(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pemalang

Pemalang dulunya adalah bagian dari Kerajaan Mataram (sekarang Yogyakarta) dan menjadi salah satu pusat berkembangnya agama Islam. Sehingga bukanlah sesuatu yang mengherankan kalau pesantren di Pemalang jumlahnya juga semakin banyak.

Meskipun jumlahnya belum sebanyak di Jombang, Pasuruan dan daerah pusat-pusat agama Islam lainnya namun pondok pesantren di Pemalang tidak dapat dianggap rendah. Di Pemalang juga ada beberapa pesantren gratis dimana santri tidak dipungut biaya sedikitpun.

Ponpes di Pemalang ada yang masih tradisional namun tidak sedikit juga yang telah mengacu pada metode pendidikan modern. Diantara beberapa pesantren yang ada di Pemalang tersebut salah satunya pasti sesuai dengan apa yang Anda cari.

Asy Syafi’iyyah Comal

Asy Syafi’iyyah Comal

Pesantren gratis di Pemalang salah satunya adalah Asy Syafi’iyyah yang ada di daerah Comal. Santri di sini adalah mereka yang yatim ataupun yatim piatu dan bergender perempuan. Sementara ini memang pesantren tersebut khusus untuk santri putri saja.

Santri yang belajar di Asy Syafi’iyyah bukan hanya berasal dari dalam daerah Pemalang saja melainkan juga Pekalongan dan Tegal. Melihat dari unsur-unsur pendiriannya dapat dibilang bahwa pesantren di Pemalang ini memang bentuk ketulusan untuk membantu anak-anak yatim piatu.

Pendidikan yang diberikan kepada para santri fokusnya adalah hafalan kitab Al Quran dimana selama 4 tahun menuntut ilmu di sana harus menyelesaikan 30 juz. Selain itu santri juga memperoleh pendidikan diniyah.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas silahkan hubungi nomor 0823-0011-0354.

Alamat :Jalan Dahlia Nomor 148 Pecangakan, Comal, Pemalang.

Biaya pendidikan gratis.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Klaten

Pesantren Al Hikmah

Pesantren Al Hikmah

Pesantren di Pemalang selanjutnya yaitu Al Hikmah dimana jenjang pendidikannya terdiri dari TK sampai SMK dengan nama yang sama. Berdiri sejak tahun 1950 oleh KH. Abdul Basyir pesantren ini menjadi yang tertua di Pemalang.

Fasilitas pendidikan yang disediakan juga cukup bagus dilengkapi dengan dua buah laboratorium serta mushola. Sementara itu masih ada juga program pendidikan non formal yaitu pesantren, tahfidz, mujahadah dan ta’lim.

Alamat Pesantren Al Hikmah di Dukuh Bengkeng, Desa Mereng, Warungpring, Pemalang, Jawa Barat.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Banjarnegara

Bahrul ‘Ulum

Bahrul ‘Ulum

Salah satu pesantren terbesar di Pemalang ini memulai perjalanannya pada 1989 dengan berdirinya TPQ Assalamah yang menggunakan metode Qiroati. Pendirinya adalah KH. Slamet Zaeny dan Hj. Roqoyah Sonaah di rumah mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu ternyata TPQ tersebut semakin berkembang dengan bertambahnya jumlah anak didik. Sehingga supaya bisa menampung jumlah anak didik didirikan lagi bangunan dengan dua lantai.

Sementara itu pondok pesantrennya sendiri baru mulai berdiri pada tahun 1999 yang dilatarbelakangi dengan niat untuk mengajak wali santri menitipkan anak-anaknya menimba ilmu agama di sana. Sejak itulah fokus pembelajaran pada pelajaran Qowa’id.

Ketika perkembangannya menjadi semakin pesat maka pada tahun 2002 pesantren di Pemalang tersebut mulai mendirikan Lembaga Madrasah Diniyah bernama Salafiyah Bahrul ‘Ulum dengan pendidikan menggunakan sistem klasikal.

Alamat Pesantren Bahrul ‘Ulum : Jalan Dieng Nomor 30 Mulyoharjo, Kabupaten Pemalang.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Boyolali

Pesantren Modern Al-Manaar Muhammadiyah[1] 

Pesantren Modern Al-Manaar Muhammadiyah

Pondok pesantren modern di Pemalang ini berdiri dengan dukungan keputusan yang diambil dalam Muktamar Muhammadiyah ke-39 yang bertempat di Padang, Sumatera Barat. Isi dari keputusan tersebut yaitu instruksi kepada daerah-daerah supaya menambah lembaga pendidikan.

Salah satu lembaga pendidikan Muhammadiyah yang didirikan adalah Pondok Pesantren Modern Al-Manaar di Pemalang, Jawa Tengah. Awalnya pondok pesantren tersebut hanya menerima santri putri saja namun sejak tahun 2007 telah menerima santri putra juga.

