(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Jepara

Kabupaten Jepara yang berada di daerah pesisir utara Jawa Tengah mempunyai deretan pesantren yang layak dijadikan sebagai tempat pendidikan putra putri Anda. Pesantren di Jepara tidak jauh berbeda dengan ponpes di wilayah pesisir lainnya seperti Rembang, Pati dan Blora.

Pondok pesantren di Jepara kebanyakan memang fokus pada pembelajaran kitab kuning kepada santrinya, namun tidak sedikit juga yang sudah memakai sistem modern. Jenjang pendidikannya juga beragam mulai dari tingkat terendah hingga setara dengan SMA.

Dari sekian banyak jumlah pesantren di Kabupaten Jepara tersebut tentunya ada beberapa bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Salah satunya mungkin layak dijadikan sebagai tempat putri dan putri menempa ilmu pengetahuan sekaligus memperdalam agama Islam dengan baik dan benar.

Al Muttaqin Kedung

Al Muttaqin Kedung

Salah satu pesantren di Jepara yang layak dipertimbangkan adalah Al Muttaqin yang ada di daerah Kedung. Lokasi ponpes ini memang relatif jauh dari perkotaan namun hal tersebut tidak menyurutkan minat orang untuk menuntut ilmu di sana.

Berdiri di atas tanah yang cukup luas yaitu sekitar 2 hektar pesantren Al Muttaqin banyak diminati oleh para wali dari santri di daerah Jepara. Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari program pengajaran yang dilakukan di pesantren tersebut.

Al Muttaqin memiliki dua jenis pendidikan untuk para santri yaitu formal dan non formal dengan kelebihan masing-masing. Keunggulan pengajaran pada pesantren di daerah Jepara tersebut adalah santri ditekankan untuk menguasai bahasa Arab.

Penguasaan bahasa Arab tersebut meliputi lisan dan tulisan baik secara aktif maupun pasif serta nahwu dan sharf. Selain itu santri juga harus selalu mengamalkan Quran dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari bukan sekedar dihafalkan saja.

Pendidikan formal di Al Muttaqin menggunakan Kurikulum Mandiri Pesantren (KMI) sama dengan kurikulum yang dipakai oleh pesantren modern atau boarding school. Lama pendidikan 6 tahun hingga lulus SD atau empat tahun jika setingkat SMP.

Informasi lain tentang Al Muttaqin yaitu:

  • Biaya masuk Rp3.2000 dan biaya pendidikan Rp500.000 per bulan
  • Alamat Pesantren Al Muttaqin : Sowankidul, Kedung, Kabupaten Jepara
  • Nomor telepon : (0291) 3307532
  • Alamat website : https://almuttaqinjepara.com

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pemalang

Darul Falah Amtsilati

Darul Falah Amtsilati

Darul Falah Amtsilati layak dijadikan sebagai salah satu rekomendasi pondok pesantren Jepara terbaik. Keunikan dari pembelajaran di sini yaitu santri bisa memilih metode pendidikan yang akan diambilnya selama di pesantren.

Tidak heran jika santri pesantren ini berdatangan dari penjuru wilayah, baik di Jawa Tengah ataupun lainnya. Adapun metode belajar yang disediakan untuk para siswa atau santri antara lain:

  • Amtsilati
  • bahasa Arab
  • bahasa Inggris
  • tasawuf

Masa belajar masing-masing program adalah selama 6 bulan.

Nama Amtsilati diambil dari kitab yang dibuat oleh pengasuh pesantren yaitu Kiai Taufiqul Hakim. Amtsilati adalah sebuah metode yang digunakan untuk membaca kitab kuning dengan nahwu dan shorof yang lebih mudah serta praktis.

Sejak berdiri pada tahun 2001 sampai sekarang pesantren ini sudah mengalami perkembangan cukup pesat. Luas pesantren yang dulu hanya beberapa ratus meter saja kini sudah menjadi 5 hektar dengan santri berjumlah lebih dari 2500 orang.

Pendidikan formal Darul Falah Amtsilati terdiri dari:

  • MI
  • MTs
  • MA
  • Program khususnya tahfidz Al Quran.

Biaya masuk Rp9.000.000 dan biaya SPP bulanan Rp750.000 untuk para setiap siswa.

Alamat Darul Falah Amtsilati adalah Dukuh Sidorejo, Bangsri, Kabupaten Jepara.

