(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Bondowoso

Wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, Bondowoso, menjadi satu-satunya kabupaten yang tidak mempunyai pantai. Meskipun demikian, kabupaten ini memiliki sejumlah pesantren, dan tentu saja berbagai pesantren di Bondowoso tersebut bisa menjadi rujukan saat ingin menambah ilmu agama.

Jumlah pesantren di kota yang dijuluki sebagai Kota Megalitikum ini sangat banyak. Makanya, tidak heran jika Bondowoso juga didapuk sebagai salah satu Kota Pesantren di Indonesia.

Pesantrennya juga macam-macam, ada pesantren tradisional, pesantren modern, pesantren tahfidzul qur’an dan lain sebagainya. Berikut ini akan disampaikan beberapa dari pesantren tersebut, dan perlu diketahui bahwa urutan penyebutan pesantren ini bukanlah peringkat, hanya sekedar urutan biasa.

1. Pesantren Nurut Taqwa Cermee

Pesantren Nurut Taqwa Cermee

Pesantren Nurut Taqwa adalah pesantren yang sudah ada sejak tahun 1976 yang lalu. Melihat tahun berdirinya tersebut, pesantren ini bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren yang tua di wilayah Bondowoso.

Pesantren Nurut Taqwa pada awalnya adalah sebuah masjid yang kondisinya kurang terawat. Berkat sentuhan Almaghfurlah KH. Ma’shum Zainullah, masjid ini kemudian menjelma menjadi pesantren yang masih eksis hingga saat ini dengan model pendidikan yang khas NU.

Pesantren Nurut Taqwa bisa dikatakan mempunyai peran yang cukup penting di Kota Megalitikum ini. Sebab, Pesantren Nurut Taqwa bahkan pernah menjadi tuan rumah untuk Bahtsul Masa’il yang ke-17 se-Karesidenan Besuki.

Metode pendidikan yang diterapkan di pesantren ini mirip dengan pesantren lain pada umumnya, yaitu sorogan serta pendalaman kitab klasik. Diantara kitab yang digunakan di pesantren ini ialah Tafsir Jalalain, Al Jawahirul Kalamiyah, Fathul Qorib, Alfiyah Ibnu Malik, Imrithy dan sebagainya.

Dalam pesantren ini, terdapat beberapa program pendidikan yang terdiri atas:

  • Madrasah Diniyah yang terdiri atas jenjang ula dan jenjang wustho
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Madrasah Aliyah (MA)
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • Lembaga Bahasa Arab (LBA)
  • Lembaga Bahasa Inggris (LBI)
  • Lembaga Bimbingan Membaca Kitab (LBMK)
  • Lembaga Tahfidzul Qur’an

Pesantren Nurut Taqwa berada di Jl. Raya Cermee No. 09 Grujugan, Cermee, Bondowoso

Sementara alamat website Pesantren Nurut Taqwa adalah http://nuruttaqwa.net/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Trenggalek

2. Pesantren Darul Istiqomah Maesan

Pesantren Darul Istiqomah Maesan

Salah satu pesantren di Bondowoso yang terbaik adalah Pesantren Darul Istiqomah Maesan. Pesantren ini tergolong sebagai pesantren modern dengan lingkungan yang asri, sejuk serta bangunan yang cukup megah.

Kawasan Pesantren Darul Istiqomah Maesan berada cukup jauh dari jalan raya. Hal ini membuat suasana belajar santri menjadi lebih nyaman. Pesantren yang didirikan tahun 1994 ini memiliki kurikulum yang menganut sistem KMI.

Ini adalah sistem pendidikan yang mengombinasikan antara Diknas, Depag serta ilmu agama Islam. Ketiga kombinasi tersebut diajarkan menggunakan sistem kelas. Pesantren yang didirikan oleh KH. Masruri Abdul Muhit ini juga menerapkan pola komunikasi yang menggunakan bahasa Arab serta Inggris.

Pesantren ini berada di atas lahan yang cukup luas, sekitar 4 hektar. Dalam pesantren ini juga ada program-program dan jenjang pendidikan berikut ini.

  • Program Tahfidz Reguler atau Tahfidz TMI dengan target 4 juz hingga tamat TMI dan program ini wajib diikuti oleh semua santri
  • Tahfidz Khusus (TMI Tahfidz) yang targetnya 30 juz dan santri yang ingin mengikuti program ini harus mengikuti tes tersendiri setelah santri tersebut lulus tes masuk TMI.
  • Tarbiyatul Muallimin al-Islamiyah (TMI)

Adapun biaya yang berlaku di Pesantren Darul Istiqomah Maesan ini, informasinya sebagai berikut.

Biaya PendaftaranRp100.000
Biaya Daftar Ulang dan termasuk iuran bulanan 1 bulanRp2.950.000
Iuran bulanan (Uang makan + uang SPP)Rp500.000

Pondok Pesantren Darul Istiqomah Maesan ada di Desa Pakuniran, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso.