Para santri melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) pendidikan formal melalui 3 sekolah yaitu:

  • SMP Muhammadiyah 1 Pemalang
  • SMK Al-Manaar Muhammadiyah Pemalang
  • SMA Muhammadiyah 1 Pemalang

Sebagaimana siswa sekolah lainnya para santri mengikuti kegiatan KBM pada pagi hari dan untuk yang sedang sakit bisa belajar melalui jalur non formal. Jalur non formal dilakukan pada waktu pagi subuh dan malam hari di bawah bimbingan Ustadz dengan sistem klasikal.

Alamat Pondok Pesantren Modern Al-Manaar Muhammadiyah : Jalan Markisah, Kebondalem, Tambakrejo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang 52317.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Batang

Pesantren Nurul Athfal

Pesantren Nurul Athfal

Pondok pesantren di Pemalang bernama Nurul Athfal berbasis Nahdlatul Ulama (NU) yang awalnya merupakan kelompok pengajian saja. Seiring perkembangannya ternyata jumlah peminatnya semakin banyak maka dibentuklah sebuah yayasan pendidikan.

Tidak hanya berhenti di situ saja jumlah santri juga semakin bertambah dari tahun ke tahun sehingga perlu dibangun gedung sebagai fasilitas mereka. Santri yang bersekolah di Nurul Athfal akan diajarkan tentang manajemen organisasi.

Siswa atau santri didaftarkan untuk menjadi anggota dari organisasi IPNU maupun IPPNU. Sedangkan di sekolah siswa berkegiatan melalui wadah OSIS dan Ikatan Santri Nurul Athfal (ISNA). Harapannya kelak santri bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan.

Pesantren NU di Pemalang tersebut memiliki gedung yang cukup megah sehingga menarik minat orang untuk tahu lebih dalam.

Alamat Pesantren Nurul Athfal : Jalan Raya Pesantren, Pesagaran Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Pesantren Al Manshuriyah

Pesantren Al Manshuriyah

Latar belakang pendirian pondok pesantren Al Manshuriyah berawal dari rasa prihatin penduduk sekitar dimana anak-anak di sana hanya mampu sekolah hingga tamat SD saja. Keprihatinan makin besar kala anak-anak yang berpendidikan rendah juga tidak bisa mengaji.

Faktor jauhnya sekolah dari tempat tersebut menjadi penyebab utama mengapa anak-anak hanya sekolah sampai SD saja. Rasa prihatin ditambah dengan kondisi ekonomi masyarakat yang rendah. Oleh sebab itu lalu didirikan pondok pesantren yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pendirinya adalah KH. Djofar Arifin Abbas dengan cara mengambil 8 siswa SMP Al-Manshuriyah untuk menginap di rumah beliau. Disebabkan oleh peminat yang makin banyak beliau kemudian mendirikan MTs Al-Manshuriyah pada tahun 1994.

Meskipun bukan pondok pesantren gratis di Pemalang namun pendiri selalu mengedepankan bahwa kegiatan operasional jangan sampai menghabiskan banyak dana mengingat tingkat ekonomi masyarakat sekitar.

Saat ini Pondok Pesantren Al-Manshuriyah telah mempunyai beberapa lembaga pendidikan formal yaitu:

  • MTs Al-Manshuriyah
  • MA Al-Manshuriyah
  • SMK Al-Manshuriyah

Jumlah santri di sana sudah lebih dari 500 orang dan bisa bertambah banyak setiap tahun. Visinya adalah menjadi lembaga pendidikan islami sebagai rumah perbaikan serta kedamaian bagi umat Islam.

Alamat : Jalan Mengori Nomor 234, Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Biaya pendidikan santi gratis.

Pesantren Uswatun Khasanah

Pesantren Uswatun Khasanah

Uswatun Khasanah berdiri pada tahun 1995 dan masih eksis hingga saat ini. Bangunan gedungnya terdiri dari dua lantai sebagai tempat belajar yang nyaman bagi para santri. Sedangkan para pengajar di sini adalah para ustadz yang sudah tidak perlu diragukan lagi ilmu dan pengalamannya.

Santri pondok pesantren di Pemalang satu ini diajarkan banyak hal bukan hanya pendidikan formal saja. Santri belajar juga tentang kesenian islami seperti qiroah, hadrah dan kasidah. Pendidikan diberikan dengan basis salaf menggunakan metode modern.

Visi yang dibawa adalah membentuk santri dan santriwati yang memiliki karakter pekerja keras, tidak mudah berputus asa, visioner dan berjiwa qurani. Guna mendukung visi tersebut pesantren juga menyediakan fasilitas seperti laboratorium komputer dan bahasa Inggris.

Alamat Pesantren Uswatun Khasanah : Jalan Phandawa RT. 05/01 Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Pemalang.

Pesantren di Pemalang cukup variatif ada yang Muhammadiyah serta ada juga yang NU. Demikian juga dengan metode pengajarannya ada yang masih pesantren tradisional namun terdapat juga pesantren modern di sana.

Tinggalkan komentar