(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Utara

Aceh Utara menjadi salah satu kabupaten di Aceh yang padat industri. Salah satu buktinya adalah PT Arun LNG yang sudah ada sejak tahun 1974. Selain dikenal dengan daerah industri, ada beberapa pesantren di Aceh Utara yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki anak berprestasi.

Tentunya tidak hanya di bidang pendidikan umum saja tetapi juga agama sebagai bekal dan pegangan untuk menjalankan hidup yang banyak godaan ini. Berikut penjelasan lengkapnya, dan jangan lewatkan ya!

Pondok Pesantren Malikussaleh

Pondok Pesantren Malikussaleh

Pertama ada pesantren Malikussaleh yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Pengajaran yang dilakukan sudah mengkombinasikan antara ilmu umum (pendidikan formal) dengan berbagai jenjang dan kurikulum yang sudah mengikuti pemerintah.

Selain itu juga ada pengajaran ilmu agama melalui kitab kuning. Jadi santriwan/santriwati belajar untuk membaca kitab karangan Ulama’ terkenal dan memahaminya dengan baik. Tidak ketinggalan ada juga beberapa kegiatan ekstrakurikuler.

Contohnya adalah basket, grup belajar, karate, futsal dan masih banyak lagi lainnya. Perihal kompetensi ustadz/ustadzah tidak perlu diragukan lagi karena semuanya juga memahami sistematika pesantren yang ketat dan mendidik.

Mengingat pesantren ini sudah terdaftar di Kemenag Indonesia, maka Anda tidak perlu khawatir soal kelegalannya. Pesantren yang baik seharusnya bisa berperan sebagai pelindung santriwan santriwati dan menghindarkannya dari segala perbuatan tidak terpuji. Inilah yang coba diterapkan oleh Pesantren Malikussaleh.

BiayaSilahkan datang langsung ke pesantren
ProgramPendidikan formal, informal, kitab kuning dan ekstrakurikuler olahraga
Website–           –
AlamatDesa Rawang Itek, Tanah Jambo Aye, Alue Keutapang, Baktiya, Kabupaten Aceh Utara.

Pesantren di Aceh Utara Malikussaleh juga memiliki kegiatan yang menunjang pengembangan skill santri. Mereka akan dididik dengan kesungguhan dan pastinya aman, terhindar dari pergaulan bebas.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Bireuen

Pesantren Darul Muttaqin

Pesantren Darul Muttaqin

Pesantren Darul Muttaqin sudah ada sejak tahun 1989. Pesantren ini terletak di daerah yang strategis, lebih tepatnya sekitar 50 Km masuk ke wilayah Kabupaten Aceh Utara. Kawasan ini termasuk padat penduduk karena dihimpit oleh alue anoe, alue ie puteh, alue bili dan jamok.

Sejauh ini program salafi di pesantren Darul Muttaqin tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Hal inilah juga yang menyebabkan penduduk mempercayakan anaknya untuk menuntut ilmu di pesantren ini. Oleh karena itu, tak heran jika Darul Muttaqin memiliki banyak santri.

Kondisi keagamaan juga hampir sama dengan pesantren lainnya yang diisi oleh semarak kegiatan beragama yang terus dilakukan. Pendidikan yang dilaksanakan adalah:

1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal di pesantren ini terdiri dari SMP Terpadu, program wajar tingkat ula dan wustho.

2. Pendidikan Informal

Pendidikan informal di pesantren terdiri dari:

  • Majelis taklim yang dilaksanakan pada hari Jum’at akhir yang dipimpin oleh Abu Muhammad Nur.
  • TPA (Taman Pengajian Anak-Anak) yang diisi murid dari tingkat TK-SD yang dilaksanakan pada sore hari. Kegiatan ini diisi oleh guru pesantren Darul Muttaqin.
  • Salafiah, fiqih, tauhid, bayan, tasawuf dan lainnya yang diisi oleh Tgk Nurdin Ruby dan dibantu oleh beberapa ustadz yang mengajar.

