(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pamekasan

Penetapan Pamekasan sebagai Kabupaten Pendidikan bukanlah tanpa alasan. Sebab, daerah di Pulau Madura ini memiliki banyak lembaga pendidikan, termasuk pondok pesantren. Jumlah pesantren di Pamekasan Madura mencapai ratusan dan setiap pondok memiliki kekhasan program pendidikan.

Santri yang belajar di ponpes Pamekasan, tidak hanya dari sekitaran Madura, tetapi juga berbagai wilayah lain di Indonesia. Memilih pesantren yang terbaik untuk mendalami ilmu agama perlu diprioritaskan. Anda dapat menjadikan daftar rekomendasi berikut untuk memudahkan dalam memilih.

Pondok Pesantren Miftahul Qulub

Pondok Pesantren Miftahul Qulub

Miftahul Qulub didirikan sekitar tahun 1960 oleh Kiai Fadloli Siraj yang merupakan putra dari ulama ternama Kiai Sirajudin bin Nashirudin. Pondok pesantren yang bermula dari masjid tempat mengaji warga sekitar, kini berkembang menjadi sebuah pesantren assalafy yang didatangi banyak santri.

a. Alamat dan Kontak

PP Miftahul Qulub beralamatkan di Desa Polagan Tengah, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim 69382. Nomor ponpes (0321) 6277 775 dan website resminya https://miftahulqulub.ponpes.id.

b. Program Pesantren

Miftahul Qulub merupakan pesantren di Pamekasan yang tidak hanya berfokus pada kurikulum khas pesantren, tetapi juga kurikulum pendidikan formal. Lebih jelasnya, berikut jenjang pendidikan yang ada di pesantren tersebut:

  • Madrasah Diniyah. Jenjang pendidikan ini berfokus pada pendalaman ilmu agama dengan berpatokan pada kurikulum khas pesantren assalafy;
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jenjang pendidikan formal yang menyesuaikan dengan kurikulum di Indonesia dengan tetap berlandaskan pada ajaran agama;
  • Madrasah Aliyah (MA). Jenjang pendidikan formal yang setara dengan Sekolah Menengah Atas;
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jenjang pendidikan ini memberikan bekal keterampilan yang spesifik dan mendalam sehingga bermanfaat dalam kehidupan.

c. Biaya Pesantren

Gambaran biaya pendidikan PP Miftahul Qulub sebagai berikut:

Jumlah BiayaRincian
Rp55.000Uang registrasi
Rp5.000Uang buku tahlil
Rp25.000Uang kalender pesantren
Rp90.000Uang syahriyah selama 3 bulan
Rp100.000Uang iuran asrama

Baca: Pesantren Terbaik di Bangkalan

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet

Jauh sebelum Miftahul Qulub yang diprakarsai oleh putra K.H. Sirojuddin, beliau sendiri juga mendirikan pondok pesantren pada tahun 1912 yang diberi nama Miftahul Ulum Bettet. Pesantren ini dibangun dengan tujuan awal untuk melawan penjajah dan menyebarkan ajaran Islam.

a. Alamat dan Kontak

Lokasi PP Miftahul Ulum Bettet terletak di Desa Bettet, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim, 69317. Nomor ponpes (0324) 327 916 dan informasi selengkapnya dapat mengakses https://www.masbettet.sch.id.

b. Program Pesantren

Pondok pesantren yang berada di pinggir Kota Pamekasan ini merupakan jenis ponpes modern yang menawarkan jenjang pendidikan formal dan non-formal. Berikut program pendidikan yang dimiliki oleh PP Miftahul Ulum Bettet:

  • Madrasah Diniyah. Jenis pendidikan non-formal yang fokus pada pendalaman agama Islam dengan menggunakan kurikulum pesantren. Mata pelajaran pokok yang diberikan seperti hadist, fiqih, tafsir, tasawuf, Alquran, tauhid dan sastra Arab;
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pendidikan formal yang ditempuh selama 3 tahun, setara dengan jenjang SMP;
  • Madrasah Aliyah (MA). Jenis pendidikan formal selama 3 tahun yang setara dengan jenjang SMA/SMK;
  • Perguruan Tinggi. PP Miftahul Ulum Bettet memiliki jenjang perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Islam Madura (UIM).

