bahkan bagi santri tulen, peci itu ibarat HP yang harus dibawa dalam kondisi dan situasi apapun, hatta saat berolahraga.

Sangat pas dan cocok rasanya bila Anda menghadiahkan peci bagi mereka. Ada berbagai macam model peci atau kopeah yang dapat Anda berikan kepadanya. Namun umumnya, peci yang digemari santri adalah peci model songkok atau peci model adz zikra yang berwarna putih.

Baju Koko

Santri itu sangat gemar sekali beribadah. Mereka banyak sekali menghabiskan waktunya di masjid untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti kajian, menghafal Qur’an atau matan, beri’tikaf, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Untuk menambah kekhusyuannya, mereka biasa menggunakan baju koko atau yang lebih dikenal dengan baju muslim.

Karenanya tidak berlebihan jika Anda menghadiahinya dengan baju koko. Anda dapat memilihkannya baju koko sesuai selera dan warna kesenangan sang bujang. Kemudian umumnya, seorang santri lebih suka memakai baju lengan panjang dibanding lengan pendek.

Gamis Haramain

Selain baju koko, para santri juga gemar mengenakan pakaian gamis. Apalagi jika pesantrennya yang berhaluan kepada pendidikan di Yaman atau Madinah, terkadang pesantren tersebut justru mewajibkan pakaian gamis. Misalnya Pesantren Al Bahjah Cirebon atau Pesantren Al Irsyad Semarang.

Karena itu sangatlah pas rasanya jika Anda menghadiahi sang bujang dengan gamis yang berkualitas. Pilihkanlah gamis yang berlengan panjang dan bahannya tebal. Misalnya adalah gamis haramain. Hal ini disebabkan gamis haramain sudah menjadi salah satu model gamis yang sangat di gemari banyak santri.

Jasket

Seorang santri tentu juga ingin memiliki outfit yang keren dan stylish. Apalagi jika santri tersebut masih berusia remaja dan sedang mengalami masa pubertas, tentu keinginan untuk tampil kece dan keren sangat menggebu-gebu dalam dirinya.

Tak ayal Anda mesti menghadiahkannya pakaian yang dapat memenuhi nalurinya tersebut. Misalnya dengan memberinya kado berupa jasket (jas jaket). Jasket ini bisa dikatakan merupakan salah satu pakian yang sangat keren dan fleksibel, maksudnya ia dapat digunakan di beberapa momen sekaligus. Misalnya saat kajian, perlombaan, shalat, atau jalan-jalan.

Al Qur’an Per Juz

Salah satu aktivitas harian santri adalah membaca atau menghafal Al Qur’an. Terlebih jika pesantren sang bujang merupakan pesantren yang bercorak tahfidz. Tentu setiap harinya akan lebih difokuskan menghafal Qur’an daripada mempelajari pelajaran lainnya.

Karena itu tidak berlebihan rasanya jika Anda menghadiahinya mushaf Al Qur’an. Anda dapat langsung sekaligus menghadiahinya beberapa tipe mushaf. Seperti mushaf yang berukuran sedang sebagai mushaf utama, dengan memberikannya juga mushaf per 5 juz. Hal ini karena seorang laki-laki cenderung lebih menyukai mushaf per juz tersebut.

Sajadah

Sajadah atau alas shalat sangat diperlukan bagi seorang santri. Ia sangat berguna dan dapat dipakai untuk beberapa momen. Seperti untuk alas shalat, alas ketika kajian, bermain perang sajadah dengan teman, bahkan sering juga menjadi alas tidur. Karena itu sajadah sangat cocok menjadi kado untuk bujang Anda yang berada di pesantren.

Gelang atau Cincin Kaukah

Santri juga manusia, ia juga ingin keren seperti kawan-kawan seusianya yang berada di luar pesantren. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan gelang atau cincin yang terbuat dari kayu kaukah.

Karena itu sangat pas rasanya bila Anda menghadiahkannya dengan kedua barang tersebut. Selain itu gelang dan cincin tersebut juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Seperti mencegah gelombang elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kesehatan, menurunkan tingkat peradangan, dan berbagai manfaat lainnya.

Jasko

Selain jasket yang sudah disinggung sebelumnya, jasko (jas koko) juga merupakan salah satu pakaian yang menjadi primadona di kalangan santri. Sesuai namanya, pakaian ini merupakan pakaian semi jas yang memiliki beberapa corak atau motif seperti baju koko. Sehingga pakaian ini sangat elegan dan terkesan mewah di kalangan para santri.

Karena itu tidak berlebihan jika Anda menghadiahkan pakaian model ini kepada sang anak yang sedang berjuang menimba ilmu di pondok.

Kitab atau Buku Islami

Santri tentu identik dengan pelajaran agama islam, baik itu pelajaran bahasa arab, fiqih, sejarah islam, dan berbagai tsaqofah keislaman lainnya. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan wawasan tentang pelajaran-pelajaran tersebut tentu dengan cara membaca. Hal ini dikarenakan tidaklah cukup bila mengandalkan wawasan yang didapatkan ketika kajian bersama para asatidz di pesantren.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua tentu dapat menghadiahkan berbagai kitab atau buku islami yang dapat menunjang keilmuan anak di pesantren. Misalnya dengan membelikan buku-buku syarah terhadap kitab yang dipelajari di pesantren. Selain itu Anda pun dapat memberikan beberapa novel islami yang dapat dibaca ketika mereka sedang bosan.

Jam Tangan

Hadiah terakhir yang mungkin dapat menjadi kado untuk santri putra adalah jam tangan. Jam tangan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan santri. Selain tentu menambah keren dan kece penampilan, jam tangan mampu mengingatkan santri jikalau lupa waktu dalam melakoni aktivitas yang padat di pesantren.

Tidak berlebihan rasanya jika Anda menghadiahi bujang anda dengan barang ini. Usahakan pilihlah jam tangan yang memiliki fitur lengkap. Seperti adanya stopwatch, timer, bisa menyala di malam hari, dan juga tahan air.

Demikian beberapa kado untuk santri putra yang dapat menjadi inspirasi. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

11 Kado Untuk Santri Perempuan yang Dapat Membuatnya Bahagia

Tinggalkan komentar