(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Blora

Jumlah pesantren di Blora cukup banyak yang tersebar di banyak wilayah kecamatan, kelurahan dan desa. Blora sendiri terdiri dari 16 kecamatan dan 24 kelurahan dimana total desanya lebih dari 250 sehingga Anda bisa leluasa memilih ponpes yang terbaik.

Selain dikenal sebagai Kota Jati karena terdapat banyak hutan kayu jati di sana, Blora juga memiliki keistimewaan dengan banyaknya pondok pesantren. Ponpes di Blora cukup identik dengan pesantren di wilayah sekitarnya yaitu Rembang dan Pati.

Jenis ponpes di wilayah Blora juga cukup beragam dari pesantren tradisional, tahfidz Quran sampai dengan modern. Dari beberapa diantaranya termasuk memiliki program pendidikan terbaik, sehingga layak dijadikan rekomendasi untuk pendidikan putra-putri Anda.

Pesantren Al Banjari

Pesantren Al Banjari

Pondok pesantren di Kabupaten Blora ini memiliki keunggulan yaitu pesantren tradisional dengan sistem pendidikan modern. Santri di Ponpes Al Banjari memang difokuskan untuk belajar kitab namun mereka juga harus menguasai bahasa Inggris dan Arab.

Al Banjari merupakan pesantren di Blora yang memiliki dua program bagi santrinya, yaitu program AL Quran dimana santri harus belajar Al Quran mulai dari membaca, tahfidz hingga tafsir. Sedangkan program kedua yaitu santri mempelajari kitab kuning.

Sementara itu untuk program pendidikan formal yang dimiliki yaitu setara SMP dan juga SMA Islam Plus. Sehingga wajar kalau Ponpes Al Banjari menjadi salah satu yang terbaik di Kabupaten Blora.

Alamat Pondok Al Banjari di Jalan Mr. Iskandar Nomor 3, Desa Jetis, Kecamatan Kauman, Kabupaten Blora.

Alamat website resmi Al Banjari yaitu https://albanjariblora.wordpress.com/pondok-pesantren-al-banjari/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Jepara

Pondok Pesantren Khozinatul Ulum

Pondok Pesantren Khozinatul Ulum

Pondok pesantren satu ini memiliki latar belakang pendirian yang cukup bersejarah. Pendirinya bernama H. Moch Djaiz dengan alasan rasa prihatin karena di daerah tersebut belum ada pondok pesantren sebagai tempat pendidikan agama Islam.

Kebetulan pula pada saat yang bersamaan putri dari H. Moch Djaiz baru saja dinyatakan lulus khatam 30 juz Al Quran Bil Ghoib. Umi Hani demikian namanya juga memiliki keinginan yang sama dengan ayahnya yaitu mendirikan sebuah pesantren meskipun hanya sederhana.

Ponpes Khozinatul Ulum Blora memiliki beberapa program terbaik seperti pendidikan Al Quran, pendidikan formal juga non formal. Seluruh program pendidikan di pondok pesantren tersebut dikelola oleh PP Khozinatul Ulum.

Program pendidikan yang dimaksud terdiri dari:

  • TPQ
  • Tahfidzul Quran
  • Madrasah Diniyah
  • MI
  • MTS
  • MA

Pesantren Blora Khozinatul Ulum berkembang dengan baik hingga saat ini yaitu dengan memiliki unit-unit usaha. Beberapa unit usaha yang dikelola tersebut diantaranya ritel, BMT dan lain sebagainya. Sedangkan jumlah santrinya lebih dari 2000 orang sampai sekarang.

Alamat Pondok Pesantren Khozinatul Ulum berada di Jalan Mr. Iskandar Nomor XII/2 Mlangsen, Kecamatan Blora Kota, Blora.

Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah (0296) 31644.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Temanggung

Pesantren Mambaul Huda

Pesantren Mambaul Huda

Inilah pondok pesantren tertua di Blora namanya Mambaul Huda. Mengapa Mambaul Huda termasuk salah satu pondok pesantren di Blora yang terbaik karena sejarah Islam di wilayah tersebut tidak bisa dilepaskan dari peranannya.

Mambaul Huda berdiri sejak tahun 1900 dan masih eksis hingga saat ini dengan pendidikan non formal dan non formal. Pendidikan formal Mambaul Huda setingkat SMP dan lainnya adalah pendidikan non formal.

Keunikan pesantren di Blora ini yaitu tingkat pendidikannya yang hanya dasar dan menengah saja atau ula dan wustho. Sedangkan santri yang ingin melanjutkan ke tingkat pendidikan atas dipersilahkan untuk melakukannya di tempat lain.

