(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pangandaran

Banyak ditemukan pondok pesantren di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Pangandaran. Pilihan pesantren di Pangandaran beragam, seperti pesantren tradisional (salafiyah), pesantren modern dan pesantren tahfidz Quran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan masing-masing.

Beberapa pesantren menerapkan sistem pembelajaran tradisional dan modern. Pola pendidikan tersebut menjadikan para santri mendapatkan materi pengetahuan umum di jenjang formal dan pengetahuan agama di madrasah diniyah. Lalu, apa sajakah ponpes di Pangandaran yang terbaik?

Pondok Pesantren Kalangsari

Pondok Pesantren Kalangsari

Kalangsari masuk dalam daftar pesantren di Pangandaran yang terbaik sekaligus salah satu yang tertua wilayah tersebut. Pendirinya bernama Kiai Abdul Madjid yang memulai pembangunan pesantren pada tahun 1928.

a. Alamat dan Kontak

Dusun Kalensari, Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Nomor telepon ponpes: 082 216 016 215, website resmi ponpes: https://www.pesantrenkalangsari.com.

b. Program Pesantren

PP Kalangsari mengedepankan pendidikan yang meliputi Alquran, hadist, kitab kuning, nahwu saraf dan pengetahuan umum. Terdapat 2 jenis pendidikan yang diselenggarakan yakni pendidikan formal dan non-formal untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut.

  • Pendidikan Formal, meliputi Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Sekolah Luar Biasa;
  • Pendidikan Non-Formal, meliputi Madrasah Diniyah, Pengajian Kitab (nahwu saraf dan fiqh) dan Program Tahfidz Quran.

Adapun metode yang digunakan oleh ponpes Kalangsari antara lain sorogan, balagan, tilawah Alquran, khataman, hapalan Alquran, hafalan kitab dan hafalan nahwu saraf.

c. Biaya Pesantren

Berikut estimasi biaya bersekolah di PP Kalangsari Pangandaran:

Santri PutriSantri Putra
Jenis BiayaJumlahJenis BiayaJumlah
Infaq BangunanRp35.000Infaq BangunanRp35.000
AdministrasiRp22.500AdministrasiRp22.500
Kartu Identitas SantriRp10.000Kartu Identitas SantriRp10.000
SeragamRp75.000SeragamRp65.000
Seragam OlahragaRp70.000Seragam OlahragaRp70.000
IuranRp35.000IuranRp35.000
RaportRp7.500RaportRp7.500
Mata SakaRp15.000Mata SakaRp15.000
MatanRp15.000MatanRp15.000
JilbabRp50.000KopiahRp35.000
Kegiatan SantriRp20.000Kegiatan SantriRp20.000
  SorbanRp25.000

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sumenep

Pondok Pesantren Nurul Bayan

Pondok Pesantren Nurul Bayan

Nurul Bayan merupakan pesantren di wilayah Pangandaran yang kerap menjadi pilihan masyarakat untuk nyantri. PP Nurul Bayan termasuk ponpes modern yang mengajarkan ilmu umum dan tetap memegang teguh dasar Ahlussunnah wal Jamaah.

a. Alamat dan Kontak

Jalan Raya Sindangsari Nomor 35, Desa Sindangsari, Cimerak, Pangandaran. Nomor telepon pondok: 0852 2379 3475 dan 0853 2310 3055 (WA). Informasi terbaru mengenai ponpes dapat diakses di page FB “Pondok Pesantren Bayan Cimerak” atau Instagram @ict.nurulbayan.

b. Program Pesantren

Pesantren Nurul Bayan Cimerak Pangandaran menyelenggarakan program pendidikan formal pada jenjang SMP dan SMA. Dua jenjang tersebut menggunakan kurikulum terintegrasi yang memadukan antara pendidikan agama dan pengetahuan umum dalam porsi yang seimbang.

Berikut rincian program unggulan untuk setiap jenjang pendidikan di PP Nurul Bayan Pangandaran:

  • Sekolah Menengah Pertama PLUS. Program pendidikan jenjang SMP/MTs ini memiliki 3 program unggulan antara lain English Club, Teknologi Informasi dan Muhadatsah Bahasa Arab;
  • Sekolah Menengah Atas Informatika. Program pendidikan jenjang SMA/MA ini juga mempunyai 3 program unggulan yakni Internet Marketing, Hardware & Software serta Desain Grafis & Multimedia.

