(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Timur

Aceh Timur merupakan kabupaten yang terkenal akan tempat wisata yang mengagumkan, terutama panorama alamnya. Disana banyak terdapat air terjun dan pantai yang indah. Namun, juga sangat cocok untuk menuntut ilmu agama. Oleh karena itu rekomendasi pesantren di Aceh Timur sangat penting.

Khususnya bagi orang tua yang menginginkan anak perempuannya terhindar dari segala bentuk pergaulan bebas. Simak rekomendasinya dari awal hingga akhir!

Pesantren Nurul Ulum Peureulak Tahfidz Qur’an

Pesantren Nurul Ulum Peureulak Tahfidz Qur'an

Apabila Anda ingin memondokkan anak di pondok yang khusus untuk menghafal kitab suci, maka bisa mendaftar ke Pesantren Nurul Ulum Peureulak. Alamat tepatnya ada di Cot Keh, Peureulak. Pesantren ini bisa dibilang sistem modern dengan model pembelajaran aktif di dalam kelas.

Apabila Anda tinggal di Aceh Timur dan sekitarnya, maka pesantren ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kelebihannya adalah terdapat pendidikan formal yang cukup lengkap. Mulai dari Madrasah Tsanawiyah, Aliyah dan SMA Plus.

Anak Anda juga akan diajarkan pendidikan khusus pesantren yang lebih mengedepankan akhlak, fiqih dan ilmu penting lainnya. Selain itu, anak juga akan dibina untuk menghafal Al Qur’an dengan prgram tiga tahun hingga enam tahun.

Apabila Anda mengambil program tiga tahun, maka anak hanya akan ditargetkan menghafal 10 juz saja. Namun jika enam tahun, maka akan hafal hingga 30 juz. Tentunya jumlah tersebut tidak sedikit tetapi pahalanya yang sangat banyak.

Di sisi lain, karena pesantren modern, maka diterapkan penguasaan bahasa arab dan inggris secara aktif maupun pasif. Ada waktu khusus yang disediakan pengajar untuk memberikan pengajaran kosakata dan berlatih komunikasi.

Biaya3, 6 jutaan, SPP 700 ribu/bulan.
ProgramTahfidz Qur’an, pendidikan formal dan penguasaan bahasa asing.
Websitehttp://www.nurululum-aceh.sch.id/
AlamatSimpang kulintang, Jeungki, Kec. Peureulak Timu., Kabupaten Aceh Timur, Aceh 24443

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Tenggara

Pesantren Dayah Amal Peureulak

Pesantren Dayah Amal Peureulak

Pesantren di Aceh Timur selanjutnya adalah Dayah Amal Peureulak yang masih satu lokasi dengan Nurul Iman. Pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 20022 dan mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga sekarang.

Berbeda dengan Nurul Iman, Pesantren Dayah Amal ini lebih mengidentitaskan diri ke salafiyah. Dalam artian pengajarannya selalu menekankan ke kitab kuning dengan metode pembelajaran sorogan dan bandongan yang hampir sama dengan pesantren di Jawa.

Selain itu ada juga program ngaji pasaran (khusus Bulan Ramadhan) atau istilah lainnya adalah Sulok. Apabila Anda bertanya terkait jenjang formalnya, maka pesantren ini memiliki jenjang yang lengkap. Dimulai dari SD, SMP, SMK, SMA hingga perguruan tinggi.

Jangan khawatir soal fasilitas karena gedung yang dimiliki sudah cukup representatif dan layak. Mengingat pesantren ini lebih ke salafiyah, maka cara berpakaian santri juga resmi yaitu jubah putih dengan kopiah putih berudengkan sorban.

Biaya1,6 jutaan di awal masuk, SPP 500 ribu.
ProgramPendidikan formal, pengajaran kitab kuning dan   pengajian khusus ramadhan
Websitehttps://www.dayahamal.com/
AlamatJalan Medan Banda Aceh, Beusa Seberang, Peureulak Barat Aceh Timur Provinsi Aceh.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Utara

Pesantren Bustanul Huda Paya Pasi

Pesantren Bustanul Huda Paya Pasi

Pesantren Bustanul Huda Paya Pasi ini masuk menjadi kategori pesantren besar di Aceh Timur. Hal ini dikarenakan, dalam data Kemenag, memiliki 167 cabang. Alamat lengkapnya ada di Alue Cek Doi, Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Penampilan pesantren ini cukup kharismatik, terlebih ketiak dipimpin oleh ulama terkenal di Aceh Timur, yaitu Abu Paya Pasi. Baik secara formal dan informa pesantren ini sudah cukup maju, bahkan ketika masa kampanye, pesantren Bustanul Huda menjadi salah satu objek calon wakil presiden.

