(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Serang

Sebagai ibukota Provinsi Banten dan memiliki kehidupan masyarakat yang religius, tak pelak membuat pesantren di Serang dapat tumbuh dengan baik. Pesantren yang merupakan tempat menggali dan memperdalam ilmu agama bisa terus berkembang di Serang.

Pesantren yang ada di Serang ada bermacam-macam jenisnya, mulai yang tradisional hingga modern dengan program pengajaran yang bervariasi juga. Kita dapat menemukan pesantren tahfidz Quran, pesantren tradisional dengan kitab-kitab kuning sampai pesantren modern.

Diantara sekian banyak jumlah pesantren di ibu kota Banten tersebut tentu saja ada beberapa yang terbaik dan layak direkomendasikan. Dirangkum dari beberapa sumber inilah pesantren terbaik di Serang Banten.

Pesantren Salsabila Tahfidz Putri

Pesantren Salsabila Tahfidz Putri

Melihat dari namanya saja Anda pastinya sudah bisa menebak bahwa pesantren di Serang ini memang khusus untuk santri putri saja dan berfokus pada pengajaran tahfidz Quran. Namun meskipun begitu para santri juga akan memperoleh pendidikan layaknya sekolah formal.

Jenjang pendidikan di sini terdiri dari SMP dan SMA dimana kurikulumnya merupakan gabungan antara pelajaran umum yaitu:

  • Matematika
  • IPA
  • IPS
  • Bahasa Indonesia
  • Al Quran
  • Diniyah.

Ketika menjelang akhir masa pendidikan di pesantren para santri juga akan mengikuti ujian nasional sebagaimana siswa sekolah umumnya supaya bisa mendapatkan ijazah. Sedangkan untuk program non formal khususnya yaitu pendidikan Al Quran dimana target setiap santri hafal 30 juz.

Dengan fasilitas level menengah santri yang akan menimba ilmu di Salsabila Tahfidz Putri dikenakan biaya:

Biaya PendidikanSPP/bulan
Rp300.000 (pendaftaran)Rp1.200.000 – Rp1.700.000

Alamat pesantren khusus putri di Serang ini yaitu Jalan Jagarayu, Dulung, Cipocok Jaya, Serang, Banten.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pangandaran

Pesantren Al Jazirah

Pesantren Al Jazirah

Menjadi salah satu pesantren gratis di Serang Banten Al Jazirah memfokuskan pada pengajaran kitab kuning pada santri-santrinya. Memang dapat dikatakan bahwa Pesantren Al Jazirah beraliran salafiyah yang mengedepankan kemurnian ajaran agama Islam sesuai Quran dan Hadist.

Siapapun yang ingin belajar agama dan menjadi santri di sini tidak akan dipungut biaya sedikitpun karena yang dibutuhkan hanyalah niat yang lurus untuk mengaji. Sejak awal pendirian pesantren Al Jazirah memang dikhususkan kepada anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi.

Al Jazirah merupakan pesantren tradisional yang bisa menumbuhkan kembali ingatan kita tentang pondok zaman dulu. Disini santri belajar fiqih, akidah, ngaji jurumiyah dan lain sebagainya. Bandongan dan sorogan adalah dua metode pengajaran Quran yang digunakan.

Fasilitasnya memang terbilang sederhana benar-benar mirip dengan pesantren tradisional zaman dulu. Meskipun sederhana tetapi para santri tetap diberikan kamar untuk tidur dan tempat khusus yang digunakan untuk mengaji.

Pesantren Al Jazirah Serang kerap dikenal juga dengan nama Pesantren Kitab Kuning Gratis.

Alamat pesantren di Serang Al Jazirah yaitu Kampung Citaman, Desa Tamansari, Baros, Serang, Banten.

Pesantren Miftahul Ulum

Pesantren Miftahul Ulun

Bukan hanya Al Jazirah saja pesantren yang tidak memungut biaya kepada para santrinya ada lagi lainnya yaitu Miftahul Ulun. Pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 2004 dan santrinya hingga saat ini mencapai ratusan orang.

Sedangkan untuk sistem pendidikannya dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Pendidikan tahfidz Quran selama 1,5 tahun
  • Pendidikan kitab kuning seperti kitab Jurumiyah, Alfiah dan lain-lain
  • Program ekstra contohnya pidato, quro’ dan lain-lain

Semua pendidikan di sini gratis kalaupun ada yang mampu membayar maka itu akan dianggap sebagai infaq saja seikhlasnya.

Pesantren di Serang gratis memang banyak jumlahnya dan salah satu yang terbaik adalah Miftahul Ulun.

Alamat Pesantren Miftahul Ulun : Kampung Benua Kidul, Sindangheula, Parabuan, Serang, Banten.