Jika Anda bertanya tentang sarana dan prasarana yang ada di Pesantren ini, simak poin di bawah ini:

  • 1 ruang kantor sekretariat pesantren.
  • Ruang kantor SMP terpadu.
  • 13 balai belajar.
  • 2 musholla santriwan dan santriwati.
  • 2 asrama santriwan dan santriwati.
  • 1 rumah pimpinan pesantren.
  • 8 rumah dewan guru atau ustadz.
  • Sarana tempat olahraga
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
BiayaSilahkan lihat brosur pesantren
ProgramProgram di pesantren dibagi menjadi dua:
1. Program Fisik Pengembangan fisik berupa pengadaan sarana olahraga dan renovasi fasilitas.
2. Pengembangan non fisik Diisi oleh berbagai kegiatan contohnya adalah zikir, muhammad, dalail khairat, berpidato, ujian kemampuan santri.

Sedangkan program unggulan yang dimiliki adalah:
1. Fisik
Juara 1 Tenis meja se Aceh Utara piala Departemen Agama.
Juara 1 zikir akbar se Aceh Utara piala Dayah Paloh Gadeng Krueng Geukuh.
Juara 1 volly tingkat kecamatan.
2. Non Fisik
Juara 1 dalail khairat
Juara 1 musabaqah tilawatil qur’an.
Juara 1 membaca kitab kuning

Dan masih banyak lagi program pembinaan yang lainnya. Santri akan dibentuk menjadi seorang yang berprestasi tanpa melupakan ilmu agama.
Website
AlamatKabupaten Aceh Utara Kecamatan Baktiya Gampong Lhok Seutuy.

Pesantren di Aceh Utara Darul Muttaqin ini memang direkomendasikan baik untuk santriwan maupun santriwati. Pengajaran yang dilakukan membuat anak-anak mengisi masa remaja mereka dengan hal yang positif.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pidie

Pesantren Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada

Pesantren Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada

Pesantren yang satu ini melaksanakan seleksi ketat bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan. Bahkan pada tahun ini, pesantren kembali melaksanakan uji kemampuan peserta didik tingkat MTs dan MA.

Bagi Anda yang lebih mementingkan pendidikan anak di atas segalanya dengan alasan bahwa pendidikan nantinya akan dapat menentukan nasib anak-anak, maka pesantren di Aceh Utara Madinatuddiniyah Jabal Nur ini adalah pilihan yang tepat.

Terkait biaya pendaftaran, wali santri harus membayar Rp. 100.000 untuk membeli formulir. Biaya tersebut bersifat wajib baik bagi yang mendaftar tingkat Mts maupun MA. Pendidikan untuk anak-anak (MI) juga tersedia di pesantren ini.

BiayaSilahkan datang langsung ke pesantren
ProgramPendidikan formal, informal dan kitab kuning
Website
AlamatPaloh Lada Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh 

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Simeulue

Pesantren Darul Muta’alimin

Pesantren Darul Muta’alimin

Pesantren di Aceh Utara yang terakhir adalah pesantren Darul Muta’alimin yang mungkin tidak se populer beberapa yang sudah disebutkan di atas, namun tetap direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyekolahkan anaknya di pesantren.

Akreditasi pendidikan formal adalah B. Tidak terlalu buruk untuk jenjang pendidikan formal. Lokasinya ada di Jalan pesantren No. 01 Kampong Tanah Merah Aceh Utara. Siswa SMA nya kurang lebih 416 orang.

Jumlah tersebut cukup banyak karena terbagi menjadi beberapa kelas. Fasilitas, sarana dan prasarana juga sangat lengkap dengan 1 kegiatan ekstrakurikuler unggulan. Waktu belajar siang, membuat siswa gemar untuk bersekolah disini.

Anda bisa memilih 3 jurusan yang akan diampu oleh kurang lebih 15 guru dan 1019 pelajaran, baik umum maupun agama.

BiayaSilahkan lihat brosur pesantren
ProgramPendidikan formal, informal dan kitab kuning.
Website
AlamatJalan pesantren No. 01 Kampong Tanah Merah Aceh Utara

Pesantren memang pendidikan yang cukup unik. Santriawan dan santriwati akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang membuatnya paham akan dunia dan akhirat. Anak memang tidak sebebas ketika di rumah, tetapi justru itulah yang membuatnya tidak terkena pergaulan bebas dan paham akan norma dan aturan yang berkembang di masyarakat.

Pesantren di Aceh Utara di atas bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Lebih utama lagi jika survey langsung ke lokasi sambil memastikan bagaimana fasilitas yang dimiliki oleh pesantren dan sistem pengajaran yang dilakukan.

Tinggalkan komentar