(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pesisir Barat

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat orang tua harus memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Tujuannya agar paham arah dan tidak terjerumus ke hal-hal yang salah. Oleh karena itu diperlukan adanya rekomendasi beberapa pesantren di Pesisir Barat.

Penjelasan di bawah ini tidak hanya berlaku bagi warga sekitar Pesisir Barat dan Lampung saja, akan tetapi secara menyeluruh. Berikut lengkapnya:

Darus Sholihin

Darus Sholihin

Provinsi Lampung memiliki beberapa kabupaten, salah satunya adalah pesisir Barat yang selain menjadi objek pariwisata juga terkenal akan pendidikan agamanya yang maju.

Lembaga pendidikan tersebut memiliki tugas untuk mencetak generasi manusia berasaskan Islam dengan penanaman moral dan akhlak yang baik.

Amanah yang besar untuk membangun bangsa menjadi maju dan berkualitas, harus dilakukan para pesantren di bawah ini, yang sekaligus mendapatkan predikat atau julukan dengan pesantren terbaik:

Pertama ada Darus Sholihin yang ada di jalan Marang, Kec. Pesisir Sel., Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34875. Pondok pesantren ini merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk menimba ilmu agama karena sudah dibimbing dengan 7 orang ustadz dengan jumlah total 85 santri.

Pondok Darus Sholihin cukup aktif dalam melaksanakan program pembelajaran, yaitu dengan metode pengajian akbar. Belakangan ini, MWC NU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ menghadiri acara pengajian akbar tersebut bersama dengan para pengurus, jama’ah dan warga setempat.

Biaya
ProgramPendidikan formal dan informal, penggencaran kegiatan Nahdlatul Ulama’
Website
Alamatjalan Marang, Kec. Pesisir Sel., Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34875  

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Tulang Bawang Barat

Barokatul Qodiri

Barokatul Qodiri

Pesantren di Pesisir Barat yang kedua adalah Barokatul Qodiri yang terletak di Desa Kibang Kecamatan Metro Kibang. Nama pemimpinnya adalah Ustadz Habiburrahman yang membawa Ponpes Barokatul Qodiri berjaya hingga sekarang ini.

Santri yang mondok tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar saja tetapi juga dari luar. Program yang dimiliki adalah pengajian yang tidak hanya bisa diikuti oleh santri saja tetapi juga masyarakat sekitar.

Contohnya adalah murojaah, hafalan surat pendek hingga Al Qur’an, belajar doa sehari-hari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pondok ini juga memiliki program TPA sebagai sarana mengaji antara anak pondok dan masyarakat umum.

TPA terdiri dari 5 kelas yang setiap harinya rutin mempelajari doa-doa keseharian. Sistem pembelajarannya adalah guru mengajarkan doa, kemudian santari mencatat. Setelah itu baru dihafalkan dengan harapan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Biaya
ProgramTPA, pendidikan formal, pembacaan doa-doa
Website
AlamatDesa Kibang Kecamatan Metro Kibang

Baca: Review Pesantren Terbaik di Tulangbawang

Al Irsyad

Al Irsyad

Pondok Pesantren Al Irsyad letaknya ada di Pesisir Barat. Program yang ada di pesantren ini menggunakan kurikulum pemerintah yang berlaku ditambah dengan pengajaran ilmu agama yang intensif.

Tak ketinggalan juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang skill santri, contohnya adalah basket, karate, grup belajar dan masih banyak yang lainnya. Letaknya ada di Mulang Maya Pesisir Barat, Ponpes Al Irsyad memiliki pengajar atau ustadz yang berkualitas.

Ustadz mengajar di satu bidang agama, sehingga lebih kompeten dan maksimal. Fasilitasnya juga sudah lengkap, terdapat ruang kelas, asrama, laboratorium, perpustakaan,lapangan olahraga dan lain sebagainya.

Berbicara soal  biaya, Anda bisa langsung menanyakannya ke pengurus asrama, mengingat mungkin hal tersebut bersifat rahasia dan pribadi, sehingga hanya orang yang mau mendaftar saja yang tahu.

BiayaSilahkan bertanya langsung  ke asrama pondok
ProgramPendidikan formal dan ekstrakurikuler
Website
AlamatMulang Maya Pesisir Barat

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Tanggamus

Miftahunnajah

Miftahunnajah

Apabila Anda ingin mencari pondok pesantren di daerah Pekon Marang, maka Miftahunnajah bisa menjadi pilihan. Alamatnya ada di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat Marang Pesisir Selatan.