Santri tidak dipungut biaya pendidikan alias gratis.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pandeglang

Pesantren Modern Daar El Istiqomah

Pesantren Modern Daar El Istiqomah

Pesantren modern di Serang ini dapat dibilang mengadopsi sepenuhnya pesantren terkenal di Gontor, Jawa Timur. Kurikulum yang digunakan juga sama yaitu Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI).

Kurikulum KMI adalah sistem pengajaran atau pendidikan dengan 100% ilmu pengetahuan dan 100% ilmu agama Islam. Artinya bahwa pengetahuan umum dan ilmu agama adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena semuanya adalah Islam.

Kurikulum KMI mewajibkan santri untuk menempuh pendidikan selama enam tahun yang setingkat dengan MTs dan MA. Sistem pendidikan tersebut dinamakan dengan mu’adalah. Jadwal harian santri juga sangat padat serta tidak terlepas dari penggunaan bahasa Inggris dan Arab.

Program unggulan lainnya yang diberikan kepada santri adalah kegiatan ekstrakurikuler dengan pilihan yang beragam. Tersedia juga berbagai organisasi yang bisa dijadikan para santri sebagai tempat menempa kemampuan diri.

Biaya pendidikan pada pesantren di Serang Daar Er Istiqomah adalah sebesar Rp7.000.000 untuk masuknya sedangkan SPP bulanan Rp650.000.

Alamat pesantren : Kesawon, Sukawana, Serang, Banten.

Contact person : 0812-8050-3157

Pesantren Insan Cita

Pesantren Insan Cita

[5] Mencari pesantren dengan konsep boarding school di Serang maka Insan Cita adalah alternatif yang tepat. Mengapa disebut memiliki konsep mirip dengan boarding school karena tempatnya sangat asri, nyaman dan tersedia fasilitas agro bisnis.

Fasilitas agro bisnis tersebut memungkinkan para santri untuk belajar sekaligus melakukan praktik di bidang wirausaha serta praktik lapangan. Menyenangkannya lagi lahan yang disediakan juga sangat luas.

Program pendidikan unggulan di Pesantren Insan Cita ada di jenjang SMP yaitu dengan ditambahkannya tahfidz Quran, hadist dan hafalan-hafalan lainnya. Program lainnya adalah :

  • Pendidikan keislaman lewat halaqah
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Arab.

Karena dilengkapi dengan fasilitas yang bagus maka wajar kalau biaya masuk pesantren di Serang satu ini lumayan mahal yaitu sekitar Rp16.000.000. Sementara itu untuk biaya SPP bulanan adalah Rp1.600.000.

Alamat Pesantren Insan Cita : Kampung Cikundur RT.03/03, Gunungsari, Serang, Banten.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Kota Tangerang

Pesantren Daar Al Ilmi

Pesantren Daar Al Ilmi

Satu lagi pesantren berkonsep boarding school di wilayah Serang namanya Daar Al Ilmi. Menurut beberapa sumber Daar Al Ilmi layak disebut sebagai pesantren modern terbaik di Serang karena mempunyai program pendidikan yang bagus serta fasilitas lengkap bagi santri.

Pesantren ini berada di tempat dengan lingkungan yang kondusif dan nyaman dimana gedung-gedungnya kuat dan berjejer rapi. Sementara kamar santri diberikan ranjang tingkat supaya bisa menampung lebih banyak.

Guna mendukung pendidikan santri disediakan juga laboratorium sebagai tempat praktik pelajaran tertentu. Para santri bisa leluasa melepas rasa penat dan lelah dengan duduk santai di gazebo yang ada di sekeliling pesantren.

Jenjang pendidikan di Pesantren Daar Al Ilmi adalah setingkat MTs dan MA dengan ciri khas pendidikan bahasa, tahfidz Quran serta bahsul masail. Santri bisa memilih program tersebut dan disesuaikan dengan kompetensi masing-masing.

Pesantren di Serang ini memang mengenakan biaya yang lebih mahal dari umumnya yaitu :

  • Rp10.000.000 sebagai biaya masuk
  • Biaya SPP santri setiap bulan adalah Rp700.000.

Namun untuk standar biaya islamic boarding school biaya tersebut tergolong terjangkau.

Alamat Pesantren Daar Al Ilmi : Jalan 45 Cikulur, Serang, Banten.

Alamat website : http://daaralilmi.blogspot.com/

Itulah beberapa rekomendasi pesantren di Serang yang terbaik dan terlengkap untuk membantu Anda menemukan tempat pendidikan terbaik bagi putra putri. Pesantren adalah tempat yang tepat untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan sekaligus agama secara seimbang.

Tinggalkan komentar