Sementara alamat website Pesantren Darul Istiqomah Maesan adalah https://www.darulistiqomah.id/

Baca: Pesantren Terbaik di Bangkalan

3. Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan

Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan

Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan menjadi salah satu pesan yang terbaik di Bondowoso. Pesantren ini tidak hanya dikenal di wilayah Bondowoso, namun di sekitarnya juga. Salah satu pesantren di Bondowoso ini bahkan menjadi salah satu pesantren yang terbaik di Jawa Timur.

Diketahui Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan berdiri pada tahun 1970 dengan pendirinya adalah KH. Muhammad Ma’shum. Pesantren ini menggunakan sistem serta disiplin pendidikan dari Pondok Gontor. Dengan sistem pendidikan tersebut, pesantren ini memadukan antara pendidikan umum dan agama.

Perihal pendidikan umum, dalam pesantren ini berlaku penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi yang dipraktekkan baik di luar kelas maupun di dalam kelas. Tidak hanya menonjolkan penggunaan bahasa, pesantren ini juga mengedepankan pendidikan akhlak.

Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk ambulance, sarana kesenian olahraga baik untuk santri putra maupun santri putri, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, gedung sekolah baik untuk santri putra maupun santri putri, masjid santri putra dan santri putri.

Ada juga asrama putra dan asrama putri, serta kantor, perpustakaan, gedung pertemuan serba guna, ruang inap wali santri putra serta wali santri putri. Sementara untuk program pendidikan di salah satu pesantren di Bondowoso ini sebagai berikut.

  • KBIT atau Kelompok Bermain Islam Terpadu
  • TKIT atau Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu
  • MDA atau Madrasah Diniyah Awaliyah
  • SD atau Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah
  • SMP atau Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Ishlaj
  • KMI atau Kulliyatul Muballighie Al-Islamiyah untuk putra serta untuk putri
  • STIT atau Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ishlah
  • Tahfidzul Qur’an dan juga terjemahannya, I’robul Qur’an dan Kitab Kuning dengan metode Tamyiz serta Tahsinul Qiro’ah dengan metode Ummi

Sementara untuk biaya pendidikan, di Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan ada tiga model pembayaran sebagai berikut.

Jika keluarga santri mampuRp700.000
Jika keluarga santri kurang mampuMinimal Rp350.000
Jika keluarga santri sama sekali tidak mampuGratis

Pesantren Modern Al Ishlah Grujugan berada di Jl. Raya No. 17 – 19 KM. 07, Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Bondowoso, Jawa Timur.

Sementara alamat websitenya di https://alishlah.ponpes.id/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Ngawi

4. Pesantren Al Irsyad Bondowoso

Pesantren Al Irsyad Bondowoso

Salah satu pesantren terbaik yang ada di Bondowoso adalah Pesantren Al Irsyad. Pesantren ini memiliki nuansa yang cukup berbeda dengan pesantren Al Ishlah yang menerapkan sistem modern. Pasalnya, Pesantren Al Irsyad termasuk salah satu pesantren yang kiblatnya adalah sunnah dan Al-Qur’an.

Hal ini bisa terlihat dalam pola kehidupan sehari-hari yang harus diterapkan oleh para santri, dan pesantren yang seperti ini pada umumnya lebih menonjolkan pengamalan sunnah dalam kesehariannya. Misalnya, pembiasaan sholat tahajud, adab bergaul, adab berpakaian dan lain sebagainya.

Tidak hanya ada pembiasaan tersebut, di sini juga ada standar hafalan yang kalau untuk jenjang aliyah, jumlahnya 18 juz. Untuk masalah keilmuan sendiri, Pesantren Al Irsyad Bondowoso lebih cenderung ke pendidikan yang formal. Hal ini terbukti dengan adanya Madrasah Tsanawiyah serta Madrasah Aliyah.

Diantara program kegiatan yang wajib diikuti oleh para santri di Pesantren Al Irsyad Bondowoso adalah:

  • Da’wah
  • Pelatihan kepemimpinan
  • Tadabbur alam
  • Pelatihan muadzin
  • Pelatihan imam
  • Liqo mufrodat
  • Hiwar usbuhiyyah
  • Sholat tahajud
  • Sholat sunnah rowatib
  • Sholat jamaah
  • Tadarus bersama / tahfidz qur’an

Alamat Pesantren Al Irsyad Bondowoso berada di Jl. Supriyadi No. 144 Bondowoso. Alamat ini berada di tengah kota yang dekat dengan terminal.

Sedangkan untuk alamat websitenya di alirsyadbws.ponpes.id

Memilih pesantren terbaik untuk menimba ilmu agama adalah sebuah keharusan, dan beberapa pesantren di Bondowoso di atas juga bisa dimasukkan dalam daftar rujukan. Kami berharap informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar