(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Ngawi

Untuk niat memperdalam pengetahuan mengenai agama Islam, pesantren di Ngawi juga bisa dijadikan rujukan. Pasalnya, di daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Ambyar ini memiliki banyak pesantren terbaik.

Berikut ini akan kami ulas sejumlah pesantren yang memiliki reputasi baik di Ngawi. Namun, perlu diketahui bahwa urutan penyebutan pesantren berikut ini tidak didasarkan pada ranking ya.

Pesantren Modern Al Hijrah

Pesantren Modern Al Hijrah

Pesantren Modern Al Hijrah menjadi salah satu pesantren di Ngawi yang menerapkan kurikulum KMI. Dengan kurikulum ini, santri akan mendapatkan pendidikan 6 tahun setelah SD serta 4 tahun setelah SMP dan pelajaran yang diberikan adalah perpaduan pelajaran umum dengan pelajaran agama.

Pesantren Modern Al Hijrah termasuk pesantren yang disiplin. Selain itu, pesantren ini juga memiliki kelebihan dalam hal menghafalkan Alquran. Adapun program pendidikan yang ada di pesantren ini terdiri atas berbagai jenjang sebagai berikut.

  • RA. Al-Hijrah
  • MI Al-Hijrah
  • SMP Islam Al-Hijrah
  • MA Al-Hijrah

Sementara program unggulan yang dijalankan oleh Pesantren Al Hijrah terdiri atas:

  • Life skills yang terdiri atas karate, wushu, qiro’, panahan, berenang, komputer, menjahit dan cooking class
  • Leadership dan entrepreneurship atau kepemimpinan dan kewirausahaan
  • Daily Arabic and English Habit Learning
  • Outing Class and Practice Science
  • Program tahfidz Alquran

Alamat Pesantren Modern Al Hijrah adalah di Jl. Raya Ngawi – Cepu KM. 01 Desa Karangasri, Ngawi

Website: –

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Magetan

Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah

Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah

Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah menjadi salah satu pesantren di Ngawi yang mewadahi generasi penerus bangsa, khususnya muslimah. Ya, sesuai dengan namanya, pesantren ini adalah pesantren khusus untuk santri putri.

Di pesantren ini, para santri akan dididik agar memiliki akidah sholihah yang sesuai dengan manhaj salaf ash-sholih. Selain itu, para santri juga akan dididik supaya mampu menjabarkan tentang ilmu agama, namun sekaligus bisa berpikir secara rasional yang sesuai dengan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Pesantren Islam Putri Ar Rohmah memiliki beberapa kegiatan yang terprogram. Diantaranya ialah diklat, karyawisata, bakti sosial, praktek mengajar atau amaliyatut tadris, muthola’atul kitab, bahtsul kutub dan imarotu syu’unit tholibat atau organisasi santri.

Para santriwati yang ada juga dididik secara serius agar memahami bahasa Arab dengan baik. Tujuannya adalah agar para santri tersebut bisa menerapkannya baik dalam keseharian ataupun menuangkannya dalam bentuk karya ilmiah.

Tentunya yang akan sangat berguna khususnya dalam hal upaya meningkatkan kualitas serta pengembangan dakwah Islam. Beberapa unit pendidikan yang ada di Pesantren Putri Ar-Rohmah ialah:

  • Unit Tahfidz selama 3 tahun (KMA) dengan tingkat wustho dan ada ujian PKPPS yang setingkat dengan MTs
  • Unit takhosus selama 1 tahun untuk peserta didik yang asal sekolahnya dari SMP atau Mts non pesantren
  • Kulliyatul Mu’allimat Al Islamiyah (KMA) untuk tingkat ulya dan ada ujian PKPPS yang setingkat dengan MA serta ujian pesantren
  • Kulliyatul Mu’allimat Al Islamiyah (KMA) untuk tingkat wustho dan ada ujian PKPPS yang setingkat dengan MTs

Adapun program unggulan yang ada di Pesantren Putri Ar-Rohmah diantaranya sebagai berikut.

  • Santri menguasai strategi serta metodologi pembelajaran
  • Santri bisa melanjutkan pendidikannya baik ke perguruan tinggi negeri maupun swasta
  • Santri mempunyai ijazah negara
  • Santri mampu membaca serta memahami kitab yang berbahasa Arab
  • Santri bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab dengan baik
  • Target hafalan Alquran setidaknya 10 juz untuk santri reguler dan 30 juz untuk santri yang memang mengikuti program tahfidz

Sementara biaya bulanan yang berlaku di pesantren ini antara Rp 600.000 hingga Rp 700.000. kemudian untuk biaya daftar ulang, rinciannya sebagai berikut.

Daftar UlangUnit RegulerUnit Tahfidz
Pengembangan lembagaRp50.000Rp50.000
4 stel seragamRp1.000.000Rp1.000.000
Buku PelajaranRp550.000Rp250.000
Sarana PrasaranaRp300.000Rp300.000
Infaq BangunanRp1.500.000Rp1.500.000
Peningkatan mutu pendidikanRp200.000Rp250.000
PerpustakaanRp200.000Rp100.000
KesehatanRp250.000Rp250.000
KesiswaanRp300.000Rp200.000

Alamat pesantren Islam Putri Ar-Rohmah adalah di Desa Katikan, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi

Website: http://ppip.arrohmahngawi.com/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Trenggalek

Pesantren Condro Mowo

Pesantren Condro Mowo

Pada tahun 1984, didirikannya sebuah pesantren di Ngawi yang diberi nama Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jannatu Daarul Ma’wa. Namun, pesantren ini lebih dikenal dengan sebutan Pesantren Condro Mowo.

