(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Batang

Kabupaten Batang yang berada di pesisir utara sebelah barat Jawa Tengah kaya akan sumber daya alam mulai dari laut, hutan hingga kawasan wisata. Begitu juga dengan pesantren di Batang jumlahnya bisa dibilang banyak dan mempunyai beragam metode pengajaran.

Pesantren di Kabupaten Batang tidak hanya berkonsep tradisional saja tetapi sudah banyak yang menerapkan metode modern. Pondok pesantren terbaik di Batang diminati oleh santri dari berbagai daerah tidak hanya dari Jawa Tengah saja.

Beragamnya pesantren yang ada di Batang memang membuat orang jadi mempunyai pilihan mana tempat pendidikan yang dirasa paling tepat bagi putra putrinya. Ada baiknya bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan pesantren di Kota Batang mencari mana yang paling tepat.

Pondok Pesantren Al Inaaroh

Pondok Pesantren Al Inaaroh

Pendirian pondok pesantren ini awalnya memiliki tujuan untuk menangkal aliran sesat yang tidak sesuai dengan ajaran Quran dan Hadist. Pesantren di Batang yaitu Al Inaaroh memang memiliki visi dan misi untuk mencetak insan islami yang patriotik, moderat dan berjiwa Qurani.

Ponpes ini termasuk baru berdiri dengan lembaga pendidikan formal hanya setingkat SMP saja yaitu MTs. Namun pendidikan di sini sangat bagus dengan pengajaran kajian kitab dengan kearifan lokal yaitu menggunakan bahasa Jawa dan harus diikuti semua santri.

Pesantren Al Inaaroh bisa menjadi alternatif tempat pendidikan keilmuan sekaligus keagamaan bagi putra putri Anda.

Alamat Pondok Pesantren Al Inaaroh : Jalan Raya Batang-Bandar Km.9, Desa Brayo, Wonotunggal, Batang, Jawa Tengah.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Boyolali

Pondok Pesantren Modern Tazakka

Pondok Pesantren Modern Tazakka

Suasana belajar di pondok pesantren modern Batang ini sangat menyenangkan karena udaranya yang sejuk. Pendirinya adalah tiga bersaudara dengan tingkat pendidikan setara SMP dan SMA. Dengan pencapaian prestasi yang bagus alumni Tazakka sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Pondok pesantren di Batang dengan nama Tazakka tersebut memang sudah menggunakan sistem pendidikan modern. Jam pelajaran setiap harinya dimulai sejak jam 04.00 pagi sampai dengan jam 22.00 atau 10 malam.

Setiap hari siswa atau santri yang menuntut ilmu di sini harus berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris sedangkan bahasa Indonesia dipakai secukupnya saja hanya sebagai pengantar pelajaran.

Dengan berbagai keistimewaan yang dimiliki tersebut layak rasanya Tazakka menjadi bagian dari salah satu pesantren terbaik di Kota Batang.

Biaya pendidikan di Ponpes Modern Tazakka yaitu Rp11.000.000 ketika masuk awal dan SPP Rp900.000 setiap bulan. Pendaftaran santri baru dibuka mulai bulan Januari hingga Mei setiap tahunnya.

Alamat Pondok Pesantren Modern Tazakka : Desa Sidayu, Bandar, Batang, Jawa Tengah.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pemalang

Pesantren Al Hikmah

Pesantren Al Hikmah

Tujuan pesantren didirikan adalah untuk mengajak para santrinya kembali pada ahlusunnah wal jamaah. Caranya yaitu melalui pemberian materi ilmu tasawuf, tauhid, tajwid serta berbagai kitab kuning. Tidak ketinggalan juga pendalaman Al Quran kepada para santri.

Pondok pesantren di Batang ini memang berbasis salafiyah sehingga sangat mengutamakan kemurnian Quran dan Hadist. Ponpes yang diasuh oleh KH. Suprapto dan KH. Syaifudin tersebut mengalami perkembangan yang sangat baik.

Adapun jenjang pendidikan santri yang dapat menuntut ilmu di Pesantren Al Hikmah mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Jumlah santri laki-laki sekitar 50 orang dan perempuan 30 orang.

Alamat Pesantren Al Hikmah : Desa Sawangan, Gringsing, Batang

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Banjarnegara

Pesantren Darussalam

Pesantren Darussalam

Lokasinya yang relatif jauh dari kota justru membuat suasana pembelajaran pada pondok pesantren Kabupaten Batang ini berlangsung kondusif. Suasana yang nyaman dan tidak bising tersebut diharapkan dapat membuat para santrinya merasa betah.

