(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Lhokseumawe

Pesantren baik modern maupun salafiyah sebenarnya sama saja. Semua tergantung pilihan. Apakah ingin anak belajar mendalami ilmu agama tanpa bersekolah formal atau modern yang menerapkan keduanya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi pesantren di Aceh Lhokseumawe.

Pesantren di Lhokseumawe menawarkan pendidikan terbaik, baik itu menerapkan sistem salaf kental atau modern. Beberapa pesantren di bawah ini kami rekomendasikan setelah mempertimbangkan segi program, biaya maupun kualitas ustadz/ustadzahnya.

Penasaran apa saja? mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!  

Yayasan Misbahul Ulum Lhokseumawe

Yayasan Misbahul Ulum Lhokseumawe

Siapa sih yang tidak tahu yayasan Misbahul Ulum yang berlokasi di Lhokseumawe ini? Pesantren terbaik yang memadukan unsur keagamaan tradisional yang kuat dipadukan dengan unsur modernisasi atau kemajuan.

Keduanya dipadukan seperti halnya sistematika Pondok Pesantren Gontor yang terkenal. Tak heran jika pesantren ini dinobatkan sebagai pesantren paling besar di Lhokseumawe dengan banyak prestasi.

Jika Anda bertanya berapa total santri yang dimiliki? Jawabannya ada sekitar 1500 orang. Sejarah lengkapnya, pesantren ini berdiri di Desa Meuria Paloh Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. 100% penduduknya beragama Islam.

Tak heran jika wawasan keislaman yang amat tinggi. Pada tahun 1987 didirikan sebuah lembaga yang berkonsentrasi pada pendidikan generasi muda yaitu Dayah Nurul Muhtadie Al Aziziyah. Seiring berjalannya waktu, muncul ide untuk mendirikan lembaga pendidikan yang lebih formal dan modern.

Tak lupa dengan kurikulum yang mencakup kedua ilmu pengetahuan yaitu umum dan agama. Didirikanlah Pesantren Modern Misbahul Ulum yang resmi membuka pendaftaran untuk santri pada tanggal 12 Juli 1993 dengan jumlah 34 orang.

Peningkatan dan perbaikan sarana pendidikan pesantren di Aceh Lhokseumawe ini semakin pesat hingga saat ini dihuni oleh lebih dari 1500 santri.

BiayaBiaya Pembangunan sebesar Rp. 1.600.000, (Sekali selama belajar)

Biaya tahunan :
1. Uang Kegiatan Organisasi/Pramuka : Rp.   20.000,-
2. Uang Asrama dan Pengasuhan/tahun : Rp. 200.000,-
3. Uang Kesehatan Selama setahun : Rp. 200.000,-
4. Uang Lemari selama setahun : Rp. 100.000,
Jumlah : Rp. 520.000,-

Biaya Bulanan :
1. Uang Sekolah : Rp. 250.000,-
2. Uang Makan : Rp. 375.000,-
Jumlah  : Rp. 625.000,-

Total Keseluruhan Dana : Rp. 2.745.000,-
*Tidak termasuk biaya tilam, buku dan baju seragam sekolah
ProgramPendidikan modern dengan memadukan kurikulum terbaru dari pemerintah, penguasaan bahasa asing, ekstrakurikuler dan pendidikan diniyah, kitab kuning
Websitehttp://misbahululum.ac.id/profile-yayasan/#
AlamatDesa Meuria Paloh Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe

Jangan khawatir terkait kualitas pendidikan, karena pondok pesantren Misbahul Ulum ini sudah terakreditasi A dan terdaftar resmi di Kementerian Agama.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Utara

Pesantren Dayah Ar Raudhah

Pesantren Dayah Ar Raudhah

Apabila Anda menginginkan pesantren di Lhokseumawe dengan fasilitas lengkap, maka Dayah Ar Raudhah bisa menjadi pilihan yang tepat. Fasilitas yang dimiliki sudah cukup lengkap dengan tujuan untuk menunjang kenyamanan dan edukasi para santri dalam proses kegiatan belajar mengajar, menimba ilmu agama, dan belajar ilmu seperti pada umumnya.

Santri tidak hanya akan diajarkan ilmu agama saja tetapi juga berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Ekstrakurikuler ini pastinya diberikan di luar jam belajar di kelas. Tujuan adanya kegiatan ini agar santri dibekali dengan keterampilan praktis yang bermanfaat di kehidupan mereka. ‘

Selain itu juga sebagai antisipasi kebutuhan zaman modern yang terus menerus mengalami perkembangan pesat. Apabila Anda bertanya, prestasi apa sajakah yang sudah dicapai oleh Santriwan santriwati Pesantren Dayah Ar Raudhah ini? Ini dia lengkapnya:

  • Juara II { Medali Perak} Tarung Derajat Se-Provinsi Aceh Tingkat SD
  • Juara II { Medali Perak} Cabor Memanah Se-Provinsi Aceh Tingkat SD
  • Juara Hr 1 Mhh (Musabaqah Hifzh Hadist) Se-Kota Lhokseumawe
  • Pemenang Olimpiade Matematika SMP Se-Kota Lhokseumawe.
  • Juara 1 (Medali Emas) Cabor Tarung Derajat Putri Se-Provinsi Aceh Tingkat SMP.
  • Juara 1 Hafidz Qur’an 20 Juz Putra/Putri
  • Juara 1 Hafizh Qur’an 30 Juz Putra/Putri.

