(REVIEW) Pondok Pesantren Ali Maksum

Anda sedang mencari informasi terkini dan terupdate seputar Pondok Pesantren Ali Maksum? Jika iya Anda datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini kami telah sedikit mengupas seputar profil Ponpes Ali Maksum. Semoga bermanfaat ya!

Sekilas Pesantren Ali Maksum

Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak merupakan lembaga pendidikan dan sosial keagamaan di bawah naungan Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1990, Yayasan Ali Maksum adalah badan hukum pelanjut amal usaha almarhum Kyai Haji Ali Maksum dalam kiprah perjuangan selama hidup beliau.

Pesantren ini mentransformasikan budaya keislaman pesantren kedalam ummat dan masyarakat adalah visi dan misi utama Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak. Transformasi itu dijalankan dengan tetap berpegang pada keyakinan bahwa agama merupakan satu-satunya wasilah untuk mendapatkan ridla Allah bagi kebahagiaan dunia dan akhirat.

Secara strategis hal ini dicapai dengan menyiapkan generasi yang alim wa mutafaqqih fiddin dan masyarakat santri yang religius, berwawasan luas dan senantiasa menjadi rahmatan lil’alamin bagi lingkungannya.

Biografi Pendiri

KH. Ali Maksum adalah putra pertama dari hasil perkawinan KH. Ma’shum bin KH. Ahmad Abdul Karim dengan Nyai. Hj. Nuriyah binti KH. Muhammad Zein Lasem, yang lahir pada tanggal 2 Maret 1915 di desa Soditan Lasem kabupaten Rembang.

Keluarga KH. Ali Maksum, sejak dari zaman kakek-kakeknya dahulu hingga sekarang adalah keluarga besar yang kehidupan sehari-harinya tidak lepas dari nilai-nilai kepesantrenan. Ayahnya KH. Ali Maksum yang terkenal dengan panggilan Mbah Ma’shum ini merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah di desa Soditan, Lasem, Rembang.

Beliau pernah menjabat sebagai Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 1981-1984 menggantikan Rais Aam periode sebelumnya, KH. Bisri Syansuri yang meninggal pada 25 April 1980. Kala itu KH Ali Maksum terpilih sebagai Rais Aam berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Nahdlatul Ulama pada 30 Agustus – 2 September 1981 di Kaliurang, Yogyakarta.

Selain itu beliau juga pernah aktif berpolitik, pada tahun 1955, Ali Maksum terpilih menjadi anggota Konstituante melalui Konferensi Alim Ulama NU di Watu Congol, Magelang pada tanggal 17-18 Agustus 1955 mewakili Yogyakarta. Kemudian beliau juga aktif menjadi dosen di IAIN Sunan Kalijaga sejak tahun 1960-an serta menjadi anggota Tim Penterjemah Alquran sejak tahun 1962.

Sebagai Kiai, Ali Maksum aktif mengajar dan menulis kitab, di antaranya:

  1. al-Amtsilah at-Tashrifiyyah (Kitab tentang ilmu Shorof, yang kemudian dikenal sebagai Shorof Krapyak)
  2. Fatkhul Qadir (Kitab tentang ukuran dan takaran Arab dalam bahasa Indonesia)
  3. ad-Durus al-Falakiyah (Kitab tentang ilmu falak).
  4. Badi’atul Mitsal (Kitab tentang ilmu falak)
  5. Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah (Kitab tentang argumentasi nahdlatul ulama)

Visi Pendidikan

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Pesantren Ali Maksum senantiasa berupaya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan visinya yaitu: “Menjadikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Ali Maksum sebagai Madrasah berbasis pesantren yang unggul dan berprestasi.”

Nah adapun misi pendidikannya adalah: “Menyelenggarakan pendidikan madrasah tingkat menengah berbasis pesantren guna membentuk santri beradab, berilmu, sehat jasmani dan rohani, fasih membaca Al Qur’an, memahami kitab kuning dan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara baik dan benar.”

