(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pidie

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwasanya pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang menekankan pelajaran ilmu agama. Hingga saat ini, pesantren masih berkembang pesat di masyarakat. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa rekomendasi pesantren di Pidie.

Para kyai ketika membangun pesantren memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia dengan kualitas yang sangat baik. Tidak hanya berisikan tentang pengajaran umum sama tetapi juga ilmu agama.

Pondok Pesantren Darul Iman

Pondok Pesantren Darul Iman

Pesantren Darul Iman adalah sebuah lembaga pendidikan yang menaungi para santriwan maupun santriwati untuk menimba ilmu agama. Ilmu yang diberikan juga tidak melupakan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah, termasuk kurikulum merdeka yang sedang digencarkan.

Apabila Anda ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak Anda, maka pesantren Darul Iman bisa menjadi solusi. Anak akan aman di dalam pondok pesantren karena kegiatan yang padat, sehingga tidak ada waktu untuk menikmati gemerlap dunia luar.

Namun, bagaimanapun juga ilmu tentang hal duniawi sangatlah penting. Oleh karena itu pendidikan formal tetap dibutuhkan dengan pengembangan skill lainnya yang didapat melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Mungkin beberapa dari Anda khawatir jika anak nantinya akan gagap teknologi atau yang lainnya. Tenang saja, setiap pesantren modern sekarang ini termasuk Darul Iman juga menerapkan pembelajaran TIK. Sampai sini bisa dipahami kan?

Fasilitas publik yang bisa ditemui di area pesantren adalah tempat belanja, hotel hingga bank. Jadi bagi Anda yang rumahnya sangat jauh sehingga tidak bisa setiap saat menjenguk anak untuk memberikannya uang saku, maka bisa melalui transfer.

BiayaSilahkan lihat brosur pesantren atau datang langsung ke lokasi.
ProgramPendidikan formal dan informal.
Website
AlamatMesjid Usi, East Mutiara, Pidie Regency, Aceh 24173, Indonesia Kabupaten Pidie, Aceh, 24173

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Aceh Selatan

Pondok Pesantren Al Furqan Bambi

Pondok Pesantren Al Furqan Bambi

Pesantren Al Furqan Bambi adalah pesantren yang cukup terkenal karena dinobatkan sebagai pesantren modern tertua. Apabila Anda berkunjung kesana pada sore hari, maka akan melihat pemandangan santri bermain olahraga, seperti basket dan voli.

Lapangan olahraga terletak di tengah dua gedung yang berada di sisi kanan dan kiri. Tak ketinggalan ada mushola tempat santri mengaji dan melaksanakan kegiatan. Di belakang mushola, terdapat dapur yang biasanya digunakan oleh santri putra.

Ketika waktu makan, antrian panjang akan terlihat. Aktivitas tersebut akan setiap hari terlihat apabila memondokkan anak di Al Furqan Bambi. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada santri untuk belajar ilmu agama saja, tetapi juga berolahraga seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Al Furqan Bambi adalah pesantren di Pidie paling tua dengan metode pembelajaran terpadu. Berdasarkan keterangan guru, para santri akan mulai aktivitas pada pukul 05.00 pagi, berawal dari sholat subuh berjamaah.

Setelah itu, santri akan melanjutkan kegiatan dengan wirid dan pengajian, disertai mudah dan mufradat (penguasaan bahasa Arab). Sebagian yang lain akan belajar kitab kuning. Kegiatan berlanjut dengan membagi santri kedalam beberapa kelompok piket.

Baik itu membersihkan kamar, halaman pondok dan lain sebagainya. Santri tidak akan bermalas-malasan, tetapi paham akan pekerjaan rumah. Apabila semuanya sudah selesai, maka mereka siap untuk bersekolah di jenjang formal.

Beberapa fasilitas yang dimiliki adalah:

  • 12 ruang belajar, termasuk ruang laboratorium komputer..
  • Asrama dengan 15 kamar putra dan 12 kamar putri.
  • Fasilitas olahraga, mushola dan gedung penunjang lainnya.

Banyak santri jebolan Al Furqan memiliki banyak prestasi, khususnya di ajang Porseni yang diadakan oleh Kanwil Kemenag.