Masih banyak lainnya prestasi yang didapatkan oleh santri. Untuk info lengkap biaya, program, website dan alamat lengkapnya bisa Anda lihat pada tabel berikut ini:

BiayaSilahkan hubungi nomor pengasuh pesantren yang tertera di website.
ProgramPendidikan formal, tahfidz Qur’an, pengajian kitab kuning dan ekstrakurikuler.
Websitehttp://www.dayaharraudhah.com/berita/PENERIMAAN-SISWA-SISWI-SD-SMP-SMA-AL-QURAN-AR-RAUDHAH-AKAN-DIBUKA-BULAN-06-JANUARI-2021-SD-APRIL-2021
AlamatJalan Buloh Blang Ara KM.05 Gampong Blang Weu Panjoe (7,96 km) Kota Lhokseumawe 24355

Pesantren di Aceh Lhokseumawe yang satu ini memang kurang terdengar di telinga masyarakat. Namun jangan salah, apabila melihat segudang prestasi yang dimiliki, maka pesantren ini patut diacungi jempol.

Bahkan sejak kelas 1 SD santri akan diajarkan hadits yang menunjukkan kebaikan. Tujuannya agar membentuk dan mengembangkan kepribadian anak dan mengarahkannya ke yang lebih baik. Pedoman hadits juga memiliki nilai yang sangat penting untuk manusia. Sampai sini bisa dipahami kan?

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Barat

Pesantren Ulumuddin Lhokseumawe

Pesantren Ulumuddin Lhokseumawe

Pesantren atau Dayah Ulumuddin terletak di Cunda-Lhokseumawe, Aceh yang merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk anak-anak belajar lebih jauh tentang Islam. Pesantren ini menganut sistem Boarding yang dipadukan dengan kurikulum Kementerian Agama dan Pendidikan Nasional.

Awal pertama berdirinya pesantren di Aceh Lhokseumawe ini berangkat dari ide yang sudah dicetuskan oleh. Syamaun Risyad yang pernah belajar di Universitas Umm Al Qura Makkah pada sekitar tahun 1986. Ide ini berangkat dari keinginan beliau untuk menerapkan ilmunya pada anak bangsa dengan mencetak generasi yang bertaqwa.

Pada tahun yang sama, beliau sedang mencari lokasi yang strategis untuk mendirikan sebuah pesantren. Hingga pada akhirnya beliau menemukan sebuah tanah di Desa Uteunkot Kecamatan Muara Dua yang merupakan tanah wakaf masyarakat.

Setelah urusan administrasi tanah selesai, maka pihak H, Syamaun mendirikan Dayah Ulumuddin pada tahun 1988 dan tokoh masyarakat lainnya.

BiayaSilahkan hubungi pihak pesantren.
ProgramPendidikan formal:
1. Madrasah Tsanawiyah Plus
2. SDIT
3. SMK Plus

Pendidikan Non Formal Madrasah Diniyah
Ekstrakurikuler:
1. Latihan pramuka
2. Pembinaan penghafal qur’an dan pembacaannya 
3. Pengembangan keprofesionalitasan jurnalistik dan publisistik
4. Olahraga 
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
7. Berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
8. Pengembangan Drumband, Qasidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidzul Qur’an
11. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Website
AlamatJl. H. Meunasah, Uteunkot, Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh 24355 Telepon: (0645) 44813

Apabila Anda ingin mengetahui bagaimana lokasi sesungguhnya dari beberapa pesantren di atas, maka segera luncurkan kendaraan Anda ke alamat yang sudah tertera di atas. Memilih pesantren untuk anak memang tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sebagai orang tua, Anda harus tahu dimana lokasi tepat anak anda belajar ilmu agama, bagaimana suasana disana, apakah fasilitasnya sudah sesuai dengan keinginan atau tidak.

Pesantren di Aceh Lhokseumawe di atas adalah terbaik diantara yang lainnya. Anda bisa langsung membuktikan kebenarannya sekaligus menanyakan rincian biaya dan melihat pengajaran seperti apa yang sedang dilaksanakan. Raih dunia dan akhirat untuk anak Anda.

Tinggalkan komentar