Keunikan lainnya yaitu tarekatnya yang melekat erat yaitu cara-cara ibadah yang akan membuat para santri mencapai hakikat untuk lebih dekat dengan Allah. Sebagai ponpes tertua wajar kalau santrinya berasal bukan dari wilayah Blora saja tetapi juga seluruh nusantara.

Ponpes Mambaul Huda beralamat di Jalan KH. Zainal Abidin, Desa Temurejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor (0296) 361357.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sragen

Pesantren Al Hikmah Ngadipuro

Pesantren Al Hikmah Ngadipuro

Menyebut pondok pesantren terbaik di Blora belum lengkap kalau tidak memasukkan Al Hikmah sebagai salah satunya. Istimewanya lagi pesantren ini memiliki tapak sejarah yang menarik yaitu adanya silsilah Joko Tingkir.

Al Hikmah merupakan pondok pesantren dengan haluan Nahdhatul Ulama (NU) dan berdiri pada tahun 1988. Tidak heran, kalau program pendidikan di sini sangat kental dengan Quran, Hadist, fiqih, kitab-kitab salaf dan akidah.

Pada tingkat pendidikan Aliyah santri diwajibkan untuk belajar tafsir Quran dan Hadist selama 2 tahun. Meskipun begitu program pendidikan di Al Hikmah cukup variatif dengan tingkatan yang lengkap yaitu:

  • MI
  • MTs
  • SMK
  • Madrasah Salafiyah Halafiyah.

Dengan sistem dan jenjang pendidikan yang lengkap tersebut lumrah rasanya kalau dimasukkan sebagai salah satu ponpes yang terbaik di Blora.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Rembang

Safinatun Najah Tunjungan

Safinatun Najah Tunjungan

Ponpes Safinatun Tunjungan sangat erat secara psikologis dengan Ponpes Kyai Maimun Zubair yang ada di Sarang, Kabupaten Rembang. Ulama terkenal yang akrab dipanggil Mbah Moen tersebut memang sangat dikagumi dan kharismatik.

Nama besar beliau tentunya membuat orang percaya bahwa Safinatun Najah patut menjadi pondok pesantren di Blora yang terbaik. Keterkaitan tersebut disebabkan oleh pendirinya, yaitu Mohammad Wahib Ja’far Sukorame yang merupakan salah satu murid dari Mbah Moen.

Karena identik dengan pesantren di Sarang maka sistem pendidikannya juga tidak jauh berbeda begitu juga dengan metode pembelajaran yang diberikan. Kitab kuning menjadi aspek penting dalam pembelajaran yang diberikan kepada para santri di sini.

Adapun pendidikan formal pada pondok pesantren di Blora Jawa Tengah ini dibagi menjadi:

  • MI
  • MTs
  • MA
  • Program pendidikan non formal disediakan Madrasah Diniyah bagi para santri.

Satu keunggulan lagi yang dimiliki oleh Ponpes Safinatun adalah tagline penyelenggaraan pendidikan secara gratis bagi para santri. Hal yang sudah sangat jarang ditemui pada pondok pesantren modern saat ini.

Alamat Pondok Pesantren Safinatun Najah ada di Jalan Raya Tunjungan, Blingi, Sukorejo, Tunjungan, Blora.

Nomor telepon yang dapat dihubungi (0296) 5115165.

Pondok Pesantren Muhammadiyah At Tajdid 

Pondok Pesantren Muhammadiyah At Tajdid

Pondok pesantren Muhammadiyah di Blora ini diresmikan langsung oleh Prof. Dr. Suparman Syukur selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Dengan visi “Mewujudkan Generasi Islam yang Berkemajuan” ponpes ini selalu mengedepankan dakwah Islam dalam kegiatannya.

Visi dan misi tersebut dilakukan melalui cara mendidik anak-anak yang berasal dari pelosok Nusantara, supaya nantinya dapat menjadi penerus perjuangan bangsa terutama dakwah Islam di pondok pesantren.

Program pendidikan dilakukan selama 6 tahun yaitu:

  • SMP
  • SMA
  • Pendidikan Takhasus

Para pengajar ponpes ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja melainkan juga dari luar negeri sehingga layak disebut sebagai pondok pesantren di Blora terbaik.

Alamat Pondok Pesantren Muhammadiyah At Tajdid Blora di Jalan Cepu-Randublatung, Petak, Desa Tambakromo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Nomor telepon (0296) 4269044.

Setelah mengetahui daftar beberapa pondok pesantren di Blora yang terbaik beserta program-programnya, kini Anda dapat lebih leluasa dalam memilih mana yang paling tepat bagi putra putri. Pendidikan adalah warisan terbaik yang dapat diberikan orang tua kepada anak-anaknya.

Tinggalkan komentar