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sampang

Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum

PP Darul Ulum menjadi pesantren di Pamekasan yang tertua karena dibangun pada tahun 1787 oleh ulama besar bernama Kiai Itsbat bin Ishaq. Awalnya, ponpes ini dikenal dengan nama Pesantren Banyuanyar, kemudian baru diresmikan sebagai PP Darul Ulum sekitar tahun 1980.

a. Alamat dan Kontak

Darul Ulum Banyuanyar beralamatkan di Desa Potoan, Patoan Dajah, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim, 69362. Nomor ponpes 0819 3513 7423 dan alamat websitenya https://www.banyuanyar.net.

b. Program Pesantren

Perkembangan Darul Ulum sebagai pesantren tertua di Pamekasan sangat pesat. Bermula dari sebuah langgar, kemudian menjelma menjadi pondok pesantren yang mengembangkan banyak institusi pendidikan.

Jenjang pendidikan yang tersedia di Darul Ulum sangat lengkap mulai dari jenjang PAUD, RA/TK hingga PT. Berikut daftarnya:

  • Madrasah Diniyah (MaDin);
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
  • Raudhatul Athfal (RA);
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahfidz;
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs);
  • Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahfidz;
  • Sekolah Menengah Atas (SMA) Itsbatiyah;
  • Madrasah Aliyah (MA);
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);
  • Sekolah Tinggi Ilmu dan Bahasa Arab (STIBA).

c. Biaya Pesantren

Estimasi biaya di PP Darul Ulum Banyuanyar, sebagai berikut:

JenjangPendaftaran PesantrenPendaftaran SekolahBiaya Seragam
PAUDRp15.000Rp150.000
MIRp370.000Rp20.000Rp225.000
MTs/SMPTRp370.000Rp30.000Rp225.000
MA/SMAT/SMAI/SMKRp370.000Rp30.000Rp325.000
STIBARp370.000Rp125.000Rp150.000
RARp15.000Rp140.000
MADINRp370.000Rp20.000Rp100.000

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Magetan

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

Masih ada lagi rekomendasi pesantren terbaik di Pamekasan yakni Mambaul Ulum Bata-Bata. Tokoh ulama yang mendirikan ponpes ini bernama R.K.H. Abd Majid, pada tahun 1943. PP Mambaul Ulum Bata-Bata, kini menjadi salah tau ponpes modern yang dituju oleh santri dari berbagai wilayah.

a. Alamat dan Kontak

Lokasi dibangunnya PP Mambaul Ulum Bata-Bata yakni Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kode Pos 69362. Nomor kontak (0324) 331 253 dan website ponpes https://www.bata-bata.net.

b. Program Pesantren

Pada awal berdiri, Pesantren Mambaul Ulum fokus pada pengajaran kitab menggunakan sistem sorogan. Setelah itu, pihak ponpes memutuskan untuk menyediakan jenjang pendidikan formal. Kini, Mambaul Ulum Pamekasan menerapkan program pendidikan, antara lain:

  • Madrasah Diniyah (Madrasah B);
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI);
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs);
  • Madrasah Aliyah (MA);
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka jurusan Teknik Otomotif Sepeda Motor, Teknik Otomotif Jenis Kendaraan Ringan dan Teknik Elektronika.

c. Biaya Pesantren

Adapun beberapa biaya yang diperlukan, antara lain:

Jumlah BiayaRincian
Rp5.000Uang pembuatan surat izin
Rp50.000Uang simpanan wajib
Rp5.000Uang pembuatan kartu perpustakaan
Rp50.000Uang registrasi
Rp5.000Uang administrasi
Rp20.000Uang pendaftaran asrama

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Ngawi

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen

Miftahul Ulum Panyepen masuk dalam daftar pesantren di Pamekasan yang terbaik. Pesantren yang diprakarsai oleh Kiai Nashrudin pada 1827 ini tetap memegang tradisi salaf dengan mengikuti perkembangan zaman demi memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat.