Menariknya lagi, pesantren ini dibangun di lokasi yang sangat luas dengan santri yang banyak. Animo masyarakat sudah tertarik, sehingga tak heran jika dinobatkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Aceh Timur.

BiayaSilahkan datang langsung ke lokasi pesantren
ProgramPendidikan formal, informal
Website
AlamatAlue Cek Doi, Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Barat

Yayasan Dayah Darul Istiqomah

Yayasan Dayah Darul Istiqomah

Pondok pesantren di Aceh Timur yang satu ini merupakan sebuah yayasan yang berlokasi di Jalan Pendidikan Dusun Elee Blang-Desa Meunasah Teungoh. Program yang diunggulkan adalah pelajaran Tauhid dan Aqidah.

Apabila di total, jumlah ustadz atau pengajarnya sekitar 13 orang lebih. Dalam yayasan ini juga diajarkan kitab kuning dan pengajaran formal yang mengikuti kurikulum pemerintah pada umumnya. Jadi, bagaimana apakah Anda ingin menyekolahkan putri disini?

BiayaSilahkan datang langsung ke lokasi pesantren
ProgramPendidikan formal, informal, kitab kuning intensif
Website
AlamatJalan Pendidikan Desa Ulee Blang-Desa Meunasah Teungoh

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Lhokseumawe

Yayasan Pesantren Nurul Yaqin

Yayasan Pesantren Nurul Yaqin

Pesantren Nurul Yaqin ada di Buket Peulawi. Jumlah santrinya cukup banyak yaitu 129 orang yang bermukim di pesantren dan 115 santri merupakan masyarakat asli. 14 orang dari luar daerah. Semua santri diampu oleh guru atau ustadz yang berjumlah 11 orang.

Anda tidak perlu khawatir, karena walaupun jumlah ustadz atau guru sedikit, namun tetap bisa mengcover semua santri yang ada di pesantren. Tak heran, jika Yayasan Pesantren Nurul Yaqin direkomendasikan untuk perempuan karena pengajarnya yang berkualitas dan peraturan disiplin yang ditetapkan.

BiayaSilahkan hubungi pihak pesantren 
ProgramPendidikan formal, informal, kitab kuning intensif
Website
AlamatBuket Peulawi Aceh Timur.

Pesantren Bayanuddin

Pesantren Bayanuddin

Pondok pesantren selanjutnya adalah Bayanuddin yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara, lebih tepatnya ada di Desa matang Kumbang. Pesantren ini dihuni oleh 108 santri dengan pengajar, guru atau ustadz sebanyak 11 orang.

Tentunya jumlah tersebut cukup banyak untuk daerah Aceh Timur. Jadi apabila Anda ingin memondokkan anak perempuan, maka pesantren Bayanuddin bisa menjadi pilihan.

BiayaSilahkan hubungi pihak pesantren 
ProgramInformasi bisa didapatkan melalui pengurus pondok
Website
AlamatDesa Matang kumbang, Aceh Timur.  

Pesantren Dar Faqih Qur’ani

Pesantren Dar Faqih Qur’ani

Pesantren Darul Faqih Qur’ani terkenal dengan berbagai prestasi yang dimiliki oleh santri wati. Oleh karena itu, tak heran jika pesantren ini dipercayakan oleh masyarakat Aceh Timur dan sekitarnya untuk memondokkan anak perempuan mereka.

Belakangan ini, santriwan dan santriwati Dar Faqih Qur’ani mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya adalah Juara 1 Kaligrafi se Aceh, juara 2 kaligrafi, juara 2 dan 3 Trivia Quiz Se Aceh dan juara 2 Lomba cerdas cermat Pendidikan Agama Islam se Aceh Timur.

BiayaSilahkan hubungi pihak pesantren 
ProgramPendidikan formal, informal, ekstrakurikuler kaligrafi, pendidikan qur’an lengkap dan lain sebagainya.  
Websitehttps://darfaqihqurani.sch.id/
AlamatJalan Banda Aceh Medan, Gp Keude Birem, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur.   

Pesantren di Aceh Timur memang cukup banyak. Namun tidak semuanya direkomendasikan untuk santri perempuan. Mengingat bahwa sebagai orang tua harus memberikan yang terbaik untuk anaknya. Berikan tempat yang layak, pendidikan yang berkualitas dengan para guru, ustadz yang memegang teguh keimanan.

Pesantren di Aceh Timur di atas, bisa langsung Anda datangi sesuai dengan alamat yang tertera pada tabel. Tanyakan informasi selengkapnya perihal biaya masuk, bulanan dan lainnya.

Tinggalkan komentar