Keunikan dapat ditemukan pada sistem pengajaran yang memadukan metode klasik dan modern dimana pelajaran agama diberikan secara berjenjang dan klasikal. Pendidikan dimulai dari marhalah satu sampai dengan enam lalu dilanjutkan pendidikan tambahan selama empat tahun.

Sedangkan yang dimaksud dengan pembelajaran modern adalah sistem belajar yang sama dengan sekolah umum dari tingkat SD hingga SMA utamanya yang berada di sekitaran ponpes Darussalam ini.

Tenaga pengajar pesantren di Batang tersebut tidak hanya berasal dari daerah sekitar tetapi juga berbagai daerah. Para pengajar merupakan lulusan terbaik dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia seperti Tebuireng, Jombang.

Alamat Pesantren Darussalam : Desa Kemiri Barat, Subah, Kabupaten Batang.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Temanggung

Pesantren Modern Selamat

Pesantren Modern Selamat

Dinamakan Pesantren Selamat karena merupakan bagian dari sebuah yayasan wakaf bernama Selamet Rahayu. Pesantren di Kabupaten Batang ini adalah cabang dari Ponpes Modern Selamat yang ada di Kendal.

Sejak berdiri pada tahun 2012 pesantren satu ini sudah menarik minat orang tua untuk memondokkan putra dan putrinya. Sekolah pesantren modern tersebut menempati lahan yang sangat luas yaitu 40 hektar.

Dengan lahan yang luas tersebut tersedia jenjang pendidikan dari tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi. Suatu hal yang masih langka perguruan tinggi dengan konsep pesantren modern di Indonesia.

Pesantren di Batang ini juga mempunyai kegiatan ekstrakurikuler yang beragam yaitu:

  • Bela diri
  • Basket
  • Paskibra
  • PMR
  • Pramuka dan sebagainya.

Dengan penerapan kurikulum dari Diknas diharapkan pendidikan di sini mampu menjadi bekal masa depan para santri.

Pesantren modern Selamat mengenakan biaya pendaftaran sebesar Rp7.000.000 dan SPP Rp700.000 per bulan.

Alamat Pesantren Modern Selamat Batang : Jalan Raya Batang-Semarang Km 14, Clapar, Subah, Kabupaten Batang.

Pesantren Ar Roudloh

Pesantren Ar Roudloh

Didirikan dan dirintis oleh KH. Ahmad Sholeh Ma’shum melalui petunjuk dari gurunya termasuk ulama kharismatik asal Rembang KH. Maimoen Zubair. Pondok ini mengambil prinsip salafiyah dan mengadakan pengajian rutin.

Karena mengusung konsep tradisional maka para santri di sini juga tidak akan memperoleh pembelajaran modern. Santri juga tidak diberi kegiatan ekstrakurikuler. Memang dari awal konsep pesantren di Batang tersebut adalah pembelajaran dengan kurikulum keagamaan.

Oleh karenanya semua santri di sini wajib untuk mengikuti kajian Al Quran, Sorogan pagi, sholawatan, manakiban dan tahlilan. Perkembangan pesat pondok pesantren Ar Roudloh dapat dilihat dari jumlah santri dari 800 sampai dengan 1000 yang tinggal di sana.

Alamat Pesantren Ar Roudloh : Jalan Syamsuri Gang MII Babadan, Desa Babadan, Limpung, Batang, Jawa Tengah.

Ponpes Darul Maarif

Ponpes Darul Maarif

Inilah pondok pesantren di Batang yang cukup terkenal namanya yaitu Darul Maarif. Jumlah santri maupun santriwati di sana ada ratusan orang dari jenjang pendidikan MI (SD) sampai dengan MA (SMA).

Pendidikan yang diberikan adalah modern dan tradisional yaitu salafi dengan penggunaan bahasa Jawa, Inggris dan sastra. Adapun pondok pesantren salafiyah di Batang ini mengusung visi mencetak generasi yang militan dan berakhlakul karimah yang sudah sulit ditemukan di Indonesia.

Para santri ditekankan untuk selalu menjaga adab dan berlaku hormat kepada orang tua  dan guru sehingga dapat terbentuk suatu kebiasaan yang baik. Pondok pesantren dengan bangunan megah ini terletak di Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Batang.

Memilih pesantren di Batang yang terbaik bagi putra dan putri Anda sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit. Dengan metode pengajaran dan konsep yang beragam Anda pasti bisa memilih mana pesantren terbaik di Batang.

Tinggalkan komentar