(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pandeglang

Pandeglang adalah bagian dari Provinsi Banten yang memiliki julukan sebagai Kota Santri atau Kota Seribu Ulama. Sehingga wajar jika hal tersebut membuat jumlah pesantren di Pandeglang juga banyak dan bagus-bagus.

Pesantren di Kabupaten Pandeglang jenisnya juga beragam mulai dari tradisional, salafiyah hingga modern. Demikian juga dengan sarana pendidikan yang disediakan cukup lengkap dan ideal sebagai tempat menuntut ilmu.

Kehidupan masyarakat yang religius semakin mendukung kegiatan belajar agama pada para santri di Pandeglang. Apalagi terdapat sistem pendidikan yang memadukan ilmu agama dan pengetahuan modern membuat tertarik para orang tua.

Pesantren Modern Al Mizan

Pesantren Modern Al Mizan

Pondok pesantren Al Mizan yang ada di Pandeglang terdiri ada dua yaitu Pesantren Al Mizan Putri 2 dan Tahfidz Quran Al Mizan 3. Keduanya berada di lokasi yang terpisah dengan fokus pendidikan berbeda juga.

Pesantren di Pandeglang Al Mizan berkiblat pada Pondok Pesantren Gontor yang sangat ternama di Jawa Timur. Al Mizan mengadopsi banyak hal dari Gontor seperti filosofi dan kurikulumnya. Lahan yang digunakan sangat luas yaitu mencapai 15 hektar.

Keistimewaan yang terdapat di Al Mizan yaitu semua mata pelajaran di sini dikelompokkan seperti kelompok agama, IPA, IPS dan lainnya. Sedangkan untuk pengajaran reguler yaitu belajar Quran 30 juz, surat-surat waqiyah yang dapat dipilih santri.

Biaya pendidikan di sini relatif mahal memang yaitu mencapai Rp9.400.000 tidak menutup kemungkinan akan mencapai puluhan juta. SPP per bulan Rp800.000

Alamat Al Mizan Puri 2 : Jalan AMD Lintas Timur Kampung Cikole, Majasari, Pandeglang.

Alamat Al Mizan Tahfidz 3 : Kampung Kadau Cau, Desa Gunung Putri, Kecamatan Banjar, Pandeglang.

Alamat website : https://www.al-mizan.sch.id/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pangandaran

Pesantren Modern Darussalam

Pesantren Modern Darussalam

Satu lagi pondok pesantren di Pandeglang yang mengadopsi sistem di Gontor, Jawa Timur yaitu dengan fokus pendidikan di asrama selama 24 jam. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh para santri dimulai sejak subuh pagi hari hingga malam hari.

Santri akan belajar di pagi hari di kelas mulai dari tingkat SD hingga SMP sesuai dengan usia dan tingkat pendidikannya. Dan semua santri tinggal di asrama tanpa terkecuali.

Biaya pendidikan pondok pesantren modern Pandeglang ini terbilang cukup murah yaitu hanya Rp400.000 sudah termasuk uang makan santri.

Alamat Pondok Pesantren Darussalam : Jalan Cilaja Nomor 7 Majasari, Kabupaten Pandeglang.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Serang

Pesantren Turus

Pesantren Turus

Termasuk sebagai pesantren tertua di Pandeglang namanya adalah Pesantren Turus dengan luas mencapai 3 hektar. Pesantren tersebut beraliran salaf klasik dengan fokus aspek diniyah ataupun kitab kuning.

Namun meskipun begitu sistem pengajarannya sudah dipadukan dengan metode modern dengan pendidikan formal pada pagi hari. Sedangkan untuk sore hari santri belajar diniyah mencakup tafsir, nahwu, sorof, hadist dan tauhid.

Semantara itu untuk jenis pendidikan formal terdiri dari MI, MTs dan MA serta program khusus Madrosul Quran. Kegiatan sehari-hari para santri cenderung menggunakan sistem modern.

Biaya masuk santri pada Tahun Ajaran 2022/2023 ini yaitu sebesar Rp3.395.000 dan SPP Rp560.000 sampai dengan Rp640.000

Alamat : Jalan Raya Rangkasbitung Km 2,5 Pandeglang, Banten.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Kota Tangerang

Pesantren Putri Rihabul Ilmi

Pesantren Putri Rihabul Ilmi

Kalau mencari pesantren khusus putri di Pandeglang salah satu pilihannya adalah Rihabul Ilmi. Pesantren ini belum lama berdiri baru pada tahun 2016 mengkombinasikan antara pendidikan formal, keagamaan diniyah dan tahfidz Quran.