Pondok pesantren ini cukup terkenal karena sudah mempunyai santri sekitar 64 orang lebih dengan 6 guru yang mengajar. Memang tidak sebanyak pesantren yang ada di Jombang, namun santri yang bisa dicover justru memiliki pengajaran yang lebih efektif.

BiayaSilahkan bertanya langsung  ke asrama pondok
ProgramPendidikan formal dan informal (kitab kuning)
Website
AlamatPekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat Marang Pesisir Selatan

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pesawaran

Nidaul Islam

Nidaul Islam

Apabila Anda mencari pondok pesantren Nidaul Islam, maka arahkan kendaraan ke Pekon Way Nukak Karya Penggawa, Pesisir Barat. Merupakan salah satu pondok pesantren yang memiliki program berkualitas.

Santri tidak hanya diajarkan ilmu agama seperti kitab kuning dan lainnya namun juga program pembinaan keterampilan kreatif. Contohnya adalah menyulam kain tapis yang dibuat dari benang mas.

Keterampilan ini dikerjakan oleh santri. Tujuannya agar ketika mereka sudah keluar dari pesantren sudah mempunyai bekal keagamaan dan keterampilan yang membantu mereka dalam bersaing di dunia kerja.

Program ini dilaksanakan tiga kali dalam satu minggu yaitu hari Selasa, Kamis dan Minggu. Mulai dari pukul 1 siang hingga 3 sore. Sistem pelatihan semacam ini tidak akan mengganggu aktivitas belajar mengajar yang lainnya.

BiayaSilahkan bertanya langsung  ke asrama pondok
ProgramPendidikan formal dan pembinaan keterampilan kreatif
Website
AlamatPekon Way Nukak Karya Penggawa, Pesisir Barat.

Al Falah Krui

Al Falah Krui

Namanya memang unik, pesantren di Pesisir Barat ini lebih tepatnya didirikan pada tanggal 09 Juli 1997 diatas tanah wakaf seluas 5000 m2  dengan nomor D.15/BA.03.2/05/1997 yang beralamat di Jl. Pesantren 2 Pagar Baru Kelurahan Pasar Krui kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat. 

Biaya Pendidikan–        
ProgramPendidikan Formal:
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah Aliyah
3. Sekolah Menengah dan Kejuruan  

Pendidikan Informal:
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Al Qur’an

Kepesantrenan Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
3. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
4. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
5. Berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
6. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
7. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
8. Pengembangan Seni Drumband, dan Hadroh
9. Kepramukaan
10. Pengembangan Olahraga
11. Pengembangan Seni Beladiri 12.Tahfidzul Qur’an
Website
AlamatJl.Pesantren II Pagar Baru,Ps. Krui, Pesisir Bar., 34874, Ps. Krui, Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat, 34874

 

Miftahurrohmah

Miftahurrohmah

Pondok pesantren Miftahurrohmah memiliki santri kurang lebih 61 orang dengan total 8 ustadz yang mendidik. Program yang diusung, tidak hanya pengajaran ilmu umum dan agama saja akan tetapi ekstrakurikuler untuk menunjang skill santri.

Salah satu yang paling terkenal adalah adanya Balai Latihan Kerja dengan produksi minyak kelapa murni atau minyak goreng. Santri diajarkan untuk membuat minyak dari kelapa dalam dengan kualitas yang baik, tidak jauh berbeda dengan kelapa sawit.

Biaya
ProgramPengajian kitab kuning, pencak silat, pendidikan umum dan BLK Komunitas pembuatan minyak goreng dari kelapa dalam
Website
AlamatJl Raden Anom 01 Krui, Lampung, Indonesia

Nur Islami Al Mujaddid

Nur Islami Al Mujaddid

Pesantren di Pesisir Barat yang satu ini sudah didirikan sejak tahun 2003, yang beralamatkan di Jalan Lintas Barat, Desa Sukamaju, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat. Total jumlah santrinya adalah 136 orang dengan 9 ustadz pembimbing.

Biaya
ProgramPenerapan kurikulum pemerintah, ilmu agama, ekstrakulikuler seperti basket, karate, futsal, grup belajar dan lainnya.
Website–        
AlamatJalan Lintas Barat, Desa Sukamaju, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat

Pondok pesantren ini memiliki guru yang kompeten di bidangnya. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan ruang kelas yang nyaman, laboratorium praktikum, masjid, lapangan olahraga, perpustakaan, asrama untuk santri dan masih banyak yang lainnya.

Jadi itu dia beberapa rekomendasi pesantren di Pesisir Barat dengan program, pengajaran yang terbaik. Anda bisa langsung survey ke lokasi menggunakan google maps sesuai dengan alamat di atas.

Tinggalkan komentar