a. Alamat dan Kontak

PP Miftahul Ulum Panyepen beralamatkan di Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kode Pos 69362. Nomor ponpes yakni 0878 6118 6907. Anda juga dapat terhubung dengan pondok melalui page FB Media Panyeppen.

b. Program Pesantren

Berawal dari pesantren salafiyah, Miftahul Ulum Panyepen mengalami perkembangan menjadi pesantren khalafiyah (modern) yang juga mengajarkan ilmu pengetahuan umum. Pondok pesantren yang tergolong tua di Pamekasan ini menerapkan program pendidikan antara lain:

  • Pendidikan Formal. Jenjang yang tersedia mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas (SMA);
  • Pendidikan Non-Formal. Program yang tersedia yakni Madrasah Diniyah, Majelis Taklim dan Kelas TPQ.

Pesantren Miftahul Ulum Panyepen juga mendukung pengembangan diri para santri dengan menyediakan pilihan ekstrakurikuler. Beberapa diantaranya yakni Pramuka, basket, sepak bola, Arabic club, English club, Sains club, pencak silat, seni hadroh, kaligrafi, marching band dan voli.

Pondok Pesantren Taman Sari

Pondok Pesantren Taman Sari

PP Taman Sari atau PP Al-Islami As-Salafy Taman Sari didirikan oleh seorang tokoh ulama terkemuka bernama K.H. Moh, Hamzah Rosyad. Pendirian pesantren bertujuan untuk mengajarkan ilmu agama secara mendalam sekaligus memberikan wawasan yang luas mengenai pengetahuan umum.

a. Alamat dan Kontak

Ponpes Taman Sari beralamatkan di Jalan Pondok Pesantren Taman Sari, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim, Kode Pos 69362. Alamat website resmi ponpes https://www.tamansari.net.

b. Program Pesantren

Pesantren Al-Islami Taman Sari merupakan pondok salaf yang mengalami perkembangan pesat hingga sekarang. Selain tetap memberlakukan kurikulum pesantren, PP Taman Sari juga menggunakan kurikulum pendidikan formal demi memenuhi kebutuhan masyarakat zaman sekarang.

Berikut program pendidikan yang disediakan oleh PP Al-Islami Taman Sari:

  • Madrasah Diniyah;
  • PAUD;
  • Raudlatul Anfal;
  • Madrasah Ibtidaiyah;
  • Madrasah Tsanawiyah;
  • Madrasah Aliyah;
  • Sekolah Menengah Kejuruan.

Pondok Pesantren Nurus Salam Saba Tambak

Pondok Pesantren Nurus Salam Saba Tambak

Pada tahun 1973, Kiai Moh. Yazid mendirikan Nurus Salam yang kini menjadi pesantren di Pamekasan yang melahirkan banyak santri ahli ilmu agama dan pengetahuan umum.

a. Alamat dan Kontak

Pesantren Nurus Salam berlokasi di Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim. Nomor pondok 0877 5062 7556. Anda dapat mengakses informasi tentang ponpes melalui page FB Nurus Salam Media Center.

b. Program Pendidikan

Pondok Salaf Nurus Salam tidak hanya berfokus pada kurikulum khas pesantren, tetapi juga pendidikan formal bagi para santrinya. Adapun program pendidikan yang disediakan oleh PP Nurus Salam Pamekasan, antara lain:

  • Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam;
  • Madrasah Tsanawiyah Nurus Salam;
  • Madrasah Aliyah Nurus Salam;
  • Madrasah Diniyah.

PP Nurus Salam memberikan pilihan ekstrakurikuler untuk menunjang pengembangan diri para santri dan mengasah keterampilan mereka. Beberapa ekstrakulikuler yang disediakan yakni olahraga, kesenian kaligrafi, kesenian hadroh dan pencak silat.

Mengenal rekomendasi pesantren di Pamekasan yang memiliki program pendidikan terbaik sangat penting. Ponpes di wilayah Pamekasan tersebut sudah memadukan kurikulum pesantren salaf dengan kurikulum pesantren modern dengan baik sehingga semakin mendalam ilmu agama dan umumnya.

Tinggalkan komentar