Selain pendidikan formal tersebut, PP Nurul Bayan juga memiliki kegiatan yang berorientasi keagamaan, salah satu unggulannya yaitu Tahfidzul Mutun. Adapun maksud Tahfidzul Mutun merupakan program hafalan matan yang berasal dari kitab tertentu.

Tahfidzul mutun memang lumrah di wilayah pondok pesantren karena santri sangat didorong untuk menghafal beberapa kitab. Bahkan, terdapat kitab yang memang wajib dihafal oleh para santri. Beberapa contoh hafalan yang masuk dalam Tahfidzul mutun PP Nurul Bayan, yakni:

  • Ilmu Hadist;
  • Ilmu Mustholat Hadist;
  • Ilmu Ushul Fiqh;
  • Ilmu Faraid;
  • Ilmu Fiqh;
  • Ilmu Nahwu dan Sharaf.

c. Biaya Pesantren

Pesantren yang didirikan pada 1932 ini menawarkan program pendidikan gratis bagi para santri. Pihak ponpes bahkan memfasilitasi santri dengan satu perangkat komputer untuk jurusan SMA Informatika.

Nurul Bayan sering mendapatkan dana dari para donatur maupun wakaf berupa Alquran atau benda lain demi pengembangan pondok. Namun, penting diketahui bahwa tidak semuanya gratis. Tetap ada beberapa hal yang perlu dibayar, kabar baiknya dengan nominal yang terjangkau.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Kota Tangerang

Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien

Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien

Pesantren Sabilil Muttaqien yang disingkat menjadi PSM memiliki banyak cabang di Indonesia, salah satunya berada di Pangandaran, Jawa Barat. Ponpes tersebut menerapkan sistem pendidikan hybrid yakni kurikulum khas pesantren dan kurikulum yang dibuat oleh pemerintah.

a. Alamat dan Kontak

Jalan Pangandaran – Banjar Kilometer 12, Emplak Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat. Nomor telepon pesantren: 0812 2288 1991 dan website pesantren: https://psmpangandaran.sch.id.

b. Program Pesantren

Sabilil Muttaqien merupakan salah satu pesantren di Pangandaran yang menawarkan 3 program pendidikan berkualitas, antara lain pendidikan formal, non-formal dan kegiatan intensif.

  • Pendidikan Formal, meliputi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah (Keterampilan Desain Komunikasi Visual, Tata Boga dan Teknik & Bisnis Sepeda Motor);
  • Pendidikan Non-Formal, yakni Madrasah Mu’allimin Al-Islamiyah;
  • Program Intensif, meliputi Pembinaan Bahasa Arab, Pembinaan Bahasa Inggris dan Tahfidz Alquran.

c. Biaya Pesantren

Berikut estimasi biaya di PP Sabilul Muttaqien Pangandaran:

Jenis BiayaJumlah (Santri Putra)Jumlah (Santri Putri)
Infaq PendidikanRp1.500.000Rp1.500.000
Syahriah per BulanRp500.000Rp500.000
  Fasilitas Pondok meliputi kasur, lemari, 4 buah seragam dan peralatan makan-minum.  Rp1.500.000Rp1.750.000

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pandeglang

Pondok Pesantren Al-Itqon Qiroatussab’ah

Pondok Pesantren Al-Itqon Qiroatussab’ah

Al-Itqon Qiroatussab’ah selalu masuk dalam daftar rekomendasi pesantren di Pangandaran karena kualitasnya yang memang jempolan. Pesantren tersebut memberikan program pendidikan terbaik untuk mencetak insan yang memiliki kecakapan qiroatul Alquran, dakwah dan akademik.

a. Alamat dan Kontak

Dusun Lebaksari, Desa Batumalang, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, Jabar, Kode Pos 46395. Nomor telepon pesantren: 0622 2148 2165. Anda dapat terhubung dengan pesantren via akun FB resmi yakni Yayasan Al-Itqon atau https://m.youtube.com/c/AlItqonChannel9.

b. Program Pesantren

Pesantren Al-Itqon memberlakukan sistem pembelajaran berbasis kurikulum pesantren dan kurikulum pendidikan formal yang berlaku di Indonesia. Terdapat 3 program pendidikan yang disediakan, antara lain:

  • Sekolah Menengah Pertama NU Al-Itqon;
  • Sekolah Menengah Kejuruan NU Al-Itqon;
  • Pesantren Al-Itqon.

Beberapa program yang menjadi unggulan ponpes di Pangandaran ini yaitu mahir dan fasih membaca Alquran, penguasaan ilmu tajwid dan qiro’at sab’ah serta ilmu keterampilan dalam bidang pertanian dan perikanan.

c. Biaya Pesantren

Adapun biaya pendidikan di PP Al-Itqon Pangandaran, sebagai berikut:

Jenis BiayaJumlah
Infaq BangunanRp500.000
Seragam BatikRp100.000
Seragam OlahragaRp160.000
Iuran KoperasiRp200.000
AlmamaterRp160.000
Miftah & SyahriahRp150.000

Pesantren Al-Itqon menawarkan sekolah gratis kepada para santri dengan memberikan 2 jenis beasiswa. Adapun beasiswa tersebut yaitu Beasiswa Tahfidz dan Beasiswa Prestasi.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Probolinggo

Pondok Pesantren Jamanis Parigi

Pondok Pesantren Jamanis Parigi

Jamanis Parigi merupakan pesantren di Pangandaran yang berada di daerah pesisir. Wilayahnya yang dekat dengan pantai dan jauh dari keramaian pusat kota menjadikan pesantren ini banyak diburu oleh santri yang menginginkan suasana lebih tenang.

a. Alamat dan Kontak

Dusun Pasirkiara, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Anda dapat mengakses informasi lebih detail melalui website ponpes: https://www.majamanisparigi.sch.id

b. Program Pesantren

Berawal dari hanya menerapkan kurikulum khas pesantren salafi, PP Jamanis Parigi kemudian menyediakan pilihan jenjang pendidikan formal. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat di sekitar dengan tetap berdasarkan pada ajaran agama Islam yang kuat.

  • Pendidikan Formal, meliputi Raudhatul Atfal, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama Terpadu, Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.
  • Pendidikan Non-Formal. Jenis pendidikan ini menggunakan sistem pembelajaran salafiyah untuk mengkaji kitab-kitab.

Pondok Pesantren Bustanul Arifin

Pondok Pesantren Bustanul Arifin

Pangandaran masih punya pesantren terbaik lain yakni Bustanul Arifin. PP Bustanul Arifin merupakan pesantren salaf yang menyelenggarakan kajian kitab kuning secara mendalam. Banyak santri yang mendatangi pesantren ini untuk menuntut ilmu agama Islam dan mengasah keterampilan di bidang lain.

a. Alamat

Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Pangandaran – Jawa Barat, Kode Pos 46391. Nomor telepon untuk terhubung dengan pihak ponpes yakni 0823 2169 0079. Anda juga bisa mengakses akun medsos ponpes di FB PP Bustanul Arifin.

b. Program Pesantren

Sistem pendidikan yang diberlakukan di PP Bustanul Arifin tidak sepenuhnya berfokus pada kurikulum pesantren, tetapi kurikulum pendidikan formal. Berikut program pendidikan yang ditawarkan oleh pesantren:

  • Pendidikan Formal, meliputi jenjang SMP/MTs dan SMA/MA;
  • Pendidikan Non-Formal, meliputi Madrasah Diniyah, Majelis Taklim dan TPQ.

Pesantren Bustanul Arifin Pangandaran juga menyediakan program ekstrakurikuler bagi para santri yang ingin mengembangkan kemampuan diri. Beberapa di antaranya seperti:

  • Tahfidz Alquran;
  • Seni hadroh;
  • Pengajian kitab kuning;
  • Kaligrafi;
  • Pramuka & Komputer;
  • English Club.

Memilih pesantren di Pangandaran sebagai tempat untuk belajar ilmu agama, pengetahuan umum maupun keterampilan merupakan keputusan yang tepat. Terdapat banyak pilihan terbaik yang menawarkan program pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau bagi semua kalangan.

Tinggalkan komentar