Alamat website : https://psb.amtsilatipusat.com/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Rembang

Balekambang Raudlatul Mubtadiin

Balekambang Raudlatul Mubtadiin

Pondok pesantren di Jepara ini lebih terkenal dengan nama aslinya yaitu Raudlatul Mubtadiin sedangkan Balekambang adalah nama daerahnya. Perlu diketahui bahwa Raudlatul Mubtadiin merupakan pondok pesantren tertua di daerah Jepara dan berdiri sejak 1884.

Pondok pesantren tertua di Jepara tersebut kini telah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 3000 orang. Yang unik dari pesantren ini yaitu masih dipertahankannya metode pengajaran tradisional khas Nadhlatul Ulama (NU) yaitu ngaji sorogan.

Santri juga akan belajar bagaimana menghafal bait-bait Alfiyah serta harus menghormati kiai yang kedudukannya sangat ditinggikan. Pendidikan akhlak dianggap sangat penting bagi pesantren satu ini. pendidikan formal terdiri dari:

  • MI
  • MTs
  • MA
  • SMK

Nyatanya pesantren terkenal di Kabupaten Jepara Jawa Tengah tersebut telah membuktikan prestasinya di tingkat nasional dengan mengembangkan mobil listrik bersama Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Prestasi tersebut mampu mengantarkan pada perlombaan tingkat Internasional di Okinawa, Jepang yang dikenal sebagai pusat teknologi Asia.

Biaya MasukSPP/bulan
SMA : Rp2.000.000Rp600.000
SMK : Rp3.000.000 

Alamat : Balekambang, RT.07 RW.02, Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara.

Alamat website : https://www.pesantrenbalekambang.org/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Temanggung

Zhilalul Quran Batealit

Zhilalul Quran Batealit

Sesuai dengan namanya Zhilalul Quran pengajaran pesantren di Jepara ini memang fokus pada pendidikan tahfidz Quran. Wajar jika kemudian santrinya sering memperoleh gelar pada kejuaraan MTQ tingkat nasional seperti di tahun 2018 berhasil menjadi juara 1.

Para santri diajarkan untuk ngaji kitab kuning dan hafal Quran sehingga nantinya bisa memiliki keunggulan di bidang tersebut. Karena ingin pengajaran benar-benar bisa dipahami oleh santri maka setiap tahun tidak banyak siswa yang diterima hanyalah sekitar 80 orang saja.

Total jumlah santri saat ini mencapai ratusan orang dengan jenjang pendidikan formal:

  • TK Plus Qiraati
  • SMP
  • SMA

Sedangkan untuk non formal terdiri dari:

  • ponpes tahfidz putra dan putri
  • diniyah awaliyah
  • diniyah wustho
  • tahfidz anak-anak dan lain-lain

Alamatnya berada di Jalan Sudirwiyo, Raguklampitan RT.17/04 Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Batang

Tahfidz Anak Al Husna

Tahfidz Anak Al Husna

Ada juga pesantren di Jepara yang dikhususkan untuk anak-anak namanya adalah Al Husna. Lokasinya berada di Mayong, Jepara yang dikenal sebagai daerah kelahiran R.A. Kartini. Sesuai namanya pesantren khusus anak-anak di Jepara ini memang fokus pada tahfidz Quran.

Anak-anak yang bisa menempuh pendidikan di Al Husna berusia antara 6 tahun sampai dengan 9 tahun baik laki-laki ataupun perempuan. Memang jika diamati pendidikan tahfidz Quran akan lebih efektif ketika dimulai sejak usia kanak-kanak.

Sementara itu untuk jenjang pendidikan formal di Al Husna tersedia sekolah SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Alamat : Gang Gapura Al Husna RT.02/03 Mayong, Kabupaten Jepara.

Matholiul Huda Bugel

Matholiul Huda Bugel

Kalau mencari pesantren tua di Jepara maka Matholiul Huda salah satunya yang dapat Anda kunjungi. Namun perlu diingat bahwa orang lebih mengenal dengan nama Pesantren Bugel berdasarkan daerahnya.

Tiga aspek yang menjadi keunggulan Pesantren Bugel yaitu:

  • Tahfidz Quran dengan target sebanyak 10 juz
  • Ngaji kitab Quran
  • Pendidikan formal dengan akreditasi A

Biaya pendidikan : biaya masuk Rp2.000.000, SPP Rp300.000 per bulan

Alamat : RW 01, Bugel, Kedung, Jepara 59463 telepon (0291) 751084

Dari beberapa rekomendasi pesantren di Jepara terbaik tentu saja Anda sudah bisa memiliki gambaran mana yang sesuai untuk pendidikan putra dan putri tercinta. Ilmu dan agama menjadi dua hal penting untuk membentuk generasi unggulan berakhlak mulia.

Tinggalkan komentar