(REVIEW) Pondok Pesantren Al Ihsan Bandung

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi terkini seputar Pondok Pesantren Al Ihsan Bandung? Jika iya Anda datang ke tempat yang tepat. Kami telah menghimpun informasi yang mungkin dapat membantu anda untuk mengetahui lebih dalam tentang Ponpes Al Ihsan. Semoga bermanfaat ya!

Sekilas Pesantren Al Ihsan

Sejarah Pondok Pesantren Al-Ihsan dimulai oleh kedatangan tiga orang alumni Pondok Modern Gontor, yaitu Ust. Mahrus As’ad, Ust. Dede Rohanda, dan Ust. Suismanto. Kala itu ketiganya menghadap alumni senior Gontor yaitu KH.Ujang Muhammad HM yang kebetulan pada saat itu beliau sedang memimpin sebuah lembaga pendidikan umum (SMP/SMA) yang berada di Jl. Denki Selatan V Kodya Bandung.

Mereka bertiga mengutarakan maksud untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernuansa Gontor dan berasrama penuh, yang tidak mengizinkan santrinya pulang pergi, sehingga mengganggu proses pendidikan dan pengajaran.

Untuk merealisasikan ide yang mulia ini, maka pada tanggal 17 Juli 1989 secara resmi dirikan sebuah lembaga Pendidikan Islam ala Gontor, yang diberi nama Pondok Modern Miftahul Jannah, dengan jenjang pendidikan KMI ( Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah ) yang masa belajarnya enam tahun.

Nah dikarenakan beberapa faktor dan alasan lainnya, singkat cerita pada tahun 1991 Pondok Modern Miftahul Jannah berubah nama menjadi Pesantren Modern Al Ihsan. Tak hanya berpindah nama, lokasinya pun berubah. Yang awal mulanya lokasi pondok terletak di Kecamatan Regol (Kota Bandung), menjadi di Kecamatan Baleendah (Kab Bandung).

Visi Pesantren

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, pesantren yang bercorak modern ala Gontor ini senantiasa berupaya untuk mewujudkan visinya yaitu: “Mempersiapkan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan terdepan dalam prestasi, mempunyai daya saing, daya sanding dan islami dalam budi pekerti.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menjadikan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan sebagai pusat pembelajaran dan pelayanan informasi yang islami.
  • Membekali warga sekolah keseimbangan wawasan IPTEK , IMTAQ dan Life Skill ( Kecakapan hidup), bahasa asing untuk menghadapi persaingan global.
  • Menanamkan pada warga sekolah jiwa bekerja ikhlas, keras, cerdas, tangkas, tuntas , ramah , berkwalitas ,toleransi dalam perbedaan.dan ahli pikir yang berdzikir.

Sistem dan Kurikulum Pendidikan

Sebagai pesantren alumni Gontor, Pesantren Al Ihsan tidak jauh berbeda dengan Pesantren Gontor dari segi sistem dan kurikulum pendidikannya. Al Ihsan menerapkan sistem KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah). Sistem KMI merupakan sebuah sistem pendidikan terintegrasi selama 6 tahun yang setingkat dengan SLTP dan SLTA.

Kurikulum KMI pondok modern Al-Ihsan Baleendah merupakan modifikasi dan syntese dari beberapa kurikulum, yaitu

  • Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional
  • Kurikulum Departemen Agama
  • Kurikulum Intern Pesantren.

Untuk pelajaran umum; seperti matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, ekonomi dan sebagainya, menggunakan kurikulum Depdiknas. Adapun untuk pelajaran agama, mengggunakan kurikulum Depag, kurikulum pondok modern Gontor, dan kurikulum pesantren salaf (tradisional) yang memiliki ciri khas dengan pengajian kitab-kitab Islam klasik (kitab kuning).

Kemudian selain belajar secara formal di kelas, para santri juga dibekali dengan berbagai ketrampilan, dan life skill yang diajarkan secara ekstrakurikuler. Misalnya ketrampilan berorganisasi, komputerisasi, teknologi informasi, kesenian, kemasyarakatan, dan sebagainya. Hal dimaksudkan sebagai bekal para santri setelah menyelesaikan studinya dari pesantren untuk kembali ke masyarakat, sehingga mereka mampu berdikari dan tidak menggantungkan nasibnya kepada orang lain.

Metode Pengajaran

Metode pendidikan dan pengajaran yang digunakan di Pesantren Al-lhsan tidak jauh berbeda dengan metode yang diterapkan di Gontor. Pendidikan tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas, tetapi  di semua aktivitas santri, baik ketika mereka berada di asrama, di masjid, di perpustakaan, maupun di lapangan olah raga, semuanya dimaksudkan untuk pendidikan.

Sedangkan dalam aspek pengajaran, Pesantren Al-Ihsan menerapkan sistem, metode dan pendekatan-pendekatan seperti yang diterapkan di sekolah-sekolah yang lain, namun bahasa pengantar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Pengajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris menggunakan sistem direct mothode (metode langsung), yaitu metode tanpa tarjamah. Artinya, pelajaran disampaikan dengan bahasa Arab atau bahasa Inggris secara langsung, tanpa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Kehidupan Santri

Secara umum, kehidupan santri di Pesantren Al Ihsan dapat digambarkan dengan jadwal kegiatan harian santri dibawah ini:

04.00 : Bangun Pagi, Shalat Subuh, Membaca Al-Qur’an dan Intensifikasi Bahasa
05.00 : Mengulangi Pelajaran, Olah Raga, Mandi
06.00 : Makan Pagi, Persiapan Masuk Kelas
07.00 : Masuk Kelas
12.00 : SHALISKAN (Shalat, Istrirahat, Makan)
13.15 : Masuk Kelas Siang
14.30 : Persiapan Shalat Ashar
15.00 : Shalat ashar
15.30 : Olah Raga, Kursus dan Lain-lain
17.00 : Mandi Sore Persiapan Shalat Magrib
17.00 : Pengajian Kitab Kuning, Tahsin Al-Qur’an
18.00 : Shalat Magrib, membaca Al-Qur’an
18.30 : Makan Malam
19.00 : Shalat Isya
19.30 : Belajar Malam
21.30 Tidur Malam

Selain kegiatan rutin harian, santri juga akan mengikuti berbagai kegiatan mingguan. Kegiatan tersebut antara lain:

  • Jum’at: Muhadharah ( latihan pidato ) Bahasa Arab dan Latihan Pramuka .
  • Ahad: Muhadatsah (percakapan) Bahasa Arab / Bahasa Inggris, – Lari Pagi / Senam, Kegiatan Olahraga Lainnya, Pembersihan Umum.
  • Selasa Malam: Muhadharah Bahasa Inggris.
  • Kamis Malam: Muhadharah Bahasa Indonesia.

Biaya Pendidikan

Dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan bagi Anda yang ingin memasukan putra/i nya ke pesantren ini adalah:

Sekitar Rp. 12.800.000Biaya masuk lulusan SD
Sekitar Rp. 13.500.000Biaya masuk lulusan SMP
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan

Begitulah sekelumit profil tentang Pondok Pesantren Al Ihsan Bandung. Semoga bermanfaat ya!

Alamat lengkap pesantren: Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat 40375

Website resmi: https://pesantrenalihsanbe.or.id/

Baca juga:

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2021)

Tinggalkan komentar