BiayaSilahkan hubungi kontak pengurus pesantren
ProgramPendidikan formal, kitab kuning dan kegiatan ekstrakurikuler keolahragaan.
Website
AlamatDesa Teungoh Baroh, Kemukiman Bambi, Kecamatan Peukan Baro, kabupaten Pidie

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Bireuen

Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur’an

Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur’an

Pesantren di Pidie selanjutnya adalah Ulumul Qur’an. Madrasah Ulumul Qur’an berdiri di tengah pemukiman padat penduduk. Kelebihannya, masyarakat disana memiliki pribadi yang Islami, sikap dan sifat saling menghargai, menghormati sesamanya. Tak heran jika pesantren ini memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Madrasah Ulumul Qur’an berperan besar dalam pembentukan karakter masyarakat seperti yang sudah disebutkan diatas. Hal ini dikarenakan misi pesantren yaitu “Terwujudnya Masyarakat Pidie Jaya yang Islami, Sejahtera, Damai Adil Melalui Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur’an”.

Saat ini pesantren MUQ dihuni oleh 160 santri lebih dengan pendidikan hafalan Qur’an 1 bulan 1 juz. Bisa dibayangkan ketika Anda ingin menyekolahkan anak, agar bisa hafal 30 juz maka butuh waktu 30 bulan. Apabila dibagi 12 bulan, maka hanya membutuhkan waktu paling lama 3 tahun saja.

Bukankah waktu 3 tahun itu sebentar dibandingkan dengan nanti kehidupan yang kekal di akhirat? Perlu diketahui bahwa memiliki anak yang hafal Al Qur’an akan mendapatkan mahkota di akhirat nanti. Tidakkah ingin mendapatkan ridha Allah SWT melalui pesantren di Pidie ini?

MUQ mendapatkan dana intensif untuk pembangunan dari pemerintah setempat, sehingga fasilitas dan gedung untuk menunjang pembelajaran juga sudah memadai, layak pakai dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sampai sini bisa dipahami kan?

BiayaSilahkan survey langsung ke lokasi
ProgramPembinaan hafalan Qur’an 1 bulan 1 juz
Website
AlamatGampong Rungkom Pidie Jaya

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Simeulue

Pesantren Abu Kota Krueng

Pesantren Abu Kota Krueng

Pesantren di Pidie selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah Abu Kuta Krueng yang sekarang memiliki santri hingga 3,616 orang. Lokasi lengkapnya ada di Kuta Krueng, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya.

Jumlah tersebut dibagi menjadi beberapa, 2.121 santriwan dan 1.495 santriwati. Ada juga dari luar Aceh sebanyak 13 santriwan dan 15 santriwati. Begitu berkualitasnya pesantren ini sehingga banyak orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya.

Selain itu, pesantren ini juga dihuni oleh 5 orang santri dari luar negeri yaitu Malaysia. Jumlah aslinya ada 36, namun karena terhalang pandemi sehingga sisanya belum bisa kembali ke pesantren untuk menuntut ilmu.

Jumlah tersebut belum termasuk mahasantri yang berkuliah di Ma’had Aly, yang mana belakangan ini dikabarkan sudah mewisuda 103 mahasantri. Jadi, bagi Anda yang ingin anaknya mendapatkan pondok dengan jenjang formal yang lengkap, maka Abu Kuta Krueng adalah pilihan yang tepat.

BiayaSilahkan mendatangi lokasi dan meminta brosur pembayaran
ProgramPengajian kitab kuning, pendidikan formal mulai dari dasar hingga perguruan tinggi
Website–        
AlamatKuta Krueng, Kecamatan bandar Dua, Pidie Jaya

Jadi itu dia beberapa rekomendasi pesantren yang ada di Pidie Jaya. Masing-masing memiliki kelebihan yang ditonjolkan sehingga Anda bisa memilih yang terbaik untuk masa depan sang anak kelak.

Selain itu, pesantren di Pidie yang sudah disebutkan di atas sudah ada pendidikan formalnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mondok akan ketinggalan pelajaran umum karena sudah difasilitasi menggunakan kurikulum yang berlaku dan ditetapkan oleh pemerintah.

Jadi apakah Anda sudah menentukan pesantren di Pidie mana yang nantinya akan Anda pilih untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati? Anda bisa mempertimbangkan lokasi dalam memilih pesantren.

Tinggalkan komentar