Pesantren di Pandeglang memang khusus untuk para santri putri saja hingga saat ini dan kegiatan setiap hari dimulai sejak subuh. Pagi hingga sore santri akan belajar formal melalui sekolah sedangkan selepas ashar dan magrib ada kegiatan tahfidz Quran.

Keunggulan dari pondok pesantren adalah hampir semua fasilitas dan sarana didesain sesuai karakter wanita mulai taman-taman yang asri, tempat belajar lesehan dan pepohonan yang rindang. Tentu saja semuanya ditujukan supaya para santri putri merasa betah tinggal di asrama.

Biaya masuk Pesantren Rihabul Ilmi adalah Rp4.500.000 pada Tahun Ajaran 2021/2022 yang lalu sedangkan SPP kurang dari Rp1.000.000

Alamat : Kampung Samaboa Lebak RT.01/12, Kelurahan Sukaratu, Majasari, Kabupaten Pandeglang.

Pesantren Riyadhus Sholihin

Pesantren Riyadhus Sholihin

Riyadhus Sholihin adalah pesantren yang berfokus pada amalan sunnah sesuai ajaran Rasulullah. Cita-cita dari pendiri pesantren tersebut adalah memurnikan kehidupan masyarakat dari syirik dan bid’ah.

Program pendidikan pada pesantren sunnah di Pandeglang ini terdiri dari 40% adalah pendidikan umum sebagaimana sekolah biasanya sisanya adalah pendidikan agama. Pembagian seperti itu memang menjadi ciri khas dari pesantren sunnah yang ada di Indonesia.

Nantinya setelah lulus santri akan memperoleh dua jenis ijazah yaitu formal dan pesantren. Ijazah tersebut menjadi tanda bahwa yang bersangkutan telah selesai menempuh pendidikan baik yang formal maupun keagamaan di pesantren Riyadhus Sholihin.

Untuk model sekolah formal di sini yaitu bentuk sekolah terpadu dengan jenjang pendidikan setingkat SMP dan SMA. Sedangkan bagi santri yang ingin menempuh program khusus tahfidz Quran dapat mengambil Paket C. Hal yang sama berlaku untuk santri yang mau ikut pendidikan ilmu syariah.

Keunggulan dari program pada pesantren di Pandeglang ini yaitu bahasa Arab dan ekstrakurikuler menarik seperti cyber club. Semuanya sangat menarik dan inspiratif bagi para siswa.

Biaya masuk pesantren adalah Rp22.000.000 memang lebih mahal dari pesantren unggulan di Pandeglang lainnya. Sementara itu untuk SPP SMP dan SMA Rp1.400.000 setiap bulannya. Memang dapat dikatakan konsepnya lebih mirip dengan boarding school bukan pesantren.

Alamat : Jalan Kadukacang Km. 0,5 Rocek, Cimanuk, Pandeglang.

Telepon : 0813-8656-7071

Alamat website : https://riyadhussholihiin.or.id/

Pesantren Al Quran Al Ihsan

Pesantren Al Quran Al Ihsan

Sesuai dengan namanya ini adalah pesantren Quran di Pandeglang yang cukup bagus kualitas pembelajarannya. Berdiri sejak tahun 1989 membuat pesantren ini sudah memiliki banyak pengalaman dan menghasilkan santri-santri terbaik.

Fokus pendidikannya dibagi menjadi 3 hal yaitu:

  • Takhassus Hidzil Quran atau menghafal Quran 30 juz
  • Tafsir Quran
  • Qiratul Kulub atau penguasaan pada kitab kuning

Para santri yang duduk di bangku MTs mendapatkan target tahfidz sebanyak minimal 15 juz namun kenyataannya mereka sudah mampu sampai 20-30 juz. Sedangkan untuk kelas khusus kitab harus mampu menghafalkan kitab amil, mutammimah, kailani dan sebagainya.

Pesantren di Pandeglang yang cukup ternama tersebut hanya memungut biaya pendidikan yang terjangkau yaitu sebesar Rp625.000 sudah termasuk biaya SPP, makan 3x per hari dan laundry. Sedangkan untuk biaya pendaftaran sangat murah yaitu Rp150.000 saja.

Banyak orang yang merekomendasikan pesantren Al Ihsan kepada orang tua yang ingin anaknya belajar mendalami Al Quran.

Alamat : Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Alamat website : https://www.mtssalihsanjajawai.sch.id/

Pesantren di Pandeglang termasuk tempat pendidikan ilmu dan agama yang terbaik bagi putra putri Anda mengingat disana adalah pusat perkembangan Islam di Banten. Pandeglang merupakan daerah yang sangat religius dan lekat dengan ajaran Islam sehingga disebut sebagai Kota Santri.

Tinggalkan komentar