Kurikulum dan Program Pendidikan

Secara umum Pendidikan di Pondok Pesantren Ali Maksum menganut pola campuran yang terintegrasi baik ke dalam sistem formal maupun nonformal. Pengajian kepesantrenan sebagai bentuk pendidikan nonformal di samping dalam rangka mempertahankan pola konvensional, juga sebagai wahana pengintensifan pendidikan dan bimbingan kepribadian antar personal dalam bentuk metode sorogan dan bandongan.

Sedangkan pendidikan pola madrasah-formal diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan juga untuk mengembangkan metode-metode belajar mengajar moderen secara klasikal dan terukur dengan tetap memasukkan muatan-muatan kepesantrenan di samping materi non-ilmu keagamaan. Adapun program pendidikan formal yang tersedia di Pesantren Ali Maksum ialah:

  • Madrasah Tsanawiyah

Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum adalah sekolah formal setingkat SLTP berciri-khas agama Islam dengan status Terakreditasi A. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum memadukan program kurikulum lokal pondok pesantren dan kurikulum nasional (Depag dan Diknas)

  • Madrasah Aliyah

Madrasah Aliyah Ali Maksum merupakan lembaga pendidikan formal setingkat SLTA dengan akreditasi A. MA Ali Maksum menyelenggarakan pendidikan dengan 3 jurusan dan program kelas persiapan :

  • Jurusan Budaya dan Bahasa
  • Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Kemudian selain mengikuti pembelajaran di kelas, para santri juga akan mengikuti berbagai program pengembangan minat dan bakat. Pengembangan bakat dan minat santri dilaksanakan melalui kegiatan ekstra kurikuler antara lain : belajar kelompok setiap malam, pendidikan pers, majalah siswa, majalah dinding, buletin siswa, ilmiah remaja, pelatihan kepemimpinan, pidato empat bahasa, komputasi, keterampilan tata boga, Palang Merah Remaja (PMR), beladiri Pencak Silat Pagar Nusa, olah raga (sepakbola, bola voli), kesenian qasidah dan hadrah, seni baca Al-Qur’an, Muhadloroh Arabiyyah dan English Meeting dan sebagainya.

Kehidupan Santri

ali

Secara umum kehidupan santri di Pesantren Ali Maksum dapat anda lihat dari jadwal kegiatan di bawah ini:

03.30-04.00: Bangun tidur
04.00-06.00: Shalat subuh, Pengajian Al Qur’an dan Kitab Kuning
06.00-07.00: Persiapan Madrasah
07.00-12.45: Kegiatan Madrasah
12.45-15.45: Shalat zuhur, Istirahat, dan Shalat ashar
15.45-17.00: Kegiatan Ekstrakulikuler
17.00-17.30: Persiapan Shalat maghrib
17.30-19.30: Shalat maghrib, kajian kitab serta Qur.an dan shalat isya
19.30-20.00: Shalat isya
20.00-21.30: Musyawarah dan Bimbingan Belajar
21.30-22.30: Kegiatan Asrama
22.30-03.30: Istirahat

Bagaimana, cukup padat bukan?

Biaya Pendidikan

Berdasarkan informasi terakhir yang kami dapatkan, berikut rincian biaya pendidikan di Pesantren Ali Maksum:

KeteranganNominal
IPP (Infaq Pengembangan dan Pembangunan)Rp 2.000.000
PPKP (Paket Penunjang Kegiatan Pendidikan)Rp 7.900.000
JumlahRp 9.900.000

Catatan:

  • PPKP terdiri dari uang pangkal, 4 stel seragam madrasah, seragam asrama, kitab pengajian, dana kesehatan, dan dana kegiatan santri.
  • Syahriyah selama 3 bulan pertama (Juli, Agustus dan September) dibayarkan lunas sebelum masuk ke pesantren. Adapun biaya perbulannya adalah 900 ribu rupiah.

Begitulah sekelumit profil tentang Pondok Pesantren Ali Maksum. Semoga bermanfaat ya!

Alamat Pesantren: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: https://alimaksum.com/

Baca juga:

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

(REVIEW) 9 Pesantren di Yogyakarta Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Bantul (2021)

Tinggalkan komentar