Doa Untuk Anak di Pesantren Agar Betah

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai orang tua, Anda tentu akan merasa berbeda saat Anda menyekolahkan anak di pondok pesantren. Rumah yang biasanya ramai dengan candaan dan keceriaan sang anak, mendadak sepi seperti tak berpenghuni. Selain itu biasanya Anda akan merasa khawatir jika anak Anda ternyata tak betah di pondok.

Karenanya untuk sedikit mengurangi rasa khawatir, Anda bisa memunajatkan doa untuk anak di pesantren.

Doa Untuk Anak di Pesantren

Di tulisan kami kali ini, kami telah menuliskan doa yang bisa Anda panjatkan untuk anak Anda di pesantren. Penasaran kan? Berikut doanya!

A’uudzubika bikalimaatillaahi taammati min syaarri maa kholaq

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Allaahumma Shalli ‘Ala Sayyidinaa Muhammad Wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad

Yaa Hayyu Yaa Qayyuum Yaa Jabbar Yaa Qohhar…

Yaa Goffar Yaa Wahhab Yaa Rozzaaq Yaa Maalik

Ya Allah, Zat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang…

Berikanlah anak kami kemudahan dalam menuntut ilmu. Jadikanlah mereka betah dan nyaman dalam menuntut ilmu di pesantren. Mudahkanlah ilmu–Mu masuk kedalam hati anak kami Ya Allah Yaa Rabbanaa Yaa Kariim.

Ya Allah Zat Yang Maha Penyembuh lagi Maha Kuat…

Teguhkanlah hati anak kami dalam belajar. Istiqamahkanlah mereka. Jadikanlah mereka para penuntut ilmu yang semangat dan istiqomah di jalanmu. Jauhkanlah mereka dari segala macam godaan-godaan yang dapat membuatnya letih dalam belajar. Kuatkanlah terus mereka Ya Allah agar senantiasa rajin dan semangat dalam belajar.

Ya Allah Zat Yang Maha Pemberi Rizqi dan Nikmat

Berikanlah kami sebagai orang tua kemudahan untuk mencari rezeki demi menghidupi anak kami. Luaskan dan berkahkanlah rizki kami Yaa Allah. Jangan jadikan rizki kami merupakan rizki yang haram, jika ada rizki yang harama maka jauhkanlah dari kami Yaa Allah. Jika rizki-Mu berasal dari langit maka turunkanlah Yaa Allah. Dan jika rizkimu itu berasal dari bawah langit, maka timbulkanlah Yaa Allaah.

Ya Allah Zat Yang Maha Membolak-balik Hati Manusia

Jika anak kami saat ini sedang mengalami kesulitan dalam belajar, maka mudahkanlah. Jika anak kami saat ini sedang merasa malas, maka jadikanlah ia semangat. Dan jika anak kami bermaksiyat kepada-Mu maka ampunilah segala dosa-dosanya. Jangan jadikan dia terjebak dalam bermaksiat kepada-Mu.

Ya Allah Yang Maha Kuasa dan Bijaksana

Tanamkanlah rasa sabar dan ketenangan dalam diri anak kami dalam menapaki jalan menuntut ilmu-Mu. Kuatkanlah fisiknya. Jauhkan dari setiap penyakit dan marabahaya. Dan jangan jadikan hamba-Mu yang lemah dan penuh dosa ini membuat hati dan fisik anak kami menjadi sakit karena tingkah laku kami.

Ya Allah Yang Maha Pengampun dan Maha Pemberi Rahmat

Ampunilah dosa-dosa dan kesalahan hamba yang dapat menjadikan anak kami terbebani dengan perintah-perintah kami. Jauhkanlah kami dari membebani anak kami dengan caci-cacian dan kemarahan, karena sejatinya yang mereka butuhkan adalah keceriaan dan kasih sayang dari kami.

Ya Allah Yang Maha Pemaksa dan Pengatur

Kami meminta kepadamu untuk sadarkan hati dan akal kami. Jadikanlah hati kami tegar dan kuat saat melepas anak kami dalam menimba ilmu di pesantren. Kuatkanlah hati kami dari rasa rindu ditinggal buah hati tercinta. Sadarkan dalam benak kami ya Allah. Bahwa anak kami sedang berjuang untuk mencari ilmu yang dapat berguna baginya di masa yang akan datang.

Wahai Zat yang Maha Agung dan Mulia

Hamba tahu bahwa menuntut Ilmu-Mu itu adalah kewajiban-Mu yang begitu penting. Namun jangan sampai merusak hubungan kami dengan anak-anak kami. Jangan sampai membuat lubang menganga dalam hati anak kami. Sehingga mereka menjadi manusia peragu, penakut, tak punya kepercayaan diri, lemah, dan bodoh.

Begitulah beberapa doa untuk anak di pesantren. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Puisi Santri Untuk Kyai

Tinggalkan komentar