Pesantren ini sudah terkenal bahkan hingga ke luar daerah. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Air Terjun Srambang. Pesantren ini didirikan oleh KH. Agus Abdul Hamid Syaiful Barnawi. Para santri yang datang berasal dari latar belakang yang beragam.

Hanya saja memang 90% diantaranya adalah yang mengalami gangguan jiwa. Selain itu, santri di sini ada juga yang karena ingin sembuh dari kecanduan narkoba serta cacat mental. Terapi penyembuhan yang dijalankan di pesantren ini adalah dengan cara ruqyah.

Tentu saja, orang yang meruqyah santri di sini adalah orang yang sudah ahli dan sudah dilatih dengan sengaja hingga beberapa tahun lamanya. Lama waktu penyembuhan yang diperlukan tentunya beragam. Ada yang 1 bulan sudah sembuh, ada juga yang hingga lebih dari 1 tahun.

Tidak hanya menerima santri yang mengalami gangguan jiwa, Pesantren Condro Mowo juga mengelola beberapa program pendidikan. Diantara program pendidikan tersebut adalah:

  • Pencak Silat Pagar Bumi
  • Takhassus Kitab Kuning
  • Madrasah Diniyah
  • Taman Pendidikan Alquran

Untuk program pendidikan ini disediakan bagi santri yang normal serta putra-putri masyarakat yang ada di sekitar pesantren.

Alamat Pesantren Condro Mowo adalah di lereng Gunung Lawu, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

Website: –

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Bondowoso

Pesantren Gontor Putri

Pesantren Gontor Putri

Nama Pesantren Gontor adalah salah satu nama yang besar di dunia pesantren dengan pusatnya adalah di Ponorogo. Namun, di Ngawi juga didirikan 3 pondok cabang yang khusus untuk santri putri sebagai berikut:

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1

Pesantren cabang ini berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi. Pesantren ini berada di atas lahan seluas 6 ha dan pendiriannya ditujukan untuk membentuk wanita yang muslimah, sholihah serta serba teladan.

Sistem pendidikan yang berlaku di pesantren ini mengacu sepenuhnya pada kebijaksanaan yang berlaku di Pondok Modern Darussalam Gontor, yakni sistem pendidikan KMI atau Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah.

Tidak hanya pada kurikulum, sistem pendidikan ini juga dianut dalam jenjang pendidikan serta aktivitas dan juga program-programnya. Para santri yang ada juga tidak hanya diajarkan dan dibimbing di dalam kelas, namun di luar kelas juga.

Mereka bisa mengikuti berbagai aktivitas ekstrakurikuler yang diantaranya adalah nisaiyat, ibadah, akhlak, kesenian, keterampilan, olahraga, disiplin, bahasa, kepramukaan, keorganisasian serta sejumlah aktivitas lainnya.

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2

Pesantren khusus putri Kampus 2 ini berada di Sambirejo, Mantingan, Ngawi, di sebelah baratnya kampus 1. Pesantren ini didirikan dengan maksud untuk memberikan pembekalan pada calon santri dengan aneka ragam kemampuan akademis supaya lulus ujian masuk KMI di Kampus 1.

Para calon santri baru di sini diwajibkan untuk mengikuti ujian penempatan. Tujuannya adalah untuk menentukan kelas yang sekiranya sesuai dengan kemampuan mereka. Berbagai kelas yang ada di Kampus 2 ini adalah:

  • Kelas khusus pondok alumni, yakni kelas yang diperuntukkan bagi calon santri yang sebelumnya sudah pernah belajar di pesantren serta menguasai berbagai materi ujian masuk KMI dengan baik
  • Kelas untuk calon pelajar yang tamat dari MTs atau SMP dan MA atau SMA. Kelas ini terbagi lagi menjadi kelas A untuk yang sudah bisa membaca Alquran serta menulis arab dengan baik, kelas C untuk yang lumayan bisa membaca Alquran serta menulis arab dan kelas G untuk yang belum mampu membaca Alquran serta menulis arab
  • Kelas untuk calon pelajar yang tamatan dari MI atau SD. Kelas ini dibagi menjadi 4 kelas. Yaitu kelas B untuk yang sudah bisa membaca Alquran serta menulis Arab dengan baik, kelas D untuk yang sudah lumayan bisa membaca Alquran serta menulis Arab dengan baik, kelas F untuk yang belum bisa membaca Alquran serta menulis Arab dengan baik dan kelas H untuk yang penguasaannya sangat lemah terhadap bacaan Alquran serta tulisan arab

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3

Pesantren ini berada di Desa Karangbanyu, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Pesantren ini ada guna mengatasi lonjakan pendaftar yang terus bertambah setiap tahunnya. Visi dan misi pesantren ini sama dengan yang Kampus 1. Makanya, semua kegiatan dibuat sama seperti yang ada di Kampus 1.

Website: https://www.gontor.ac.id/

Semua pesantren di Ngawi di atas hanyalah segelintir dari pesantren-pesantren terbaik di Ngawi yang lainnya. Kalau Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pesantren-pesantren tersebut, bisa mendatangi pesantren secara langsung. Terlepas dari hal itu, kami berharap agar ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar