(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Kota Tangerang

Kota Tangerang berada tepat bersebelahan dengan Ibu Kota Jakarta, sehingga tingkat modernisasi dan keramaiannya juga hampir sama. Di tengah gempuran modernisasi tersebut nyatanya eksistensi pesantren di Kota Tangerang tetap bertahan hingga sekarang.

Ya, beberapa kalangan memang masih memiliki persepsi bahwa pesantren adalah tempat pendidikan tradisional, kuno dan jauh dari kata modern. Belum lagi pendapat yang mengatakan pesantren tidak layak berada di tengah kota namun persepsi tersebut keliru.

Nyatanya justru makin banyak pesantren di tengah kota yang dilirik orang tua sebagai tempat pendidikan putra dan putrinya termasuk di Tangerang. Rekomendasi pesantren Kota Tangerang terbaik dapat Anda simak berikut ini.

Pesantren Modern An Nuqnah

Pesantren Modern An Nuqnah

Pesantren dengan jenjang pendidikan SD sampai SMK ini memang belum terlalu lama berdiri baru pada tahun 2009 lalu. Selain memfokuskan diri pada pendidikan agama Islam pesantren An Nuqnah juga menekankan IQ, EQ serta SQ melalui 5 hal.

Konsep pendidikan di sini memang lebih mirip dengan boarding school atau sekolah dengan sistem asrama. Sehingga kalau Anda kesana akan melihat papan nama “An Nuqnah Boarding School”.

Kelima hal tersebut dikenal sebagai Panca Pondok yang terdiri dari keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyah, berdikari dan kebebasan.

Biaya pendidikannya juga cukup terjangkau hanyalah Rp2.000.000 saja sudah menyeluruh.

Alamat Pesantren Modern An Nuqnah : Jalan H.Ismail RT.001/005 Cipete, Pinang Kota, Tangerang.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Serang

Pesantren Al Multazam

Pesantren Al Multazam

Pesantren di Kota Tangerang bernama Al Multazam ini dikenal memiliki biaya pendidikan yang cukup murah jadi banyak diminati. Meskipun berbiaya murah namun cakupan pesantren cukup luas melihat jenjang pendidikannya terdiri dari SMP, SMA dan SMK.

Metode pengajaran di Al Multazam dibagi menjadi dua yaitu 60% mempelajari kitab kuning dan 40% sisanya ilmu pendidikan formal. Disamping mempelajari ilmu pengetahuan atau sains para santri juga diajarkan Jurumiyah sampai dengan Alfiyah.

Sekalipun bukan termasuk pesantren dengan biaya mahal namun nyatanya pesantren di Tangerang tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terdiri dari :

  • Laboratorium IPA
  • Laboratorium komputer
  • Laboratorium bahasa
  • Lapangan olahraga
  • Saung
  • Kafe.

Program pengajaran reguler di kelas masih ditambah dengan adanya berbagai kegiatan ekstrakurikuler supaya santri tidak mudah merasa bosan.

Alamat Pesantren Al Multazam : Jalan Kampung Nangka Nomor 89 Pd Jaya, Tangerang.

Biaya santri mukim : Rp2.430.000

Biaya pendidikan santri SMA non pesantren Rp500.000 dan SMK non pesantren Rp800.000

Biaya yang dicantumkan tersebut menurut data yang tertulis pada brosur tahun 2019, sementara untuk Tahun Ajaran 2022 bisa saja sudah mengalami kenaikan. Anda bisa langsung menanyakannya kepada pengelola Pesantren Al Multazam.

Pesantren Attahiyah

Pesantren Attahiyah

Attahiyah merupakan pesantren kitab kuning di Tangerang dengan menggunakan metode wetonan dan sorogan. Pada pagi hari para santri akan belajar sebagaimana di sekolah formal, sedangkan sorenya mempelajari diniyah.

Setiap kelas maupun kamar tidur diisi oleh 30 santri dan mereka akan belajar bersama setiap hari termasuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler salah satunya adalah tahfidz Quran. Meskipun fasilitasnya sederhana namun pendidikan yang diberikan cukup bagus kualitasnya.

Pesantren Attahiyah memiliki dua program pembelajaran yang pertama yaitu program reguler dimana santri akan menempuh pendidikan Tsanawiyah (MTs) 3 tahun lamanya. Pendidikan Tsanawiyah di sini mempunyai kualitas yang bagus dibuktikan dengan raihan akreditasi A.

Jika setelah lulus MTs siswa atau santri ingin melanjutkan ke MA maka diberikan kelas khusus sebagai persiapan. Program khusus persiapan masuk MA tersebut terutama berfokus pada pemberian materi bahasa.

Untuk bisa menempuh pendidikan pada pesantren di Kota Tangerang Attahiyah ini santri harus membayar biaya sebesar Rp5.500.000 saat masuk dan SPP setiap bulan Rp700.000.

Alamat Pesantren Attahiyah berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Cantiga, Kelurahan Petir, Cipondoh, Tangerang, Banten.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pandeglang

Pesantren Darul Ulum

Pesantren Darul Ulum

Tangerang bukanlah satu-satunya lokasi Pesantren Darul Ulum berada karena memang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Jadi memang untuk reputasi tidak perlu diragukan lagi. Darul Ulum merupakan salah satu pesantren terbaik di daerah Tangerang.

Mungkin Anda akan berpikir bahwa dengan banyaknya cabang maka pesantren ini bertarif mahal nyatanya tidak demikian. Malah dapat dikatakan biaya pendidikan di sini tergolong murah dibandingkan pesantren sejenis.

Biaya masuk yang harus dibayarkan adalah Rp5.000.000 per santri dengan sudah bisa mendapatkan semua fasilitas yang disediakan.

Kurikulum yang digunakan adalah pelajaran formal seperti sekolah biasa ditambah dengan ilmu agama seperti tahfidz Quran dan lainnya. Bukan hanya itu saja karena santri juga diberikan pendidikan karakter supaya bisa menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Pesantren Darul Ulum beralamat di Jalan Marsekal Surya Darma RT. 007/001 Selapanjang Jaya, Neglasari, Tangerang.

Pesantren Asshiddiqiyah

Pesantren Asshiddiqiyah

Pesantren di Kota Tangerang selanjutnya adalah Asshiddiqiyah yang sudah berumur cukup tua lebih dari 25 tahun. sebenarnya pusat dari pesantren Asshiddiqiyah adalah di Jakarta sedangkan yang ada di Tangerang merupakan cabangnya.

Sesuai dengan usianya yang sudah mencapai lebih dari seperempat abad maka wajar kalau menjadi pesantren terbaik di Kota Tangerang. Jenjang pendidikannya terdiri dari :

  • SMP
  • MTs
  • SMA
  • MA.

Hebatnya lagi semua jenjang pendidikan tersebut telah meraih akreditasi A.

Pesantren ini memiliki identitas sebagai madrasah diniyah yaitu sebagai tempat untuk belajar ilmu keislaman dengan kurikulum ngaji kitab berdasar pada tingkatan tertentu. Meskipun ada juga di Jakarta namun untuk program tahfidz hanya di Tangerang saja.

Biaya masuk ponpes Asshiddiqiyah Tangerang yaitu Rp9.000.000 sedangkan SPP bulanannya Rp1.200.000.

Alamat Pesantren Assiddiqiyah : Jalan Garuda Nomor 32 Batujaya, Batuceper, Tangerang.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pangandaran

Pesantren Salafiyah Darussalam

Pesantren Salafiyah Darussalam

Di Kota Tangerang juga ada pesantren salafiyah yaitu Darussalam dan menjadi salah satu yang terbaik di sana. Berbeda dengan pesantren di Kota Tangerang Banten pada umumnya yang lebih fokus pada pendidikan formal di Darussalam malah sebaliknya.

Pesantren Darussalam sangat menekankan pendidikan keagamaan kepada para santrinya dengan kelas safaliyah seperti Ula, Wustho dan juga Ulya. Namun di Darussalam disebut sebagai Ula, Tsanawiyah dan Tsalisah.

Arti dari istilah di atas dalam bahasa Indonesia adalah tingkat satu, dua dan tiga dan berbentuk klasikal bukan lagi sorogan. Jadwal pendidikan keagamaan dilakukan mulai pagi hari sampai siang, baru setelah itu pelaksanaan pelajaran formal tepatnya setelah santri salat dhuhur.

Apakah biaya pendidikan pada pesantren di Kota Tangerang berbasis salafiyah mahal? Sebagai informasi kepada para santri dikenakan biaya Rp2.500.000. Nominal tersebut untuk standar Kota Tangerang tidak mahal dan cukup terjangkau.

Sementara itu untuk biaya SPP santri per bulan juga termasuk murah di Kota Tangerang yaitu hanya Rp600.000 saja. Meskipun biayanya murah, namun Darussalam adalah pesantren salafiyah terbaik di Kota Tangerang.

Pesantren Darussalam berada di Poris Jaya, Batu Ceper, Tangerang, Banten.

Meskipun termasuk kota yang cukup besar, nyatanya pesantren di Kota Tangerang jumlahnya tidak sedikit dan mempunyai program pendidikan bermacam-macam. Begitu juga dengan biaya pendidikannya termasuk masih sangat terjangkau masyarakat jika dibandingkan pesantren di kota lainnya.

Tinggalkan komentar